Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pt.taharicaAvatar border
TS
pt.taharica
Apa itu Weather Station dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Spoiler for No Repost:


بِسْمِ اللهِ الرحْمنِ الرحِيمِ-


Hallo agan kaskuser, kembali lagi bersama ane nih. Ane mau berbagi ilmu tentang prediksi cuaca dengan weather station. Silahkan lihat dibawah ini emoticon-Big Grin

Quote:


Weather Station


Weather Station adalah sebuah alat yang digunakan untuk memantau dan merekam cuaca ke dalam data yang kemudian ditransfer melalui perangkat jaringan seperti Wi-Fi, 3G atau Erthenet. Weather Station mempunyai fungsi untuk membuat data berupa log atau grafik, dan dengan data tersebut maka dapat digunakan oleh penggunanya dalam memprediksikan cuaca. Alat ini menggunakan daya baterai atau baterai isi ulang sebagai sumber dayanya dan dapat juga dikombinasikan sehingga dapat beroperasi lebih lama.

Apa itu Weather Station dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Weather Station mempunyai komponen utama, yaitu:
- Smart Sensor
- Rain Gauge Smart
- Full Cross Arm
- Solar Panel
- Data Logger
- Solar Radiation Shield

Apa itu Weather Station dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Cara Kerja Weather Station

Cara kerja weather station adalah dengan meletakkannya di luar ruangan kemudian sensor pada weather station akan merekam semua perubahan cuaca atau angin secara langsung dan memprosesnya di mikroprosessor pada data logger. Setelah itu, hasil processing data di data logger akan disalurkan ke data logger melalui kabel dan tersimpan dalam bentuk logger (file log). File log inilah yang akan digunakan para peneliti untuk memprediksi cuaca yang akan datang dengan perhitungan mereka atau mereka dapat melihat datanya dalam bentuk grafik di web data logger seperti disini. Weather station dapat digunakan dalam semua kondisi dan aman dari petir karena saat pemasangan, dilakukan proses grounding agar dapat mengalirkan listrik ke tanah.

Selain untuk prediksi cuaca, weather station dapat digunakan untuk penelitian seperti penelitian pertanian, ekologi dan lainnya yang berhubungan dengan alam atau digunakan untuk memantau cuaca (weather monitor / weather monitoring) secara langsung. Sudah banyak juga penelitian mahasiswa Indonesia yang menggunakan weather station sebagai penelitian mereka karena harga alatnya sendiri tidak terlalu mahal dan mudah digunakan.

Sumber


Sekian thread dari ane. Jika ada yang salah mohon maaf, maklum masih newbie emoticon-Malu (S)

Jika suka, silahkan berikan emoticon-Toast kalian. Terima kasih emoticon-2 Jempol
0
4.8K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan