- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Motor 2-Tak Yang Masih Diminati Sampai Sekarang


TS
MateKribbs
Motor 2-Tak Yang Masih Diminati Sampai Sekarang
BISMILLAHIROHMANIROHIM
Insya Allah ga
soalnya bikin thread karena lagi nostalgia ke jaman-jaman 90-an sampe awal 2000. Maaf juga gan klo threadnya jelek, soalnya seringan jadi SR 


Motor 2 tak selalu punya kharisma lebih dibanding motor 4 tak, selain tenaga yang lebih responsif, 2 tak juga punya tenaga yang bisa dibilang 'liar' dibanding motor 4 tak. Langsung aja yuk kita bahas motor 2 tak yang sampe sekarang masih sering ngebulin jalanan, ataupun yang jarang ngebulin tapi masih banyak peminatnya.
Spoiler for Suzuki Satria:
Suzuki Satria 120 R adalah varian bebek/moped underbone dua langkah (2-tak) dari pabrikan Suzuki. Satria 120 pertama hadir di Indonesia tahun 1997 dengan varian pertamanya yaitu Suzuki Satria 120 S, versi kopling semi otomatis dengan 5 percepatan. Lalu disusul kelahiran adiknya pada tahun 2002, Suzuki Satria 120 RU, mengusung kopling manual dengan 6 percepatan, dengan model body yang sama dengan adiknya, memiliki perbedaan besar pada bagian mesin; engine starter, jumlah percepatan, tipe kopling, dll. Hingga pada tahun 2003, hadirlah versi impor dari pabrikan, mengusung perubahan total pada desain body dan kandungan material yang nyaris secara keseluruhan diimpor langsung dari Malaysia.

Satria R

Satria Hiu

Satria R

Satria Hiu
Spoiler for Yamaha F1ZR:
Tentunya situ nyang ngakunya bikers gaul pasti sudah tidak asing kan dengan nama Yamaha F1ZR? iya itu lho motor bebek 2 tak nyang sering naik podium dikancah adu kebut pasar senggol era 90′an akhir ampe 2000′an awal. Tapi sebelum era F1ZR berjaya dipasaran, sebenernya ni motor terlebih dulu melenggang dengan produk pendahulunya yakni Force One.Diawal-awal kemunculannya tahun 93/94′an ni Force One banyak mencuri perhatian kaum penyemplak bebek, bagemana tidak? dengan model nyang bisa dikatakan ‘almost sporty’ diantara produk-produk bebek 2 tak kompetitor waktu itu, motor ini memberikan pilihan berbeda kebanyak konsumen. Oo..iya sebage catatan aja, ni motor kala itu bisa dikatakan sebage produk global lho…lha wong di Thailand, Vietnam, Malaysia dan beberapa negara Amerika Latin macam Argentina juga memasarkan produk serupa, dan hebatnya lagi negera-negara tersebut kompakan melabeli moped 110cc buatan Yamaha ini dengan nama SS 110.

Spoiler for Honda Nova Dash:
Terlahir setelah melalui masa transisi dari varian Dash ke New Dash ditahun 1998, perubahan design body menuju ketatanan lebih sporty adalah tajuk utama pada motor sport keluaran AP Honda Thai ini. Walaupun masih mengadop spek mesin dari sang pendahulu yaitu Nova Dash 125cc, saya rasa soal performa motor ini tidak usah diragukan lagi kedigjayaannya dikancah motor cub 2 stroke bermesin hyper. Ya! soal power motor ini memang terbaik dikelasnya, tidak berlebihan bukan jika saya mengatakan demikian?
125cc 2 tak mesin tegak layaknya motor batangan, berpendingin cair, berkarburator Keihin PE24, 6 speed, berkompresi padat 7.0:1, serta memiliki model rangka deltabox layaknya motor sport tulen yang mampu menggendong keliaran daya dari ganasnya output power mesin, adalah gambaran sempurna untuk bebek yang memiliki cita rasa premium serta high technology. Belum lagi daya kuda yang dimuntahkan juga relatif besar yakni 22ps pada 9.000rpm, lengkap sudah pembuktian diatas kertas bahwa New Nova Dash merupakan perpaduan apik antara maskulinitas serta speed freak yang terkandung didalam auranya. Berbicara soal design body, sudah cukup jelas bahwa roh sporty yang terkandung dari varian sport batangan Honda NSR 150 SP telah menurun kemotor bebek eksotis yang pernah tercipta kemuka bumi ini. Tengoklah model tail serta head lampnya, bukankah itu model NSR 150 SP yang dieja wantahkan kebentuk tiny bukan? Lekukan-lekukan dinamis yang ada pada sepanjang body belakang hingga center bone, sudah cukup untuk menilai bahwa dimensi yang proporsional sebagai bebek sporty layak disandangkan pada New Nova Dash. Dan untuk penguat image tersebut, corak grafis striping yang ada disekujur tubuh motor layak dinobatkan sebagai design tercantik pada bidangnya. Last sebagai penutup. Motor yang diawal tahun 2000′an lampau pernah juga wara-wiri dijalanan negeri ini yang masuk via importir umum, tercatat pernah menghiasi hati para penikmatnya guna menunggangi dengan penuh kebanggaan. Yeah! 2 tak tetaplah 2 tak, apalagi dengan purwa rupa yang sedemikian memikat, maka tak jarang walaupun keberadaannya bagaikan berlian yang terselip diantara gundukan pasir, Honda New Nova Dash 125 merupakan barang incaran para kolektor item motor eksotis.
125cc 2 tak mesin tegak layaknya motor batangan, berpendingin cair, berkarburator Keihin PE24, 6 speed, berkompresi padat 7.0:1, serta memiliki model rangka deltabox layaknya motor sport tulen yang mampu menggendong keliaran daya dari ganasnya output power mesin, adalah gambaran sempurna untuk bebek yang memiliki cita rasa premium serta high technology. Belum lagi daya kuda yang dimuntahkan juga relatif besar yakni 22ps pada 9.000rpm, lengkap sudah pembuktian diatas kertas bahwa New Nova Dash merupakan perpaduan apik antara maskulinitas serta speed freak yang terkandung didalam auranya. Berbicara soal design body, sudah cukup jelas bahwa roh sporty yang terkandung dari varian sport batangan Honda NSR 150 SP telah menurun kemotor bebek eksotis yang pernah tercipta kemuka bumi ini. Tengoklah model tail serta head lampnya, bukankah itu model NSR 150 SP yang dieja wantahkan kebentuk tiny bukan? Lekukan-lekukan dinamis yang ada pada sepanjang body belakang hingga center bone, sudah cukup untuk menilai bahwa dimensi yang proporsional sebagai bebek sporty layak disandangkan pada New Nova Dash. Dan untuk penguat image tersebut, corak grafis striping yang ada disekujur tubuh motor layak dinobatkan sebagai design tercantik pada bidangnya. Last sebagai penutup. Motor yang diawal tahun 2000′an lampau pernah juga wara-wiri dijalanan negeri ini yang masuk via importir umum, tercatat pernah menghiasi hati para penikmatnya guna menunggangi dengan penuh kebanggaan. Yeah! 2 tak tetaplah 2 tak, apalagi dengan purwa rupa yang sedemikian memikat, maka tak jarang walaupun keberadaannya bagaikan berlian yang terselip diantara gundukan pasir, Honda New Nova Dash 125 merupakan barang incaran para kolektor item motor eksotis.

Spoiler for Yamaha 125Z:
Tentu saja Yamaha Indonesia belum pernah mengeluarkan model dengan nama “Legenda”. Khusus untuk pasar motor di tanah air. Yamaha 125Z dianggap legenda kemungkinan besar karena beberapa faktor, antara lain karena faktor warisan mesin 2 tak yang relatif hampir punah, masa edar yang relatif sangat pendek, hanya di sekitar tahun 2001 – 2002 (cmiiw), dan performa dan spesifikasi yang mumpuni. Lho? Memang seperti apa spec-nya? Simak ajah…
Diklaim low emissions dan low maintenance. Dengan bobot 101 kg, rasio kompresi 6,5:1 dan keluaran tenaga mencapai 17,5 ps @ 8000 rpm dan torsi 16,1Nm @ 7500 rm, motor ini menawarkan tenaga melimpah dibalik body yang ‘mungil’.
Diklaim low emissions dan low maintenance. Dengan bobot 101 kg, rasio kompresi 6,5:1 dan keluaran tenaga mencapai 17,5 ps @ 8000 rpm dan torsi 16,1Nm @ 7500 rm, motor ini menawarkan tenaga melimpah dibalik body yang ‘mungil’.

Spoiler for Yamaha RX King:
Siapa yang ga tahu RX-King. Itu lho motor 2 tak yang terkenal pas tahun 1980-an ama 1990-an sebagai motornya penjambret. Kalau diitung-itung motor ini panjang umur juga ya di Indonesia. Keluarnya tahun 1983 dan discontinue 2008, wogh berati 25 tahun masa produksi tanpa perubahan body yang berarti waooow… Dan kalau ditambah RX-K yang masuk Indonesia, berati umur motor ini 29 tahun, soale RX-K masuk pada 1980. Ngomong-ngomong soal RX-K, motor ini mesinnya hampir sama dengan RX-King, bedanya RX-King udah YEIS, RX-K belum. Mungkin ente-ente sudah jarang melihat RX-K ya :mrgreen: , wong lihat RX-King aja belum tentu tiap hari kok hehehe. Ya iyalah, dan lagi banyak RX-K yang dimodif jadi RX-King.
Dan memang kalau mau bercerita sejarah RX-King memang harus ngomongno RX-K sisan, ya gimana lagi, mereka masih saudara kandung kayak Honda Kharisma-Supra X 125, mesinnya hampir sama, cuma beda beberapa komponen
Aslinya RX-K adalah obsesi Yamaha Jepang sono buat membuat motor dengan cc-kecil tapi larinya kayak Harley Davidson. Pada 1970 dikembangkanlah RX-K 135cc, tapi memang RX-K ga berumur lama di Jepang, makanya sekarang sendiri susah cari peninggalan RX-K di Jepang. Btw katanya jaman dulu anggota gangster Yakuza suka naek RX-K lho — ya katanya orang-orang Jepang yang udah tua lho.
Ceritanya berlanjut di Indonesia (ya RB92 aja lahrinya 1992 hehehe) pada tahun 1980, YMKI memasukan motor RX-K 135cc (pasnya sih 132cc), kalau dipelototin saingannya ya Honda GL125 (katanya papa waktu itu belum ganti nama jadi GL Max :mrgreen: ). Karena RX-K 2 tak 135cc dan GL125 ya 125cc 4 tak, jelas GL125 kalah di aspal, namun mungkin masih menang di penjualan (yang senior dan yang tahu monggo coment). Kalau buat ukuran tahun 1980 power RX-K yang 17,5Hp @ 7500rpm dan bisa digas sampe 150kph itu udah edan sen cin ping. Tapi mungkin awal tahun 1980-an masih jaman kejayaannya sport Honda (dengan GLSeries, CBSeries – CB100 generasi terakhir, dan CG Series), maka mungkin Yamaha RX-K kurang laku, Gak heran umur RX-K ini pendek, mulai masuk 1980 dan selesai produksi tahun 1983 pokoknya sampai RX-King dilaunching.
Dan memang kalau mau bercerita sejarah RX-King memang harus ngomongno RX-K sisan, ya gimana lagi, mereka masih saudara kandung kayak Honda Kharisma-Supra X 125, mesinnya hampir sama, cuma beda beberapa komponen

Aslinya RX-K adalah obsesi Yamaha Jepang sono buat membuat motor dengan cc-kecil tapi larinya kayak Harley Davidson. Pada 1970 dikembangkanlah RX-K 135cc, tapi memang RX-K ga berumur lama di Jepang, makanya sekarang sendiri susah cari peninggalan RX-K di Jepang. Btw katanya jaman dulu anggota gangster Yakuza suka naek RX-K lho — ya katanya orang-orang Jepang yang udah tua lho.
Ceritanya berlanjut di Indonesia (ya RB92 aja lahrinya 1992 hehehe) pada tahun 1980, YMKI memasukan motor RX-K 135cc (pasnya sih 132cc), kalau dipelototin saingannya ya Honda GL125 (katanya papa waktu itu belum ganti nama jadi GL Max :mrgreen: ). Karena RX-K 2 tak 135cc dan GL125 ya 125cc 4 tak, jelas GL125 kalah di aspal, namun mungkin masih menang di penjualan (yang senior dan yang tahu monggo coment). Kalau buat ukuran tahun 1980 power RX-K yang 17,5Hp @ 7500rpm dan bisa digas sampe 150kph itu udah edan sen cin ping. Tapi mungkin awal tahun 1980-an masih jaman kejayaannya sport Honda (dengan GLSeries, CBSeries – CB100 generasi terakhir, dan CG Series), maka mungkin Yamaha RX-K kurang laku, Gak heran umur RX-K ini pendek, mulai masuk 1980 dan selesai produksi tahun 1983 pokoknya sampai RX-King dilaunching.

Spoiler for Suzuki RG:
Siapa yang tidak kenal Suzuki RGR. Pada zaman keemasannya, motor sport keluaran Suzuki ini sempat menjadi idola para speed freak di era 90an sebelum Honda NSR dan Kawasaki Ninja menggeser dominasinya. Di luncurkan pertama kali oleh Suzuki sekitar tahun 1990/1991. Motor berdaya kuda 26, 5ps dengan berat kosong sangat ringan 99,8kg dalam kondisi standart kecepatan puncak dengan mudah bisa mencapai 176km/jam (Pengalaman pribadi). Cuma sayang RGR hanya mengandalkan mesin tekhnologi bisa di bilang jadul. Mengandalkan pendingin udara, tanpa fitur-fitur istimewa didalamnya, RGR konsumsi bensin lumayan boros.
Spesifikasi Suzuki RGR:
MODEL RG-V (SS)
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters


Spesifikasi Suzuki RGR:
MODEL RG-V (SS)
DIMENSION AND DRY MASS L x H x W 680 x 1,970 x 1,120 m.m.
WEIGHT 99.8 kg.
PERFORMANCE
—MAXIMUM H.P. 26.5 PS. at 9,500 RPM.
—MAXIMUM TORQUE 2.1 kg.m. at 8,000 RPM.
ENGINE TYPE 2 stroke, forced air-cooled
FUEL SYSTEM SSS and SIPC
PISTON DISPLACEMENT 147 C.C.
BORE x STROKE 59.0 x 54.0 m.m.
INTAKE SYSTEM Piston and reed valve
STARTET SYSTEM Primary kick
LUBRICATION SYSTEM SUZUKI “CCIS”
TRANSMISSION CLUTCH SYSTEM Wet multi-plate type
TRANSMISSION 6 speed constant mesh
CHASSIS
—FRONT SUSPENSION Telescopic, coil Spring, oil dampened
—REAR SUSPENSION Swinging arm, oil dampened
FRONT TIRE SIZE 2.75 – 18 4PR
REAR TIRE SIZE 3.00 – 18 4PR
FUEL TANK INCLUDING RESERVE 11 liters
CCI ENGINE OIL TANK 1.2 liters


Spoiler for Kawasaki Ninja:
Ninja R (SS) siapa yang tak kenal dengan salah satu keluarga besar Kawasaki Ninja yang satu ini, khususnya di Indonesia. Kawasaki Ninja R yang di luar negeri sana di kenal dengan nama Kawasaki Vicktor. Konsumen Motor Indonesia termasuk beruntung karena di sini embel-embel Ninja dihalalkan oleh Kawasaki Global untuk di sematkan pada Kawasaki Vicktor sehingga terwujudlah sebuah nama KAWASAKI NINJA pada motor 2 tak tersebut. Ninja 150R Melegenda di Semua Lintasan. Di roda race, sebelum kelas 150 tune-up ditutup, Kerry ‘Bob’ Hutama disegani lawan dengan Ninja 150. Di grasstrack dan drag bike sampai saat ini masih lumayan banyak penggunanya. Belum lagi komunitas yang tersebar di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Balikpapan-Samarinda.
Enggak berlebihan deh, Ninja 150 jadi sosok sport dua langkah terkencang yang masih diproduksi saat ini. “Kita masih jamin kalau Ninja tetap lulus uji emisi Euro II. Ini hasil aplikasi teknologi ramah lingkungan,” beber Reiner Sitorus, Technical Service Manager, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Jakarta.
Pantas saja meski Ninja sampai saat ini sudah 12 tahun mengudara, namun tetap dilirik pemakai. Bahkan bekasnya masih tetap laku. Dua generasi mesin Ninja 150 punya kelebihan dan kekurangan. Keduanya jadi ukuran produsen Kawasaki di Indonesia untuk mengevaluasi produknya. Artinya, ini semua disesuaikan pengembangan teknologi.
Mesin 1855 untuk Ninja 150 versi 1996-2001 punya kelebihan di kruk-as. Crankshaft di mesin 1855 lebih berat dan diameter bandul sedikit lebih besar. “Makanya banyak mekanik yang masih ngorek Ninja nyari kruk-as dari 1855,” beber Adriansyah yang sempat ngeset Ninja 150R di tim Gassoli. Waktu itu digas Felix Judianto.
Tapi, tetap ada kekurangannya mesin 1855. Masalahnya lubang bearing di crankcase lemah. Kruk-as gampang goyang karena beban bandul yang berat dan torsi yang besar.
Masuk era 2002 sampai 2006 September kekurangan crankcase 1855 dibenahi di mesin 1878. Lubang crankcase untuk bearing kruk-as dirancang ulang. Ini dibenahi dengan membuat lubang seperti bos. Jadi, lapisan pinggir lubang jauh lebih tebal.
“Trik seperti ini bisa diaplikasi buat Ninja 1996 sampai sebelum 2002. Lubangnya tambah daging aja untuk diperkuat,” ulas Panda Kuswandi, mekanik spesialis Ninja 150 yang bermarkas di Ciputat, Tangerang.
Oktober 2006 sampai sekarang semua varian Ninja 150 kembali lagi menggunakan mesin 1855. Bedanya diameter bandul kruk sedikit lebih kecil dan ringan dibanding sebelumnya. Lubang crankcase untuk bearing kruk-as dibikin lagi tanpa bos.

Ninja R

Ninja RR
Enggak berlebihan deh, Ninja 150 jadi sosok sport dua langkah terkencang yang masih diproduksi saat ini. “Kita masih jamin kalau Ninja tetap lulus uji emisi Euro II. Ini hasil aplikasi teknologi ramah lingkungan,” beber Reiner Sitorus, Technical Service Manager, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Jakarta.
Pantas saja meski Ninja sampai saat ini sudah 12 tahun mengudara, namun tetap dilirik pemakai. Bahkan bekasnya masih tetap laku. Dua generasi mesin Ninja 150 punya kelebihan dan kekurangan. Keduanya jadi ukuran produsen Kawasaki di Indonesia untuk mengevaluasi produknya. Artinya, ini semua disesuaikan pengembangan teknologi.
Mesin 1855 untuk Ninja 150 versi 1996-2001 punya kelebihan di kruk-as. Crankshaft di mesin 1855 lebih berat dan diameter bandul sedikit lebih besar. “Makanya banyak mekanik yang masih ngorek Ninja nyari kruk-as dari 1855,” beber Adriansyah yang sempat ngeset Ninja 150R di tim Gassoli. Waktu itu digas Felix Judianto.
Tapi, tetap ada kekurangannya mesin 1855. Masalahnya lubang bearing di crankcase lemah. Kruk-as gampang goyang karena beban bandul yang berat dan torsi yang besar.
Masuk era 2002 sampai 2006 September kekurangan crankcase 1855 dibenahi di mesin 1878. Lubang crankcase untuk bearing kruk-as dirancang ulang. Ini dibenahi dengan membuat lubang seperti bos. Jadi, lapisan pinggir lubang jauh lebih tebal.
“Trik seperti ini bisa diaplikasi buat Ninja 1996 sampai sebelum 2002. Lubangnya tambah daging aja untuk diperkuat,” ulas Panda Kuswandi, mekanik spesialis Ninja 150 yang bermarkas di Ciputat, Tangerang.
Oktober 2006 sampai sekarang semua varian Ninja 150 kembali lagi menggunakan mesin 1855. Bedanya diameter bandul kruk sedikit lebih kecil dan ringan dibanding sebelumnya. Lubang crankcase untuk bearing kruk-as dibikin lagi tanpa bos.

Ninja R

Ninja RR
Spoiler for Yamaha TZM 150:
Memang tanpa cela melihat model serta power yang ada pada motor sport batangan satu ini. Cuma satu kelemahan dari produk unggulan pabrikan garpu tala tersebut, yaitu banderol harga yang tidak terjamah oleh sebagaian besar rakyat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, depresiasi nilai tukar mata uang asing terutama dollar di akhir tahun 90′an sangatlah gila-gilaan hingga mempengaruhi efek nilai jual dari Yamaha TZM 150. Benar!, TZM 150 kala itu hadir dengan sosok yang sempurna sebagai motor batangan dengan tema sporty tulen, tapi sayang sungguh sayang, kehadirannya dirasa kurang tepat karena imbas dari krisis moneter sangat berasa pada jumlah edar yang ada dinegeri ini.
Okeiii, sekarang kita tengok dari sisi penampilan. Secara garis besar, TZM 150 merupakan gabungan dari mode motor sport batangan 2 era, kenapa bisa begitu?. Tengok saja pada sektor fairing depan, sudut garis tajam meruncing dengan head lamp serta signal lamp yang menyipit, bisa disimpulkan bahwa design pada fairing depan mengadop modern style layaknya fairing kebanyakan motor sport keluaran era 2000′an keatas. Dan classy style pada motor ini diwakili pada design buritan. Penampakan stop lamp yang membulat dengan mode body yang agak tembem kurang slim, serta design jok yang masih menyatu antara rider dan boncenger sangat kentara dengan tampilan motor-motor sport era 90′an kebawah. So, bisa digaris bawahi bahwa TZM 150 mempunyai cita rasa transisi dari dua era, kerennnn!
Lantas bagaimana dengan performa? apakah dengan tampilan yang aduhai juga berimbas pada ouput daya yang super aduhai atau malah dibawah ekspektasi?. Jika menilik dari data yang ada, dengan daya kuda mencapai 36.0 ps @ 10.500 rpm, hmmm…bisa dikatakan TZM 150 hadir tanpa ada perlawanan yang berarti diantara motor sport yang ada kala itu. Coba bandingkan RGR 150 keluaran Indomobil Group, jelas jauh lebih superior si TZM 150, kalo dengan NSR 150 R keluaran AHM, ahhh…juga masih unggul diperforma oleh TZM 150, kalo dengan Ninja 150 nya KMI, yeah hampir bisa nempel tapi kesan eksotis masih tetap unggulan TZM 150 lahhh.
Dengan spek keseluruhan yakni mesin berteknologi 2 langkah, liquid cooler, berkubikasi 147cc (bore x stroke = 59.0 x 54.0 mm), dengan kompresi 6.0 : 1, serta masih mengandalkan karbu Mikuni bermoncong 30SS untuk mengolah pasokan bahan bakar ke ruang bakarnya, motor ini sanggup berlari layaknya jet darat. Tidak lupa fitur teknologi berupa YPVS (Yamaha Power Valve System) yang bisa dikatakan tugas kerjanya hampir mirip dengan RC-Valve nya NSR, dimana alat tersebut mengontrol lubang buang secara mekanis elektrik, maka lengkap sudah kedigdayaan motor tersebut dikancah adu kebut jalanan.
Last, itulah sedikit gambaran cerita mengenai Yamaha TZM 150. Yang walaupun jumlah keberadaanya tidak tergolong banyak di negeri ini, tapi pesona eksotisme dari motor tersebut tidak bisa terbantahkan. Bahkan menurut pandangan saya, aura sport tulen dari TZM 150 sampai detik ini belum bisa tergantikan oleh produk 4 tak YMKI yang ada, gimana YMKI mau kah ‘anda’ me reborn TZM 150 dengan versi yang lebih ramah lingkungan?

