Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

obegituAvatar border
TS
obegitu
Atasan agan BOSS atau LEADER?
Atasan agan BOSS atau LEADER?


Saat kita bekerja terkadang ada yang beruntung mendapatkan atasan yang baik dan bagus untuk karir ke depan nya, ada juga yang kurang beruntung yaitu yang dapat atasan yang tidak bagus dalam lingkup pekerjaan dan malah menghambat karir, berikut adalah ulasan terkait atasan yang type nya BOSSi dan type Leader :


Boss: Mengintimidasi
Seorang boss akan selalu menunjukkan otoritas/kekuasaan nya serta umumnya menuntut rasa hormat atau bahasa simple nya "gila hormat" , memerintah dengan cara mengancam atau mengintimidasi dan biasa nya tipikal ini akan melakukan apa pun untuk mempertahankan posisi dan kontrolnya.

Leader: Menginspirasi
Sedangkan seorang leader itu menginspirasi timnya untuk belajar, tumbuh dan berkembang, ia terkadang menantang timnya agar lebih  mengenali kekuatan atau kelebihan yang mereka miliki, memahami kelemahan tim nya serta membantu bagaimana mengatasi nya.


Boss: Mengawasi
Dia mengawasi setiap gerakan rekan satu timnya dan menganalisis setiap kesalahan, Dia mengkritik timnya dan mengancam ketika mereka nggak perform atau ada kesalahan, ya walaupun sudah berusaha kerja bener tapi kalau ada salah sedikit ya...kena deh.

Leader: Mengajari
Seorang leader mencari cara untuk meningkatkan timnya, dia memuji keberhasilan mereka dan bahkan akan terjun langsung untuk membantu ketika tim nya ada kesulitan dan bersama mencari jalan keluar.


Boss: Mendengar
Seorang boss mendengar masukan dari timnya tetapi tidak menindaklanjutinya, dia yakin timnya akan menundukkan kepala dan mematuhi nya serta menyelesaikannya, bagi nya tidak di perlukan umpan balik atau masukan dari tim nya.

Leader: Mendengarkan
Mendengarkan timnya sangat penting untuk kesuksesan seorang leader, Dia secara konstan mendorong ada nya masukan atau umpan balik dari tim nya, ide-ide baru dianggap nya begitu berharga.


Boss: Merintah
"Cepat kerjakan ini" "kerjakan ini dan selesaikan by today" Ketika dia memberi perintah, timnya harus memenuhi permintaannya dan tidak ada pertanyaan, Ketika sebuah proyek tidak selesai tepat waktu yah....siap-siap aja di keramasin.

Leader: Menanyakan
"Apa yang kamu pikirkan?" "Apakah kamu ada ide lain untuk menyelesaikan proyek ini tepat pada waktu nya?" seorang leader memastikan timnya memiliki waktu dan sumber daya untuk menyelesaikan sebuah proyek, jika tidak ia akan mencari cara untuk membantu tim nya dan tanpa menyalahkan.


Boss: Lepas Tangan
Seorang bos membuat keputusan dan menyerahkan pekerjaan kepada timnya, Dia tidak tertarik pada proses,  kecuali itu secara langsung mempengaruhi dirinya, gaya lepas tangannya menuntun timnya untuk menyembunyikan jika ada masalah yang dapat mengganggu hasil proyek yang sedang berjalan.

Leader: Turun Tangan

Seorang leader memungkinkan memberikan tanggung jawab atau otonomi penuh, tetapi tetap di monitor tidak lepas tangan begitu saja dan tahu kapan dia perlu terlibat, dengan tim nya yang merasa nyaman maka tim nya tidak sungkan untuk  melaporkan jika ada masalah dengan segera, sehingga masalah dapat ditangani dengan tepat dan cepat, Bahkan jika di perlukan seorang leader dapat terjun langsung untuk menyelesaikan masalah itu bersama tim.


Boss: Mengomel
Seorang boss meyakini bahwa pekerjaan harus didahulukan, itu berarti dia harus dapat mengubungi timnya kapan saja siang atau malam hari, bagi nya tidak ada alasan mengapa sesuatu tidak bisa dilakukan dengan benar ketika dia menuntut.

Leader: Mendukung
Seorang leader memahami perlunya keseimbangan antara kerja dan kehidupan, bahasa keren nya "Work Life Balance" , dia mendorong timnya untuk beristirahat sesekali, Karena dia menghormati waktu timnya jadi jauh-jauh sebelum nya setiap pekerjaan sudah di rencanakan bagaimana mengatur waktu dan sumber daya tim nya, agar dari sisi waktu dan tenaga bisa lebih efisien, terutama dalam mengerjakan sebuah proyek yang di tuntut jadwal yang ketat.

Boss: Tujuan yang tidak jelas dan tidak mungkin
Seorang bos menuntut tujuan dipenuhi dengan cara apa pun, Suasana hatinya yang selalu berubah dalam menentukan tujuan dapat menyebabakan tim menjadi bingung dan frustrasi, yah...mereka jadi nya takut bertanya juga,  Jadi yang ada waktu jadi tidak efisien dan terbuang dalam menentukan prioritas dan strategi.

Leader: Tujuan ynag jelas dan realistis
Prioritas utama seorang pemimpin adalah memastikan semua orang memiliki tujuan yang sama. Dia menciptakan Project plan dan timeline beserta informasikan tujuan dan Goal atau hasil utama yang ingin di raih, Hal ini untuk membantu tim memahami tujuan utama atau Goal dan bagaimana mereka dapat berkontribusi.



Sekian dari ane gan, semoga dapat membantu, ane harapkan agan-agan bisa reply bahwa saat ini atasan agan-agan itu type BOSS atau kah type LEADER? jika ingin curcol juga monggo silahkan....kali aja ada masukan dari agan-agan yang lain.

 emoticon-Shakehand2


SUMUR
Diubah oleh obegitu 06-01-2019 18:10
0
2.4K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan