[B]BACA PAGE #1 DENGAN TELITI DAN SEKSAMA DULU !!!!
Let's begin :
JUPITER MX KASKUS COMMUNITY adalah salah satu forum dibawah KASKUS yang membahas segala sesuatu mengenai Yamaha Jupiter MX baik masalah, keluhan, modifikasi, kegiatan sosial ataupun touring.
Siapa pun berhak bergabung asalkan menghormati dan mematuhi peraturan bersama yang berlaku di JMKC.
JMKC bukan hanya sekedar komunitas di dunia maya, tapi kita juga menjalin tali persaudaraan di dunia nyata.
RULES YOU OUGHTA KNOW:
Posting
Budayakan menggunakan Prime ID. Silahkan menggunakan klonengan, tapi tidak untuk bikin rusuh disini :
ID Klonengan agar diberikan ciri dari Prime ID-nya, entah itu location atau avatar.
Biasakanlah untuk membudayakan Multi Quote (belum berlaku untuk JAVA atau Symbian, tapi jangan besar kepala) Kalaupun tidak bisa Multi Quote, usahakan jangan posting berurutan.
Postingan Greeting di JMKC diharapkan tidak dalam one liner. Tapi apabila salam tersebut dipakai di awal atau diakhir sebuah postingan yang berisi pernyataan (jawaban)/pertanyaan lain (yang penting) diperbolehkan
Apabila ada pertanyaan seputar Jupiter MX yang ingin ditanyakan, cek dulu di Page #1. Siapa tahu pertanyaan tsb sudah pernah ditanyakan sebelumnya. Jangan males liat2 Page #1 :
Buat yang baru pertama kali membaca thread ini, sangat diharapkan untuk membaca halaman #1 dan halaman #2 serta 10 halaman terakhir terlebih dahulu. hal ini dilakukan untuk mencegah pengulangan atas pertanyaan yang jawabannya adalah sama.
Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA + NO DP
Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan lewat PM
Apabila ada post yang berisi pertanyaan, jangan direply kalau tidak tahu jawabannya (hanya untuk up atau menambah postingan)
Disarankan menggunakan spoiler untuk foto berukuran besar, tidak semua pembaca dianugerahi bandwidth yang besar. Maksimal ukuran foto adalah 700 pixel
Hal-hal yang belum tercantum akan ditambahkan seiring berjalannya waktu
Jual Beli
Dilarang berjualan secara langsung tanpa ada kontribusi lain di JMKC (setiap kehadirannya hanya menitipkan link dagangan)
Jual beli diperbolehkan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan JMKC dan seputar Jupiter MX
Untuk distributor dan seller ID dan jenis dagangan akan dimuat di halaman pertama.
Untuk seller ad-hoc atau temporer (second hand) dapat membuat post selama sopan dan tidak bersifat junk.
halo gan mau tanya dong,
kemaren njmx saya baru ganti kampas kopling gl pro,
nah pas udah beres kok tiap awal jalan (kopling masih ketahan dikit handlenya) keluar bunyi gredek2 itu kenapa ya
pas setengah kopling apa ditanjakan itu juga sama
apa gara2 kampas koplingnya ya
Original Posted By tito91►halo gan mau tanya dong,
kemaren njmx saya baru ganti kampas kopling gl pro,
nah pas udah beres kok tiap awal jalan (kopling masih ketahan dikit handlenya) keluar bunyi gredek2 itu kenapa ya
pas setengah kopling apa ditanjakan itu juga sama
apa gara2 kampas koplingnya ya
gredeknya itu disertai getaran pada mesin ato hanya suara yg kenceng? kalo getaran, kemungkinan per koplingnya kurang kuat nekennya, gak sekalian ganti perkop tiger gan? insyaallah hilang gredek²nya.. kemungkinan kedua, bearing rumah koplingnya udah oblak..
kemungkinan ketiga, rumah kopling dan mangkoknya maupun plat friksi udah gak rata..
Original Posted By rieokta►gredeknya itu disertai getaran pada mesin ato hanya suara yg kenceng? kalo getaran, kemungkinan per koplingnya kurang kuat nekennya, gak sekalian ganti perkop tiger gan? insyaallah hilang gredek²nya.. kemungkinan kedua, bearing rumah koplingnya udah oblak..
kemungkinan ketiga, rumah kopling dan mangkoknya maupun plat friksi udah gak rata..
Mesin ga geter gan,
Kemaren mau ganti sekalian, tapi kata mekaniknya masih bagus yg bawaan jadi dipake lagi.
Aman ga ya kalo kayak gitu,
gan, njmx ane usia nya udah 4 tahun, akhir2 ini klo di stater elektrik suka idup bentar trus mati lg lampu suhu nya, jdi nya kyk ketahan gtu stater nya trus baru bisa hidup, klakson jga udh di teken pol kdng ga ada suara nya jdi harus di teken2 biar bunyi
Mau nanya, saya punya mx thun 2007. Speknya :
1. Velg depan bawaan ori, ban genzi pro 70/80
2. Velg belakang bawaan ori, ban genzi pro 80/80
3. Bensin pertamax gk pernh gnti
4. Oli yamaha lube sport gk pernh gnti
5. Knalpot standart
6. Lampu jg standart
7. Semua mah standart
Makin k sini, daily ride ane makin gk enak. Kmren sempet make ban depan 80/80 belakang 100/80 tp jd boros rantai.. trus ngedet2 gt kalo di gas dr pelan k kenceng, kata orng bengkel blok koplingnya udh hrus di ganti sebesar 400rban.. apakah bener segini gan biayanya ?
Trus ane skalian mau nanya pendpt, enaknya nih mtor di oprek atau di gnti di mananya ya gan ?
Saya tiap hari kerja bekasi pasar rebo atau bekasi buaran . Intinya sih minta saran untuk daily ride, amunisinya apa aja ya gan ?
Misal :
1. Hrus gnti jenis oli ?
2. Gnti ban ?
3. Gnti velg ? (Krn mungkin udh jalan 12 thun velgnya)
Mohon petunjuknya gan, saya tkut nanya k bengkel takut di tembak biaya, mending ane nanya dulu ke forum sini gan..
Original Posted By gustav45►gan, njmx ane usia nya udah 4 tahun, akhir2 ini klo di stater elektrik suka idup bentar trus mati lg lampu suhu nya, jdi nya kyk ketahan gtu stater nya trus baru bisa hidup, klakson jga udh di teken pol kdng ga ada suara nya jdi harus di teken2 biar bunyi
Apa udh harus ganti aki atau gimana ?
ganti aja akinya gan
umur aki mx ane waktu itu cuma 2 tahun doang, efek pasang lampu lucu dan klason
Original Posted By eskrimvanilla►blok kopling? ganti blok seher? atau kanvas kopling?
kalau blok kopling ane gak tau
ane taunya bengkel yg recommended buat oprek mesin di maximotor ownernya om vanjoes, lokasinya di ceger bintaro (sepertinya ada di gmaps)
1. oli menurut ane menyesuaikan budget aja, yg penting rutin diganti sebelum encer bgt
2. ane sih nyaman pakai ban fdr sport xt dan xr pas musim hujan. kalau lagi kemarau pakai fdr MP57 dan MP76
3. kalau masih oke buat apa diganti, kecuali sudah mulai karatan atau cacat.
maaf nyubitol coba jawab
Iya nih gan mau ikut gabung ama komunitas kl lgi kopdar skalian curhat kondisi mtor, sbnrnya beljr otodidak bs kali ya tp ane prefer nanya sm master2nya biar skalian beljr mesin mtor, 12 thun nunggang mtor kgk tau mesin
1. Iy ane gk tau komposisi oli yg bgus dgn komparasi mesin biar ttp yahud gasnya nan irit..
2. Wahh kelas wahid ya bannya.. tp boleh gan jd referensi, ane msh kelas lele makenya genzi pro tubeless depan belakang haha..
3. Siap.. klo velg mending nabung skalian beli enkei gt ya jg gk neko3 gnti2 merk ababil..
Kalo rekomendasi bengkel daerah bekasi (rumah ane di kemprat) untuk :
1. Bengkel bubut atau las karbit dmn ya ?
2. Bengkel cat body dmn ya ?
3. Cutting sticker dmn ya ? (Mau ane full dove mx ane)
Original Posted By gustav45►
Harga aki rata2 brp ya gan ? Minta saran aki yg bagus
Sama tadi buat jalan motornya klo gigi 3 kadang gas nya ketahan bentar agak nyentak trus normal lagi itu knp ya gan ? Posisi kecepatan 60
maaf kurang tau hal yg menyebabkan hentakan, kalau test langsung mx nya mungkin bisa kasih saran.
aki yg bagus setahu ane yg lithium ion, seperti merk champion. kurang lebih harganya 300rb. coba cek aja di online shop gan
Quote:
Original Posted By dyazo►
Iya nih gan mau ikut gabung ama komunitas kl lgi kopdar skalian curhat kondisi mtor, sbnrnya beljr otodidak bs kali ya tp ane prefer nanya sm master2nya biar skalian beljr mesin mtor, 12 thun nunggang mtor kgk tau mesin
1. Iy ane gk tau komposisi oli yg bgus dgn komparasi mesin biar ttp yahud gasnya nan irit..
2. Wahh kelas wahid ya bannya.. tp boleh gan jd referensi, ane msh kelas lele makenya genzi pro tubeless depan belakang haha..
