Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ersanda.coAvatar border
TS
ersanda.co
How to start a healthy life
Pola hidup sehat itu bukan sekedar untuk orang-orang yang diet aja nih gan. Hidup sehat itu perlu buat semua orang tanpa terkecuali mengingat banyak banget jajanan maupun makanan yang tinggi gula maupun lemak sekarang. Ga heran kan ya sekarang ini banyak anak muda yang udah kena gula, darah tinggi, jantung karena terlalu banyak mengkonsumsi gula, junk food, dan males gerak maupun olahraga. Ane mulai nerapin pola hidup sehat sekitar bulan April 2018, itu juga karna nenek meninggal gegara sakit gula dan ane juga takut kalau kena gula juga mengingat penyakit gula itu bisa menurun dari nenek/kakek. Nih gan tips ane sedikit demi sedikit mencoba untuk memulai hidup sehat

  1. Jangan skip sarapan
    Poin terberat buat sebagian orang yang sibuk maupun hidup sendiri alias perantau. Tapi tau gak sih gan skip sarapan itu termasuk kebiasaan buruk buat badan. Ane terbiasa harus sarapan dulu dari kecil makanya ga pernah dah ane skip sarapan. Tips aja nih buat yang gamau repot tapi pengen sarapan sehat bisa coba makan buah-buahan, sayuran rebus, telur rebus, roti gandum, dan susu. Kalo ane lebih sering sarapan sama jus sayur atau overnight oats (bisa googling deh resepnya atau kalau mau ane buatin resepnya di thread selanjutnya).
  2. Kurangin gorengan dan makanan cepat saji
    Ane bukan tipe orang yang demen makan gorengan sih tapi ane salah satu junk food maniak. Susah emang gan nguranginnya. Tapi semua itu tergantung niat gan. Pelan tapi pasti bakal deh bisa ngurangin.
  3. Kurangin gula
    Ini nih yang banyak ga di notice sama sebagian orang. Jajanan hits sekarang itu mengandung gula yang tinggi dan kalau dikonsumsi tiap hari memicu obesitas juga gan. Tips dari ane sih kemana-mana bawa gula sendiri (ane bawa gula dari tropic*na) dan mencoba deh kurangin tuh semua minuman maupun makanan manis. Misal sehari sekali aja makan ato minum manis. Jangan langsung stop gula ya gan yang ada tubuh jadi lemes. Step by step kurangin dikit porsinya.1 buah / sayur per hari
  4. 1 buah / sayur per hari
    Ini juga penting gan. Tubuh lo perlu yang namanya serat biar pencernaan lo lancar dan gampang buat bab. Dari pengalaman ane nih ya gan kulit ane jadi ikut alus gegara rutin makan sayur dan buah padahal ane termasuk cuek sama kulit yang penting rajin bersihin muka dari pergi aja. Rambut ane juga gan ga rusak meskipun ane jarang perawatan. Pernah juga ane ga makan sayur dan buah selama seminggu yang ada kulit ane kering kerontang, badan lemes, cepet ngantuk, rambut rontok padahal ane ga stress dan gatau juga sih itu pengaruh karna ane ga makan sayur ato yang lain.
  5. Banyak minum air putih
    Terlihat sepele tapi masih banyak orang yang kurang minum air putih. Ane di kost 1 galon abis dalam waktu seminggu aja saking banyaknya minum air putih. Tips biar kebutuhan air tercukupi kemana-mana bawa botol air gan, selain cinta lingkungan karna ngurangin sampah plastik lo juga akan terhindar dari dehidrasi gan.
  6.  Jangan males gerak
    Ini juga penting nih gan, di zaman serba mudah ini secara ga sadar buat kita makin males. Mau beli makan padahal jalan tinggal nyebrang tapi saking malesnya pake jasa dari ojol. Apalagi buat para pekerja kantoran, seharian duduk pulang kadang malam pasti udah mager parah buat olahraga sampe rumah/kost. Tips dari ane nih gan gerak itu ga melulu harus olahraga lo bisa mulai dengan jalan kaki, naik/turun tangga, bisa juga peregangan sebentar di jam makan siang. Selain banyak gerak bagus buat badan lo itu juga bisa buat lo ga ngantuk setelah makan siang.


Nhaa itu sedikit tips dari ane gan. Emang terlihat klise ya, but ane setelah ngelakuin semua itu ane ngerasa jadi lebih segeran, ga gampang capek maupun ngantuk. Ane juga banyak makan dan jarang banget olahraga tapi berat badan ane masih terkontrol mungkin karena ane udah nerapin pola hidup sehat akhir-akhir ini. Mulai aja sedikit demi sedikit gan kalo lo udah terbiasa hidup sehat, badan lo dengan otomatis juga akan mulai terbiasa dan akan menolak kebiasaan buruk lo datang lagi. Contoh ya setelah ane ngurangin makanan dan minuman manis dan ane harus minum yang sangat manis, ane akan ngerasa eneg dan susah buat ngehabisin sampe abis. Ane emang bukan pakar kesehatan/gizi ya gan, ane cuma share tentang pengalaman yang udah ane coba sendiri. Selamat mencoba gan, dan semangat untuk hidup sehat! 
emoticon-Big Kiss

Diubah oleh ersanda.co 28-12-2018 09:46
2
600
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan