KOMUNITAS
Informasi! Ngobrol Sesama Komunitas Makin Gampang Lewat Live Chat di Kaskus Apps Cek di Sini Caranya
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Pesanan Via Tokopedia DIbawa Kabur Driver GOJEK, Solusi Penyelesaian Berbelit!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2cac7ef4d6953dd77aa880/pesanan-via-tokopedia-dibawa-kabur-driver-gojek-solusi-penyelesaian-berbelit

Pesanan Via Tokopedia DIbawa Kabur Driver GOJEK, Solusi Penyelesaian Berbelit!

Saya adalah pengguna aktif dan setia dari Tokopedia dan layanan antar Gosend. Saya selalu menggunakan layanan Gosend Instant Courier jika memang toko tempat saya bertansaksi di Tokopedia menyediakannya.
Namun kejadiaan naas harus saya alami ketika menggunakan layanan tersebut. Kira-kira begini kronologisnya :

23 Desember 2018 
Pukul 15.13 WIB
Saya membeli HP Honor 10 melalui seller Langitcell di Tokopedia dengan layanan antar Gosend Instant Courier dengan total invoice Rp 6.561.900 ( Harga Barang Rp 6.450.000 + Ongkir Gosend Instant Courier Rp. 99.000 + Biaya Asuransi Rp. 12.900 ).
Pukul 15.52 WIB 
Mendapatkan driver atas nama TRISNO B MARTO dengan nomor telepon +6287889462156, sebelumnya ada yang menelpon saya di nomor 085974423735 menanyakan lokasi toko, saya jawab saya adalah pembeli.
Pukul 19.03 WIB 
Saya menerima notifikasi Tokopedia bahwa pesanan sudah sampai dan diterima oleh RIAN yaitu saya. Merasa belum terima barang, saya langsung mengajukan komplain dan membuka Pusat Resolusi Tokopedia.

Admin Pusat Resolusi meminta waktu 4x24 jam untuk investigasi oleh  pihak Gojek. Di sini kejengkelan saya dimulai. Selain Admin Pusat Resolusi yang hanya bisa memberikan jawaban-jawaban prosedural, pihak Penjual juga tidak aktif berdiskusi.
Ketika diminta menjelaskan kronologi oleh Admin  Pusat Resolusi, Penjual hanya diam saja, bahkan foto KTP si driver pun saya yang share di Pusat Resolusi ( Sebelumnya seller sudah mengirimkan foto KTP driver yang sesuai dengan nama di aplikasi Tokopedia ). Jadi disini saya yang aktif menanyakan di Pusat Resolusi.
  
27 Desember 2018
Tokopedia meminta driver mengajukan klaim kehilangan barang :
Dear Toppers,

Dengan senang hati kami bantu cek kendala ini.

Per hari ini , pihak Gojek infokan agar segera mengajukan berkas klaim. Dkarenakan pada pengiriman ini menggunakan asuransi Tokopedia maka mohon Penjual dapat mengisi form yang kami lampirkan pada diskusi ini secara menyeluruh tanpa ada bagian yang dikosongkan (seperti contoh) dan melampirkan foto KTP Penjual dan resi fisik secara terpisah untuk kami bantu proses pengajuan klaimnya kepada pihak Asuransi.

Jika nantinya Penjual telah melengkapi berkas klaimnya, kami imbau kepada Penjual agar dapat lampirkan fisik resi pengirimannya sebagai syarat pengajuan klaimnya agar dapat segera kami teruskan kepada pihak Asuransi untuk diproses lebih lanjut.

Kami tunggu kelengkapan berkas klaimnya dari penjual hingga 2 Januari 2019 pukul 14:00 WIB selebihnya mohon maaf kami akan tutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana kepada Pembeli senilai invoice Rp 6.561.900.


Terima kasih.


28 Desember 2018
Admin Tokopedia memberikan update :

Dear Toppers,

Mohon maaf kami bantu untuk meluruskan kembali atas kekeliruan informasi sebelumnya.

Sesuai informasi sebelumnya, kami harap Penjual bisa melengkapi dan melampirkan kembali berkas klaimnya sebagai berikut:

- Form klaim (Harap diisi keseluruhan poinnya sesuai contoh dan lampirkan kembali secara jelas serta tidak terpotong)
- Foto KTP (Dilampirkan secara terpisah dengan form klaim)

Kami tunggu kelengkapan berkas klaim dari Penjual hingga hari ini tanggal 31 Desember 2018 pukul 14.00 WIB. Lebih dari itu, mohon maaf kami bantu untuk menutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana kepada Pembeli senilai yang dibayarkan tanpa promo Gratis Ongkirnya dan dikurangi biaya asuransinya Rp 6.519.000.

Terima kasih.


31 Desember 2018
14.11
Saya bertanya update mengenai pengembalian dana saya, FYI, dari tanggal 28 Desember sampai dengan 31 Desember Pukul 14.00 ( tenggat waktu yang di tetapkan Tokopedia kepada Penjual untuk mengisi berkas klaim ) Penjual sama sekali tidak muncul di Pusat Resolusi.
14.24
Muncul jawaban dari Admin
Dear Toppers,

Dengan senang hati kami bantu cek kendala yang terjadi.

Mohon maaf kami luruskan info sebelumnya, kami imbau Penjual untuk aktif menanggapi diskusi ini dan mengikuti arakan kami mengisi dan melengkapi form klaim yang sudah diberikan sebelumnya.

Jika nantinya Penjual telah melengkapi berkas klaimnya, kami imbau kepada Penjual agar dapat lampirkan fisik resi pengirimannya sebagai syarat pengajuan klaimnya agar dapat segera kami teruskan kepada pihak Asuransi untuk diproses lebih lanjut.

Kami tunggu kelengkapan berkas klaimnya dari penjual hingga 2 Januari 2019 pukul 15:00 WIB selebihnya mohon maaf kami akan tutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana kepada Pembeli senilai yang dibayarakan (karena menggunakan kupon gratis ongkir) dan dikurangi asuransi Rp 6.519.000

Terima kasih. 


Singkat cerita, Penjual baru mengembalikan berkas claim pada tanggal 31 Desember 2018 pukul 18.30. Jauh darai waktu tenggat dari admin sebelumnya.
Pada saat berkas dikembalikan, ada yang kurang/salah. Admin Tokopedie memberi kelonggaran waktu pada Penjual 2x24 jam.
Protes saya sebagai Pembeli tidak ditanggapi.

2 Januari 2019
Pukul 14.30 WIB
Penjual baru mengembalikan berkas claim yang diminta oleh Tokopedia. 
Disini jujur saya sedih sekali karena Penjual tidak aktif dan terkesan mengulu-ulur waktu. Padahal kalau benar barang dibawa kabur driver Gojek, bukankah Penjual juga rugi karena barangnya sudah keluar dan uang belum masuk?

Yang saya sesalkan, mengapa Tokopedia sangat fleksibel kepada Penjual sehingga waktu tenggat pengembalian berkas oleh Penjual bisa berubah-ubah. 

Sekarang saya harus menunggu verifikasi dari Tim Asuransi Tokopedia. Padahal bisa dibilang saya pihak yang paling rugi disini. Habis uang untuk bolak-balik telepon CS Gojek, secara mental juga saya lelah.
Jadi ragu untuk menggunakan Tokopedia dan layanan antar Gosend dan sejenisnya.
Mudah-mudahan Tokopedia adalah perusahaan yang customer oriented sehingga hal ini tidak dialami oleh Pembeli lain di kemudian hari.

UPDATE

4 Januari 2018

Saya masih berusaha aktif untuk bertanya update mengenai kasus ini.
Admin Tokopedia mengatakan bahwa mereka masih menunggu BAP dari pihak Gojek. Padahal sebelumnya pada tanggal 31 Desember 2018, Admin Tokopedia mengatakan bahwa SUDAH ADA BAP DARI PIHAK GOJEK yang kemudian diralat pada hari ini.
Saya jadi bingung koq ini Admin Tokopedia benar-benar tidak konsisten ya informasi nya.
Spoiler for last update:


Spoiler for KTP Driver:


