alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c3d5153ded770ca158b4568/ingin-bekerja-di-bmkg-ini-pengalaman-mengikuti-tes-stmkg

Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Ane Mengikuti Tes STMKG

Halo agan dan sista yang nyempetin baca trit ane emoticon-Embarrassment. Perkenalkan nama gue "airell (nama samaran)" yang merupakan salah satu mahasiswi di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Indonesia tentunya. The first time, maaafin trit ane yang masih acak"an maupun jelek emoticon-Smilie, soalnya ini pertama kalinya ane share pengalaman di genre story. Jadi, saran" dari agan dan sista sangat airell butuhkan guna untuk memperbaiki trit ane selanjutnya.


Just info, ini pengalaman murni yang ane alamin selama 2 tahun kemarin. Dan, karena ane gabut, kagak ada kerjaan, kagak yang ngajak liburan juga emoticon-Frown, jadi ane nyoba nyoba ceritain pengalaman ane, yang mungkin bisa bermanfaat untuk agan and sista yang ingin bekerja di BMKG dengan kuliah di STMKG terdahulu tentunya. Tapi, sebelum masuk ke cerita, ane mau jelasin sedikit tentang BMKG dan STMKG.

Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG
BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan suatu lembaga non departemen pemerintahan yang tugas pokoknya adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika.

Lalu, apa hubungannya dengan STMKG?

Hubungannya tuh gini gan, ane perumpamain aja. BMKG itu sebagai bapaknya, sedangkan STMKG nya sebagai anaknya. Jadi, kalo Bapak udah tua pasti bakalan ngewarisin harta ke anak kan?. Nah itu perumpamaan secara kasar versi ane emoticon-Big Grin.
STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) merupakan perguruan tinggi kedinasan (PTK) di lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas BMKG sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi MKG dan kualitas udara.

Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG
Program STMKG hanya sampai diploma IV gansis, namun sudah setara dengan S1. Jurusannya hanya terdapat 4, yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Untuk perkuliahnnya, tenang saja...Karena, per bulan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sebanyak Rp.600.000.

Quote:


Oke gansis, itu dia ringkasan penjelasan tentang BMKG dan STMKG



Tamat
Diubah oleh airell.718
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Awal mula ingin masuk di STMKG

Awal mula ane tau tentang BMKG itu pas kelas 3 SMP. Saat itu, guru fisika ane cerita tentang badan yang memprakira cuaca di bandara. Dari situ ane tertarik.

Lanjut ke SMA, ane mulai searching tuh BMKG (fyi, pas SMP ane masih pake jadul, jadi cuma bisa ambil foto, tlp, dan sms). Ane baca artikel" nya dr sejarah, pengalaman orang" yg tes masuk.kuliahnya).

Hari terus berjalan, dan ane udah kelas xi. Saat itu, guru geografi ane cerita ttg masa seru perkuliahnnya. Sebagai murid, ane harus dengerin kan gansis? Lumayan seru juga jalan ceritanya, soalnya guru ane ini indigo jadi you know lah apa aja yg diceritain emoticon-Big Grin. Semakin lama, guru ane cerita ttg BMKG, dan ternyata dulu beliau ingin masuk juga di situ. Setelah pelajaran usai, ane lebih ambisi untuk masuk ke BMKG. Lalu, ane browsing kalo ternyata BMKG mempunyai kampus yang dimana nantinya setelah lulus bakalan kerja di BMKG nya. Setelah itu, ane nemu link dimana di link tersebut menjual buku untuk persiapan masuk ke STMKG. Jadi, untuk bbrp hari ane mulai nabung tuh biar bisa beli buku (bukan maksud besar kepala ya gansis, tapi meskipun ane anak tunggal tapi ane selalu mencoba untuk mandiri). Di buku tersebut juga di info kan persyaratan apa saja yang bisa mendaftar di stmkg.
Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG

Setelah uang terkumpul, baru deh ane beli tuh buku lewat online (fyi, buku ini gak ada di gramedia atau toko buku lainnya, yg jual taruna stmkg sendiri). Di buku tersebut juga terdapat nomor tlp dari taruna (jadi agan sista bisa tanya") serta kode untuk try out online.
Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG

Pas udah kelas xii, ane bingung mau belajar yang mana dulu. Maklum sih gan, angkatan ane jadi bahan percobaan pertama kali pake Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jadi, segala macam TO (try out) dibiasakan pake komputer buat adaptasi. Belum lagi bingung tugas", uprak (ujian praktek). Jadi, ane hanya bisa nyempetin belajar buku nya kalo ada waktu senggang.