Okeiii, sekarang kita tengok dari sisi penampilan. Secara garis besar, TZM 150 merupakan gabungan dari mode motor sport batangan 2 era, kenapa bisa begitu?. Tengok saja pada sektor fairing depan, sudut garis tajam meruncing dengan head lamp serta signal lamp yang menyipit, bisa disimpulkan bahwa design pada fairing depan mengadop modern style layaknya fairing kebanyakan motor sport keluaran era 2000′an keatas. Dan classy style pada motor ini diwakili pada design buritan. Penampakan stop lamp yang membulat dengan mode body yang agak tembem kurang slim, serta design jok yang masih menyatu antara rider dan boncenger sangat kentara dengan tampilan motor-motor sport era 90′an kebawah. So, bisa digaris bawahi bahwa TZM 150 mempunyai cita rasa transisi dari dua era, kerennnn!
Lantas bagaimana dengan performa? apakah dengan tampilan yang aduhai juga berimbas pada ouput daya yang super aduhai atau malah dibawah ekspektasi?. Jika menilik dari data yang ada, dengan daya kuda mencapai 36.0 ps @ 10.500 rpm, hmmm…bisa dikatakan TZM 150 hadir tanpa ada perlawanan yang berarti diantara motor sport yang ada kala itu. Coba bandingkan RGR 150 keluaran Indomobil Group, jelas jauh lebih superior si TZM 150, kalo dengan NSR 150 R keluaran AHM, ahhh…juga masih unggul diperforma oleh TZM 150, kalo dengan Ninja 150 nya KMI, yeah hampir bisa nempel tapi kesan eksotis masih tetap unggulan TZM 150 lahhh.
Dengan spek keseluruhan yakni mesin berteknologi 2 langkah, liquid cooler, berkubikasi 147cc (bore x stroke = 59.0 x 54.0 mm), dengan kompresi 6.0 : 1, serta masih mengandalkan karbu Mikuni bermoncong 30SS untuk mengolah pasokan bahan bakar ke ruang bakarnya, motor ini sanggup berlari layaknya jet darat. Tidak lupa fitur teknologi berupa YPVS (Yamaha Power Valve System) yang bisa dikatakan tugas kerjanya hampir mirip dengan RC-Valve nya NSR, dimana alat tersebut mengontrol lubang buang secara mekanis elektrik, maka lengkap sudah kedigdayaan motor tersebut dikancah adu kebut jalanan.
Last, itulah sedikit gambaran cerita mengenai Yamaha TZM 150. Yang walaupun jumlah keberadaanya tidak tergolong banyak di negeri ini, tapi pesona eksotisme dari motor tersebut tidak bisa terbantahkan. Bahkan menurut pandangan saya, aura sport tulen dari TZM 150 sampai detik ini belum bisa tergantikan oleh produk 4 tak YMKI yang ada, gimana YMKI mau kah ‘anda’ me reborn TZM 150 dengan versi yang lebih ramah lingkungan?

