CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2cc43ddcd7704c218b4568/5-fakta-ilmiah-yang-terdengar-aneh-tapi-nyata

5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata

1. Hujan Kodok

5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata
Mengejutkan, dalam sejarah ternyata hujan hewan termasuk fenomena meteorologis yang secara relatif cukup lazim terjadi di berbagai bagian dunia.

Binatang yang kemungkinan jatuh dari langit biasanya ikan, kodok, dan burung. Kadang-kadang binatangnya tetap hidup ketika terhempas, terutama ikan, sehingga diduga penarikan mereka ke langit baru terjadi sesaat sebelumnya.

Beberapa saksi hujan kodok menjelaskan bahwa hewan-hewan itu kelimpungan walaupun sehat, dan kemudian tampak normal saja.

Dalam beberapa kejadian, hewan-hewan itu mati membeku atau bahkan terbungkus dalam balok es. Hal itu terjadi ketika mereka terbawa hingga ke tempat tinggi yang suhunya di bawah suhu nol derajat.

Kejadian terkini hujan kodok adalah di Siberia (2005) dan London (1998), lalu hujan es di India (2006) dan Wales (2004).

2. Semesta Berwarna Krim

5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata
Cosmic Latte adalah warna semesta kita, demikian menurut tim astronomi John Hopkins University. Ya, latte adalah warna kopi susu.

Pada 2001, Karl Glazebrook dan Ivan Baldry menentukan bahwa warna semesta adalah putih kehijauan, tapi segera memperbaiki dugaan mereka sebagaimana dilaporkan dalam makalah "The 2dF Galaxy Redshift Survey: constraints on cosmic star-formation history from the cosmic spectrum" terbitan 2002.

Dalam makalah tersebut, mereka melaporkan hasil survei semua warna di semesta menjurus kepada putih susu. Survei dilakukan terhadap 200 ribu tata surya dan mengukur bentang spectral cahaya dari volume besar semesta ini. Nilai heksadesimal RGB untuk warna Cosmic Latte adalah #FFF8E7.

Glazebrook secara bercanda mengatakan bahwa ia mencari usulan nama untuk warna baru tersebut. Beberapa orang yang membaca artikel menuliskan usulan-usulan, dan dipilihlah nama "Cosmic Latte."

3. Menari karena Keracunan

5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata
Mania menari adalah nama yang diberikan kepada fenomena yang terjadi terutama di daratan Eropa dari Abad ke-14 hingga ke-17, yaitu ketika kelompok-kelompok orang menari di jalan-jalan desa dan kota.

Kadang-kadang mereka melakukannya dengan mulut berbusa atau berbicara bahasa tak dikenal hingga mereka akhirnya pingsan kelelahan.

Wabah utama yang pertama terjadi di Aachen, Jerman, pada Juli 1374. Para penari berkerumun di jalan sambil menjerit-jerit tentang penglihatan aneh dan terkadang lanjut bergoyang dan berputar hingga pingsan.

Wabah menari itu segera menyebar ke seluruh Prancis. Puncaknya terjadi pada 1418 di Strasbourg.

Setidaknya, dalam suatu kejadian, begitu banyak orang yang terdampak -- baik yang tergerak untuk menari, terjebak di tengah tarian, atau sekedar membantu, sehingga kota itu lumpuh.

4. Bulan Menjauhi Bumi

5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata
Lintasan orbit Bulan mengelilingi Bumimemang semakin membesar dengan laju 3,8 sentimeter per tahun. Angka yang cukup kecil dibandingkan dengan radius orbit sebesar 384 ribu kilometer.

Alasan penambahan lebar orbit adalah karena Bulan menyebabkan air pasang di Bumi. Karena sisi Bumi yang menghadap Bulan berjarak lebih dekat, maka sisi itu lebih merasakan tarikan gravitasi dibandingkan dengan pusat Bumi.

Sementara itu, bagian Bumi yang menjauh dari Bulan merasakan gravitasi lebih kecil dibandingkan dengan pusat Bumi. Dampak dua kejadian itu adalah semakin pepatnya Bumi.

Diperkirakan, dalam 15 miliar tahun, orbit akan stabil pada 1,6 kali ukuran orbit yang sekarang. Panjang satu bulan di Bumi adalah 55 hari, setara dengan waktu yang diperlukan Bulan untuk mengorbit Bumi.

5. Daki Pusar

5 Fakta Ilmiah Yang Terdengar Aneh Tapi Nyata
Banyak orang yang mengamati di awal atau akhir hari adanya gumpalan benang yang hadir dalam lubang pusar. Sudah cukup lama keberadaan benda itu menjadi pertanyaan.

Pada 2001, Dr. Karl Kruszelnicki dari University of Sydney, Australia, melakukan survei sistematis untuk menentukan masuk dan keluarnya benang di pusar.

Temuan utamanya adalah bahwa gumpalan benang terutama berasal dari serta pakaian seseorang bercampur dengan beberapa sel kulit mati dan bulu tubuh. Sel-sel yang membusuk itu dapat menghasilkan bau tak sedap.

Berlawanan dengan dugaan, benang pusar sepertinya bergerak ke atas dari celana dalam, bukannya bergerak ke bawah dari pakaian atau atasan. Proses migrasi itu adalah hasil dari gesekan bulu tubuh pada celana dalam sehingga menarik serat lepasan menuju pusar.
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
sebuah fenomena unik
ooh gitu..bru tau ane.. nice info gan
emoticon-Jempol
alhamdulillah semoga kalian bisa tau yang 5 lagi ilmiah nya
Ujan kodok ?

Apakah mereka berasal dari cebong-cebong di marih ?
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
nomor 5 mantul emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
mantul kek mana nomor 5 tu
Quote:


Mantul bagai mana 5 itu
Bawah ane klonengan
Quote:


Aneh tapi nyata


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di