Spoiler for Komplain:
profile-picture
zharki memberi reputasi
Diubah oleh rheeyant
Halaman 1 dari 4
Samperin aja gan
Sistem perusahaan Go-Jek tidak seperti perusahaan ekspedisi pada umum nya.
Pekerja ekspedisi valid, hingga bila terjadi kendala bisa langsung dituntut ganti rugi ke perusahaan.
Pekerja Go-Jek kurang valid, secara sistem tidak bisa dituntut ke perusahaan karena setiap individu driver bertugas mengamankan diri dari pelanggan maupun tagihan perusahaan.
Bayangkanemoticon-Bingung apa gak bahaya klo dibawain barang jutaan rupiah.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bapak yg terlalu anggap remeh semua hal. Itu 100 % Kesalahan pada diri bapak. Zaman emang sdh canggih. Tpi perlu dipikirkan kembali Harga segitu masih nitip gojek yg tidak dikenal. Saya aja nolak bila keluarga ada yg nitip barang diatas 1 jutaan. Hindari masalah yg tidak perlu terjadi. tidak semua orang didunia ini Jujur 100%. Mau salahin toko tidak mungkin.. Salahin Gojeknya lebih". Yg salah itu diri kamu sendiri krn menilai semua hal dengan Materi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4ncurb6t dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Gojek tetap hrs bertanggungjawab krn drivernya bekerja atas nama gojek & gojeknya pun jg dpt penghasilan atas jasa pengirimannya. Jgn cm mau terima duitnya saja tp nda mau tanggung jawab kl ada apa2 kyk gini. Solusinya : gojek perbaiki sistemnya atau berhenti menerima jasa pengiriman brg & cm melayani jasa gojek saja seperti namanya.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
inilah mengapa sistem gosend dimana perlu barang apa yang di bawa tidak diketahui oleh pihak driver

( server / admin saja yg tau )

profile-picture
XperiaSense memberi reputasi
sepertinya ktp tsb palsu
Quote:


fans melon,
Brow.. ini go send itu jasa, fitur yg disematkan oleh toped utk memberikan opsi pada pelanggan. Gmn bs lu nyalahin pembeli yg pake opsi itu. Edan
semoga cepat beres gan masalahnya.
Quote:

Pola pikir ente aneh emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Mgk dia ada benernya. Makanya skrg biaya asuransi pengiriman dibayar ke toped, bkn kurir.


Quote:


Bego dipiara.. sapu dipiara biar gemuk
Quote:

Pernah pilih kurir wahana utk transaksi di atas 200rb?
Ga ada hubungannya, ini cuma bisnis belaka
Quote:

Ga relevan.

Ane kirim2 barang ga pernah minta ktp sama foto gojeknya. Cobabaca di t&c toped (sama bl karena ada kurir ojol juga), apa ada poin pengirim wajib minta ktp sama foto driver saat pick up barang?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Ga pernah. Ada apa emangnya?
Quote:


Quote:

Coba deh order barang di toped terus pilih wahana (transaksi di atas 200rb). Klo udah ngejalani kalimat ente di atas (yg ane kuot) akan terbantahkan.
Quote:

Jaka sembung bawa golok emoticon-Angkat Beer
Jadi gimana, uda beres gan?
Post ini telah dihapus
Quote:


iya lu yg bego piara sapu. DiBilangin bener malah ngegas
Quote:

Klaim terhadap asuransi tidak lagi dilakukan ke pihak logistik yang mengirimkan barang, tetapi pengguna dapat melakukan klaim langsung ke Tokopedia malalui pusat resolusi. (Kecuali pengiriman dengan Wahana dengan barang diatas atau sama dengan Rp200.000,- (Dua ratus ribu rupiah).Hal ini jadi tanggung jawab dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia sepenuhnya. BOLD: Toped untung nih, buyer ama seller klaim ke tokio marine, trus toped bisa klaim ke gojek emoticon-Ngakak

TS sial ini, ga cuma ilang barang, tapi juga dapat penjual yg slow respon, mungkin penjual besar, banyak diurusin dan nominal "segini mah kecil buat dia" jadi males2an urus klaim emoticon-Malu

Satu lagi, bot toped emang rada2, masa kurir ojol diminta resi fisik emoticon-Blue Guy Bata (L)

Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Emg bisa begini? Berarti buyer bayar biaya asuransinya 2x (ke tokio marine & ke gojek) dong?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di