Jeng...jeng... Info dari panselnas (laman yang menginformasikan ttg 8 kedinasan di Indonesia)
Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG

Itu info tgl pendaftaran serta kuota yang mendaftar dan diterima. Tapi sebelumnya, ane dafrar SNMPTN terlebih dahulu (soalnya ane masuk kuota). Tapi....
Anda dinyatakan tidak lolos SNMTPN 2017

Oke. Ikhlas, masih ada kesempatan lain batin ane.

Setelah proses pendaftaran, membayar uang registrasi dan mencetak kartu PTB STMKG. Ane kembali belajar materi" yang akan diujikan nantinya.
Info pendaftaran:
Ane pas daftar memilih BKN Kanreg II-Surabaya, soalnya ane asal dari Jatim emoticon-Big Grin. Kan kejauhan kalo ane milih di Yogya. Oh ya gansis, pendaftaran, registrasi, verifikasi dilakukan scr online,jadi beda sama IPDN, STAN, STSN, dkk.
Total pendaftaran semuanya cuma Rp.125.000 (75.000 untuk pendaftaran, dan 50.000 untuk pendaftaran basis CAT (Computer Assisted Test)

Materi nya dibagi menjadi 2, yaitu TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang). Di TKD, yang dipelajari ada:
1. TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)
Jadi disini, agan sista harus bener" belajar ttg UUD, pancasila, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global. *untuk poinnya jika salah 0, dan benar mendapatkan 5
2. TIU (Tes Intelegensi Umum)
Materi yang dikuasasi: kemampuan verbal (sinonim, antonim, pengelompokan kata), kemampuan numerik, kemampuan berpikir analitis.*untuk poinnya jika salah 0, dan benar mendapatkan 5
3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)
Tes ini bertujuan untuk mengenal karakter, kepribadian, dan tingkat emosional pelamar. Jadi tips nya buat materi ini, tempatkan dirj agan dan sista sebagai orang yang baik.
*untuk poinnya yaitu 1-5

Sedangkan, di TKB yang dipelajari ada:
1. Matematika
2. Fisika
3. Bahasa Inggris
Untuk bahasa inggrisnya, lumayan mudah kok gan. Soal yang keluar hanya grammar saja


Tes PTB STMKG 2017

Jadwal tes sudah di infokan pada tiap" catar (calon taruna).
Untuk tahapannya ada:
1. Tes TKD
2. Tes TKB
3. Tes Kebugaran dan Wawancara
4. Medical check up

Untuk tanggal berapa ane tes TKD, ane bener" lupa. Yang pasti akhir april.
Dan tibalah ane untuk mengikuti ujian. Gugup, pesimis, rasa campur aduk menjadi satu. Jadi sebelum memasuki ruangan, ane harus registrasi kartu terlebih dahulu setelah itu memasuki ruangan yang dimana di ruangan tersebut diberikan informasi ttg tata cara mengerjakan, poin yang harus dikumpulkan untuk lolos.

Nilai ambang batas
TWK: 70 (Jumlah soal ada 30)
TIU: 75 (jumlah soal 35)
TKP: 126 (jumlah soal 35)

Skip...
Mulailah ane mengerjakan soal. Untuk soal yang pertama yaitu TWK. Pas ane ngerjain, jujur ane banyak yang gak ngerti. Soal yang keluar di komputer ane kebanyakan permasalahan diplomatik luar negeri. Jadi, disini ane hanya bisa berdoa. Setelah itu TIU, soal yang keluar ada materi bahasa indonesia, dan numerik. Untuk bagian yang numerik, lagi-lagi ane pasrah sama Allah emoticon-Frown. Karena, menurut ane susah" itu dikarenakan deretan angka nya 500 an dan dimana gak dibolehin bawa kalkulator. Dan terakhir ada TKP, disini ane yakin kalo ane bisa. Tapi, permasalahannya waktu kurang 10 menit, sedangkan TWK ane masih banyak yang kosong. Jadi, ane pasrah aja waktu itu.
Jreng...jreng....
Nilai langsung keluar emoticon-Hammer. Dan...ane lolos (alhamdulillah) dengan nilai yang lumayan
Twk 80, tiu 90, tkp 137.

8 mei 2017
Saatnya tes TKB. Perlu agan sista ketahui, untuk tahap kedua ini apabila lolos, maka akan lanjut pada tahap 3&4. Jadi, bisa dumpamain tahap ini itu semifinal. Dan sayang banget kalo gak bisa lolos.
Pada waktu mengerjakan, ane kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu (tapi gaada yang mudah ;(). Jadi, ane utamain ngerjain bahasa inggris kemudian fisika dan dilanjut matematika. Untuk yang matematika, disini ane mulai pesimis. Ane cuma bisa beberapa (soal yang keluar kebanyakan lebih mirip materi SBMTN). Dan ane pasrah lagi disini.
Jreng...jreng....
ane gak lolos tahap ini

Itu dikarenakan nilai mtk ane yang gak cukup.
MTK: nilai ane 18 (sedangkan batas ambang 25)
FISIKA: 38 (batas ambang 25)
B.ING: 45 (batas ambang (25)
Setelah ane cek di website nya, emang poin TKB Surabaya lebih unggul daripada BKN lainnya.

Jadi setelah itu, ane gatau lagi mau gimana lagi. SMBTN tinggal 2 minggu dan ane jarang belajar (ini kesalahan ane karena terlalu ambisi pada 1 hal). Dan, setelah tes TKB, ane stres berat (1 minggu ane cuma bisa diem di kamar sambil mewek)
Tapi, mau gamau ane kudu belajar. Dan ane bersyukur disini, karena ane dinyatakan lolos SBMTN 2017. Dan permasalahan ada lagi, itu karena ane mau gap year (tunda kuliah) lebih dulu. Dan terjadilah adu cekcok dengan ibu ane. Semua sodara ane mendukung ane buat masuk kuliah dulu (pas lebaran, semua ngasih saran&masukan ke ane). Akhirnya, ane mengiyakan dan kemudian status ane berubah dari siswa ke mahasiswa emoticon-Ngakak
Diubah oleh airell.718
Lihat 1 balasan
Tes PTB STMKG 2018

Hari berganti hari. Ane menjalankan hari-hari seperti biasa (nugas, pratikum, laporan, kerja kelompok, dll). Semester 1, jujur ane kagak niat kuliah (tolonf jangan dicontoh). Tapi, ane selalu masuk gak pernah sekalipun alfa. Semester 2, ane bener" jengah dengan laporan yang lumayan susah, kerkel yang ngeselin. Tapi, dibalik itu ane harus sangat bersyukur dibandingkan temen" ane yang belum dapet kuliah emoticon-Mewek
Dan, pengumuman PTB STMKG 2018 dibuka.
Ane pun daftar. Sambil menunggu, ane mengikuti try out online cpns di website", belajar kembali materi SMA yang mulai terkelupas, TO stmkg juga. Namun, lagi" ada kendala disini. Karena pas itu puasa ramadhan, ane jarang belajar lantaran sakit. Jadi, setelah lebaran ane belajar sampe larut malam.
Disaat ramadhan itu, ane duduk di depan rumah sama ibu sambil mandangin bulan. Disitu ane ngomong "pengen deh bu, nanti aku yang ngamati hilal (disini ane ngomongnya sambil berkaca-kaca, gatau kenapa). Karena yang ane tau, pas tes PTB STMKG 2017, ibu ane emang gak ridha ane kuliah disana. Hal itu lantaran tempat kuliah yang jauh dari rumah ane. Karena kampusnya letaknya di Pondok betung, Bintaro Tangerang. Dan posisi ane sebagai anak tunggal, ibu ane selalu khawatir kalo jauh" dari pengawasannya.

Jreng...jreng...
Info jadwal sudah tertera di website. Ane tetap tes di BKN Surabaya. Alurnya tetap sama, yang membedakan hanya batas ambang. 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.

17 Juli 2018
Itu hari tes TKD ane. Disini ane hanya minta terbaik aja ke Allah, ane udah gak terlalu ambisi. Karena ditolak kampus impian lebih sakit daripada diputusin pacar emoticon-Smilie.
Dan, alhamdulillah ane dinyatakan lolos di tahap ini. Dengan TWK 90, TIU 110, TKP 145.
Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG

19 Juli 2018
Pagi buta ane udah berangkat, walau jadwal ane jam setengah 3. Karena, sodara ane mau kerja jadi itu mengharuskan ane ke Waru (alasan lain jarak rumah sodara ke Waru juga lumayan jauh)
Ingin Bekerja Di BMKG? Ini Pengalaman Mengikuti Tes STMKG.
Tibalah ane mengikuti ujian. Sebelum registrasi, ane di scan dulu untuk menghindari kecurangan (belajar dari PTK sebelah yang katahuan melakukan kecurangan). Masih di ruang registrasi, disitu diinfokan ke semua catar kalo kuota cewe udh melebihi jadi gimanapun di tahap ini harus besar"in nilai. Sedangkan, kuota cowo masih sangat banyak yang belum terisi.
Pas ngerjain soal nya, ane cuma bisa berdoa+pasrah aja "semoga Allah memberikan ta g terbaik". Ane mulai dari bahasa inggris meskipun soal yang pertama adalah mtk. Kemudian dilanjut mtk dan fisika.

Jreng...jreng...
Ane gak lolos rupanya. Dengan nilai mtk dan fisika dibawah ambang. Tapi, kali ini ane gak kecewa drpd tes tahun lalu. Finally, ane langsung balik ke rumah dengan membawa kabar yang tidak menyenangkan.
Pas di rumah sih ane tersenyum biar ibu gak khawatir lagi. Dan disinilah ane sekarang, di kampus kebanggaan yang sudah semester 4 dimana nantinya akan menyandang gelar S.T emoticon-Smilie

Just info, untuk tes kebugaran dan wawancara itu mudah kok gan sis. Tes kebugaran hanya lari doang, ane lupa brp km. Untuk wawancara nya juga biasa aja yang terpenting gansis harus setenang mungkin. Oh iya, kadang pewawancara juga pake bahasa inggris, jadi gansis harus bisa juga menjawabnya emoticon-Big Grin

Itulah akhir dari perjuangan ane selama 2 tahun. Sekarang, ane udah ikhlas walau ditolak 2 kali. Tapi, ane sekarang juga bingung mau daftar lagi atau kagak. Ane selalu berpikir tentang waktu dan biaya, kalau masalah umur ane masih bisa daftar. Tai, ane selalu kepikiran ttg perjuangan kuliah dimana dapet B aja kudu banyak" bersyukur

Tapi ane selalu berdoa "jika ane gak ketrima, biarin jodoh ane aja yg disana ya Allah emoticon-Ngakak"
profile-picture
rezkysijabat02 memberi reputasi
Diubah oleh airell.718
Balasan post airell.718
sepi...
Quote:


Kaskus emang sepi gan. Ane pindah twitter dulu emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post airell.718
padahal skrg udah enak lah ga pakai capcay kayak dulu...
Ane udh kuliah gan, masa mau pindah emoticon-Ngakak
TS angkatan 2017 ternyata ya? sama dong hehe. Btw sekarang kuliah dimana?
Quote:

Iya gan. emoticon-Salam Kenal
Universitas di Jatim emoticon-Big Grin
salah kamar boy
Threadnya bisa ikut FWM tu dg syarat jadi Kaskus Creator dlu. Bagus threadnya, pengalaman sendiri tp memberi wawasan luas bagi pembaca awam.

Hijrah

Soto

Kado

Tanaman

Menikah
Senin 14/1/19 Alhamdulillah lolos FWM

Masukan
Selasa 15/1/19 Menunggu lolos

Spoiler for Pepatah:
Quote:


Ane udh dftar jd kaskus creator gan. Tp lolos thread nya masih belum ada notif
Quote:


Iya emang blsn gak secepat sblm ad FWM, mungkin antri.
Quote:


Kalo thread yg ane buat kemarin" ini malah cepet gan. Gatau skrng knp lama kyk dulu
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di