3. Siap.. klo velg mending nabung skalian beli enkei gt ya jg gk neko3 gnti2 merk ababil..
Kalo rekomendasi bengkel daerah bekasi (rumah ane di kemprat) untuk :
1. Bengkel bubut atau las karbit dmn ya ?
2. Bengkel cat body dmn ya ?
3. Cutting sticker dmn ya ? (Mau ane full dove mx ane)
Terimakasih suhu2 dan master2 mx
asal gak oli palsu, yg penting rutin diganti jika mesin masih standar.
harga gak bohong gan, oli atau velg yg mahalan pasti ada kelebihannya dibanding yg murah. yg bisa bohong penjualnya
Original Posted By dyazo►Iya nih gan mau ikut gabung ama komunitas kl lgi kopdar skalian curhat kondisi mtor, sbnrnya beljr otodidak bs kali ya tp ane prefer nanya sm master2nya biar skalian beljr mesin mtor, 12 thun nunggang mtor kgk tau mesin
1. Iy ane gk tau komposisi oli yg bgus dgn komparasi mesin biar ttp yahud gasnya nan irit..
2. Wahh kelas wahid ya bannya.. tp boleh gan jd referensi, ane msh kelas lele makenya genzi pro tubeless depan belakang haha..
3. Siap.. klo velg mending nabung skalian beli enkei gt ya jg gk neko3 gnti2 merk ababil..
Kalo rekomendasi bengkel daerah bekasi (rumah ane di kemprat) untuk :
1. Bengkel bubut atau las karbit dmn ya ?
2. Bengkel cat body dmn ya ?
3. Cutting sticker dmn ya ? (Mau ane full dove mx ane)
Ane mau tanya aja nig, ane penunggang new mx sejak 2014 lalu dan menjelang 5 tahun pemakaian standar semua ane ngerasa power uda makin drop
Makanya ane putusin buat upgrade aja sekalian
Bbrp upgrade yg ane aplikasikan :
Blok vixion 1PA + piston kit 3C1
Noken as Vixion 3C1
Per klep swedia
Klep standar new mx
CDI BRT dualband TR
Kamvas kopling standart new mx
Per koping MC Racing
Karbu PE 28 TDR (pilot 40, main 108)
Filter TDR
Knalpot FU Thailand plus leher besar stainless
Lubang AIS dimatikan
Porting polish
Nah baru kelar kebetulan.. cuma mau nanya aja sm suhu suhu di mari bbrp hal yg ane rasakan apakah normal atau tidak ?
1. Karakter motor klo di gas rpm bawah nya gak gtu nendang alias berat naik, tp dr rpm tgh ke atas enak naik nya..
2. Kalau gas di kejut dalam keadaan langsam, gas menghilang kaya mau mati, dan kalau di paksa dikejut lagi akhir nya mati.. tp kalau di urut normal aja..
3. Getar mesin serasa lebih bergetar dr awal sebelum upgrade..
Kondisi langsam mudah di setel dan stabil
Ane upgrade untuk kebutuhan macet di kota jakarta aja.. cm kalau di jalan kosong ada yg belagu mungkin ane tarik gas juga si..
So far lagi masa reyem mesin upgrade nya
Kira kira 500km cukup gk ya ?
Salam ya suhu, mohon di bantu ceramahan buat ane yg newbie ini..
Original Posted By dyazo►Iya nih gan mau ikut gabung ama komunitas kl lgi kopdar skalian curhat kondisi mtor, sbnrnya beljr otodidak bs kali ya tp ane prefer nanya sm master2nya biar skalian beljr mesin mtor, 12 thun nunggang mtor kgk tau mesin
1. Iy ane gk tau komposisi oli yg bgus dgn komparasi mesin biar ttp yahud gasnya nan irit..
2. Wahh kelas wahid ya bannya.. tp boleh gan jd referensi, ane msh kelas lele makenya genzi pro tubeless depan belakang haha..
3. Siap.. klo velg mending nabung skalian beli enkei gt ya jg gk neko3 gnti2 merk ababil..
Kalo rekomendasi bengkel daerah bekasi (rumah ane di kemprat) untuk :
1. Bengkel bubut atau las karbit dmn ya ?
2. Bengkel cat body dmn ya ?
3. Cutting sticker dmn ya ? (Mau ane full dove mx ane)
Spek MX 2013 ane
Noken BRT T1
Per klep CLD
Back-cut valve
CDI BRT Dualband TR
Porting polish
Piston std frais 1.5 mm
PE 24 Ride It 40/115 needle jet no 4 dari atas
Sementara ane dpt setting karbu gitu, cuman msh agak sulit stasioner & meletus2 kalo lepas gas
Ane coba bbrp PJ yg lebih kecil kok malah ga mau turun rpmnya, dapet yg enak pake PJ 42 tapi borosnya luar biasa, waktu stasioner sampe ngembun2 bensin dari knalpot
Mungkin ada suhu2 yg ahli soal settingan karbu yang pas, ane minta bimbingannya hu
Mau nanya, saya punya mx thun 2007. Speknya :
1. Velg depan bawaan ori, ban genzi pro 70/80
2. Velg belakang bawaan ori, ban genzi pro 80/80
3. Bensin pertamax gk pernh gnti
4. Oli yamaha lube sport gk pernh gnti
5. Knalpot standart
6. Lampu jg standart
7. Semua mah standart
Makin k sini, daily ride ane makin gk enak. Kmren sempet make ban depan 80/80 belakang 100/80 tp jd boros rantai.. trus ngedet2 gt kalo di gas dr pelan k kenceng, kata orng bengkel blok koplingnya udh hrus di ganti sebesar 400rban.. apakah bener segini gan biayanya ?
Trus ane skalian mau nanya pendpt, enaknya nih mtor di oprek atau di gnti di mananya ya gan ?
Saya tiap hari kerja bekasi pasar rebo atau bekasi buaran . Intinya sih minta saran untuk daily ride, amunisinya apa aja ya gan ?
Misal :
1. Hrus gnti jenis oli ?
2. Gnti ban ?
3. Gnti velg ? (Krn mungkin udh jalan 12 thun velgnya)
Mohon petunjuknya gan, saya tkut nanya k bengkel takut di tembak biaya, mending ane nanya dulu ke forum sini gan..
Makasih gan
1. MX emang boros rantai karena rantainya termasuk panjang untuk ukuran bebek.
2. gejala ngedet² kayak yg ente keluhin menurut ane ada 3 penyebab, kalo gak bak kopling, karet pengganjal gir belakang ke tromol (yg ada 4 biji ituloh gan), bearing gir belakang.. tapi kemungkinan besar karet pengganjalnya..
nih saran ane buat motor ente:
1. ban tetep aja 70/80 dan 80/80 (sama kayak gw, pakenya juga genzi pro, tapi pake velg tdr 1.40 dan 1.60, karena NJMX kopling velg belakang bawaannya alergi sama banyak ban)
2. set rante beserta gir ganti punya RX king, kalo ada rejeki pake SSS sekalian, alasan? biar awet coy
3. ganti bantalan karet gir belakang sekalian cek bearingnya juga kalo perlu ganti
4. rumah kopling MX emang oblak sejak lahir, jadi kalo gak mau ada gerakan sedikitpun, dilas aja, tanyain orang bengkel pasti paham
5. jangan pake yamalube, banyak yg lebih bagus, bekasi-buaran itu jalur macet gilak, jadi usahakan pake yg kental full syntethic apalagi motor udah agak tua, kalo dikasi oli encer yaaaa gitudeeeh..
6. kalo udah semua, bawa ke beres yamaha suruh setel klep dan karbu serta servis ringan.
7. selanjutnya pake pertalite aja (gw kok merasa kalo pertamax dan premium kurang
cocok buat mx)
8. rasakan bedanya buat harian..
Original Posted By rieokta►1. MX emang boros rantai karena rantainya termasuk panjang untuk ukuran bebek.
2. gejala ngedet² kayak yg ente keluhin menurut ane ada 3 penyebab, kalo gak bak kopling, karet pengganjal gir belakang ke tromol (yg ada 4 biji ituloh gan), bearing gir belakang.. tapi kemungkinan besar karet pengganjalnya..
nih saran ane buat motor ente:
1. ban tetep aja 70/80 dan 80/80 (sama kayak gw, pakenya juga genzi pro, tapi pake velg tdr 1.40 dan 1.60, karena NJMX kopling velg belakang bawaannya alergi sama banyak ban)
2. set rante beserta gir ganti punya RX king, kalo ada rejeki pake SSS sekalian, alasan? biar awet coy
3. ganti bantalan karet gir belakang sekalian cek bearingnya juga kalo perlu ganti
4. rumah kopling MX emang oblak sejak lahir, jadi kalo gak mau ada gerakan sedikitpun, dilas aja, tanyain orang bengkel pasti paham
5. jangan pake yamalube, banyak yg lebih bagus, bekasi-buaran itu jalur macet gilak, jadi usahakan pake yg kental full syntethic apalagi motor udah agak tua, kalo dikasi oli encer yaaaa gitudeeeh..
6. kalo udah semua, bawa ke beres yamaha suruh setel klep dan karbu serta servis ringan.
7. selanjutnya pake pertalite aja (gw kok merasa kalo pertamax dan premium kurang
cocok buat mx)
8. rasakan bedanya buat harian..
Makasih gann ane sedikit tercerahkan, ya allah baik bener di ksh arahan buat ane yg noob ini..
Feedback :
1. Velg merk tdr 1,.40 dan reae 1.60 range hrga brp ya pasaran gan ? Sbnrnya bs googling tp ane gk punya harga kuncian, jd skalian nanya. Kemudian alesan make velg yg lebh sempit kenapa gan ?
2. Iy ane sempet ke bengkel, mereka bilang blok kopling yg kanan kudu di ganti, maklum mtor tua tp masih gress bgt.. tp cb ane komunikasikan soal karet pengganjalnya.
3. Rumah ane di kemang pratama, bengkel servis yamaha radius 0 smpe 5km km gk ad yang bagus, ad saran hrus k bengkel yamaha mana yg rekomendasi ??
4. Siap ganti bearing.
5. Ooo SSS bagus ya ? Di harga berapa lagi gan rangenya, agar punya kuncian tkut dpt yg kaleng kalengan.. saya malah berpikir pake sinob gan hehehe
6. Oli apa yak yg recommended ?? Hrga gk masalah gan, yg penting gk kering kerongkongan njmx ane..
7. Wah ane gk pernh pertalite.. dr lahir pske pertamax terus njmx ane.. kdng malah turbo.. ok gan cb ane pake pertalite...
Original Posted By rieokta►1. MX emang boros rantai karena rantainya termasuk panjang untuk ukuran bebek.
2. gejala ngedet² kayak yg ente keluhin menurut ane ada 3 penyebab, kalo gak bak kopling, karet pengganjal gir belakang ke tromol (yg ada 4 biji ituloh gan), bearing gir belakang.. tapi kemungkinan besar karet pengganjalnya..
nih saran ane buat motor ente:
1. ban tetep aja 70/80 dan 80/80 (sama kayak gw, pakenya juga genzi pro, tapi pake velg tdr 1.40 dan 1.60, karena NJMX kopling velg belakang bawaannya alergi sama banyak ban)
2. set rante beserta gir ganti punya RX king, kalo ada rejeki pake SSS sekalian, alasan? biar awet coy
3. ganti bantalan karet gir belakang sekalian cek bearingnya juga kalo perlu ganti
4. rumah kopling MX emang oblak sejak lahir, jadi kalo gak mau ada gerakan sedikitpun, dilas aja, tanyain orang bengkel pasti paham
5. jangan pake yamalube, banyak yg lebih bagus, bekasi-buaran itu jalur macet gilak, jadi usahakan pake yg kental full syntethic apalagi motor udah agak tua, kalo dikasi oli encer yaaaa gitudeeeh..
6. kalo udah semua, bawa ke beres yamaha suruh setel klep dan karbu serta servis ringan.
7. selanjutnya pake pertalite aja (gw kok merasa kalo pertamax dan premium kurang
cocok buat mx)
8. rasakan bedanya buat harian..
Eh gan ternyata velg ane udh 1.40 dan 1.60 bawaan lahir ukurannya segitu heheh maafkeun baru ngeh
malam agan2 di jmkc... kali ini gue mau rubah mx ane jadi ayago... kira shock depan harus pakai shock apa?
ada beberapa pilihan...
1. Shock Satria Fu?
2. Yamaha Vixion?
3. Yamaha Byson?
tolong donk buat yg prrnah ganti mx jadi ayago... bagi tips nya...ok...
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.