Spoiler for Honda NSR:
Masih ingat NSR150SP??…motor legendaris keluaran Honda era 2000an. Walau sudah kemakan umur, tapi banyak biker menyatakan bahwa varian inilah raja 2tak sesungguhnya. Benarkah..??
Predikat NSR yang disematkan padanya memang bukan omong kosong. Banyak informasi yang menyatakan bahwa khusus versi SP, tenaga bisa tembus hingga 39,5@10,500rpm. Bandingkan dengan Ninja 150rr yang hanya berkisar diangka 30ps. Muntahan power ini dihasilkan oleh mesin 150cc, bore x stroke : 59 x 54,5 gearbox 6 speed menjadikan NSR150SP langganan juara ASEAN CUP. Jambakannya gimana??…..wis jangan diragukan kalau itu. Dijamin maknyus top markotop. IWB dulu pernah jajal NSR150rr…accelerasinya sudah nampol bener. Dan SP merupakan upgrade dari tipe RR. Lawong berat kosong hanya 122,4kg. Badan pasti serasa dilempar. Kelebihan NSR adalah torsi bawah hingga atas merata. Ini yang tidak bisa kita temui pada Ninja150rr dimana tendangan bawah masih kurang garang dibanding produk 2tak sekelas. Mungkin hanya Yamaha TZM serta Ninja 150krr SE yang bisa meladeni ketangguhannya. Bahkan kabarnya ketika ditest drag melawan CB400, NSR150SP bisa unggul tipis…..
Secara fisik, swing arm telah mengadopsi monoarm sistem layaknya sang kakak MC28 NSR250. Kestabilan jangan diragukan lagi. Dan asyiknya mzbro…pada masanya, jok NSR150SP sudah terbilang maju yakni menganut split seat tidak kalah dengan motorsport jaman sekarang. Style, speed serta handling….NSR150SP punya semuanya. Aura garang secara visual terwakili pula oleh laburan Repsol khas baju kebesaran tim balap Honda. Seandainya saja pabrikan sayap mengepak masih memproduksinya…….pasti bakal banyak yang tergiur. Sayang semua hanya dalam mimpi.

NSR R

NSR RR Astra

NSR New RR

NSR SP
Predikat NSR yang disematkan padanya memang bukan omong kosong. Banyak informasi yang menyatakan bahwa khusus versi SP, tenaga bisa tembus hingga 39,5@10,500rpm. Bandingkan dengan Ninja 150rr yang hanya berkisar diangka 30ps. Muntahan power ini dihasilkan oleh mesin 150cc, bore x stroke : 59 x 54,5 gearbox 6 speed menjadikan NSR150SP langganan juara ASEAN CUP. Jambakannya gimana??…..wis jangan diragukan kalau itu. Dijamin maknyus top markotop. IWB dulu pernah jajal NSR150rr…accelerasinya sudah nampol bener. Dan SP merupakan upgrade dari tipe RR. Lawong berat kosong hanya 122,4kg. Badan pasti serasa dilempar. Kelebihan NSR adalah torsi bawah hingga atas merata. Ini yang tidak bisa kita temui pada Ninja150rr dimana tendangan bawah masih kurang garang dibanding produk 2tak sekelas. Mungkin hanya Yamaha TZM serta Ninja 150krr SE yang bisa meladeni ketangguhannya. Bahkan kabarnya ketika ditest drag melawan CB400, NSR150SP bisa unggul tipis…..
Secara fisik, swing arm telah mengadopsi monoarm sistem layaknya sang kakak MC28 NSR250. Kestabilan jangan diragukan lagi. Dan asyiknya mzbro…pada masanya, jok NSR150SP sudah terbilang maju yakni menganut split seat tidak kalah dengan motorsport jaman sekarang. Style, speed serta handling….NSR150SP punya semuanya. Aura garang secara visual terwakili pula oleh laburan Repsol khas baju kebesaran tim balap Honda. Seandainya saja pabrikan sayap mengepak masih memproduksinya…….pasti bakal banyak yang tergiur. Sayang semua hanya dalam mimpi.

NSR R

NSR RR Astra

NSR New RR

NSR SP
Naaah dari ane itu aja, barangkali agan-agan punya pendapat lain atau mau nambahin monggo nanti ane taro di pejwan. Atau agan-agan ada yang pernah punya atau sekedar kepengen tapi belom kesampean share aja gan. Kalo ane sih kepengen banget punya Honda Nova Dash, soale larinya gawat gan, dasar motor thailand emang settingan balap semua kali. Sekarang ane punya NSR aja gan, tapi dipakenya cuma buat sekedar jalan-jalan atau kumpul sama temen-temen club NSR. Nih penampakannya gan...
Spoiler for Noisy Boy:
Udah yaa gan gitu aja, salam ngebul sesama pecinta 2-tak. Ane cuma mau sedikit nostalgia seputar 2tak. Yang punya ijo-ijo boleh laah lemparin ke ane

0
67.6K
Kutip
365
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan