CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Cerita Pejalan Domestik /
Solo Traveling di Bandung Selama 3 Hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c1de77310d2951fd856fb4a/solo-traveling-di-bandung-selama-3-hari

Solo Traveling di Bandung Selama 3 Hari

Hallo agan dan aganwati welcome back to my tritemoticon-Jempol. Di trit kali ini ane mau bawa agan dan aganwati pergi ke daerah yang gak asing sih emoticon-Wakakaya semua orang tau namanya Bandungemoticon-Ngakak. Diperjalanan kali ini ane pergi sendiri karena memang coba lagi solo traveling (ini yg kedua) emoticon-Matabelo. Daripada banyak cingcong yok kita langsung ke ceritanyaemoticon-Travelleremoticon-Traveller.


Day 1, 17 Desember 2018

Di hari pertama perjalanan ke Bandung ini ane seperti biasa bangun pagi jam 04.30 karena ane mau berangkat pagi jam 05.30 dengan menggunakan mobil pribadi agar tidak terjebak macet karena hari itu hari senin hari kerja cuyyemoticon-Matabelo. Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung ditempuh dalam waktu 3 jam ya normal sih biasanya kalo macet bisa 4 jam lebih soalnyaemoticon-Ngakak. Selama perjalanan ane sudah membuat rundown ke utara Bandung (Lembang) dan selaatn Bandung (Ciwidey) karena ada beberapa tempat yang belum ane kunjungi disanaemoticon-Wow. Spot pertama yang ane kunjungi yaitu Dusun Bambu Lembang yang cukup terkenal karena tempatnya yang adem dan juga menarik apalagi anak-anak pada saat itu baru mau liburan smester jadi lumayan rame disanaemoticon-Jempol. Disana juga banyak spot menarik untuk berfoto dan bermain lohemoticon-Matabelo. Nyok di cekemoticon-Motret


Spoiler for Dusum Bambu Lembang:


Ya itulah gan foto-foto yang bisa ane ambil disana sebenernya ada foto drone cuman karena salah setting hasilnya gak bagusemoticon-Mewek. Disana memang tempatnya sejuk dan masih jauh dari polusi cocok buat kita-kita orang yang pusing kena asep kendaraan emoticon-Wakaka. Kalo bawa anak juga gak perlu khawatir karena banyak wahana bermain anak dan juga wisata alam agar anak-anak bisa bermain sambil belajaremoticon-Wow. Oiya tiket masuk ke Dusun Bambu itu hanya 25rb dan parkir 15rb untuk mobil ganemoticon-Jempol. Setelah disana 1,5jam akhirnya ane melanjutkan perjalanan ke spot selanjutnya yaitu Kawah Domasemoticon-2 Jempol. Awalnya ane udah sampe sana cuman tiket masuk kesana itu harus min 5 orang harganya 100rb berati perorang 20rb kan namun katanya tetep tiket masuk harus 100rb emoticon-Mewek. Awalnya ane mau masuk deh dengan biaya segitu cuman harus bayar lagi untuk drone jadi ane gak masuk keburu males dluanemoticon-Matabelo. Jadi untuk mempersingkat waktu disana dan juga udah bayar tiket masuk disana, oiya tiket masuk Kawah Domas masuk wilayah wisata Tangkuban Perahu untuk kawah Domas bayar lagi cuman ke Gunung Tangkuban Perahu udah free ganemoticon-Jempol. Harga tiket wisata Gunung Tangkuban Perahu itu 50rb memang lebih mahal namun worth kok ganemoticon-2 Jempol. Lanjut ke Perjalanan dari Kawah Domas ke Gunung Tangkuban Perahu sekitta 30 menit perjalanan nanjak terus gan jadi pastikan mobil dalam keadaan fit ya ganemoticon-2 Jempol. Akhirnya ane sampe di Tangkuban Perahu setelah 10 tahun belum kesana lagi ganemoticon-Ngakak. Ternyata udah banyak perbedaan dari segi jalan dan juga penertiban pedagangnnyaemoticon-Jempol. Ane sempet nanya ke orang setempat katanya dulu sekita 8 tahun lalu ada perubahan kepemilikan dulu yang punya kementrian kehutanan sekarang itu yang pegang swasta makanya drone harus ijin dan uang tambah lagiemoticon-Mewek. Nah ini gan ane perlihatkan Gunung Tangkuban Perahu nowemoticon-Motret

Spoiler for Gunung Tangkuban Perahu:


Kalo menurut ane tempat ini masih rame dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional karena pesona kawahnya yang masih bagus (ya tapi masih kalah sama Ijen yaemoticon-Ngakak) . Setelah puas menikamati udara sama ane pun makan siang disana makan mie tentunyaemoticon-Jempol.

Spoiler for Makan Cuyy:

Disana juga ada restoran gede buat keluarga sebenernya bisa juga makan disana cuman karena ane sendirian mending makan murah meriah aja emoticon-Ngakak. Perut kenyang ane lanjutkan perjalanan lagi ke De Ranch Lembangemoticon-Traveller. Jarak gak begitu jauh kok gan cuman karena jalannya gak selebar jalan provinsi dan lumayan rame saat itu jadi ane temput dalam waktu 1 jamemoticon-Wow. Jam 14.30 ane sudah sampe di De Ranch Lembang setelah ane telusuri wisata di disana itu bertemakan koboy ganemoticon-Jempol. Disana banyak kuda dan padang rumput karena koboy identik dengan ituemoticon-2 Jempol. Disana juga ada tempat makan juga kok gan jadi gak perlu repot bawa bekel emoticon-Wakaka. Harga tiket masuk De Ranch itu 15rb dan itu bisa dituker sama susuemoticon-Wow. Lagi-lagi untuk wisata di hari weekday ini termasuk sedang rame loh gan pada saat itu ada purusahaan gathering dan juga banyak keluarga yang menghabiskan waktui untuk berliburemoticon-Wow. Nah inilah De Ranch, aduh sayang gak boleh drone padahal bagus loh kalo dari atasemoticon-Motret


Spoiler for De Ranch:

Setelah puas foto-foto disana ane pun lanjut perjalanan ke Bandung kota karena letaknya yang berada di tengah gitu lohemoticon-2 Jempol. Perjalan dari De Ranch menuju hostel ane sekitar 1 jam udah termasuk cepat karena memang gak begitu macet kok ganemoticon-Jempol. Setelah ane cek-in ane pun istirahat sebentar karena malamnya ane mau makan kuliner Bandung yang pastinya enakk poollemoticon-2 Jempol. Oiya ane nginep di INAP at Capsule Hotel Bandung harganya waktu itu sih 107rb ane booking di Traveloka pastinyaemoticon-Matabelo. Nah ini gan motel aneemoticon-Motret


Spoiler for INAP at Capsule Hotel Bandung:


Setelah istirahat 1 jam dan mandi jam 19.00 ane baru keliaran cari kuliner Bandung ganemoticon-Jempol. Tempat yang ane kunjungi di hari pertama ini Mie Kocong Mang Dadengemoticon-Matabelo.

Spoiler for Mie Kocok Mang Dadeng:

Menurut ane yang rasanya enak gan kuahnya itu bener-bener kuah kaldu sapi asli enak banget dimakan saat hujan karena anget banget terus ditrambah potongan kikil yang emapuk dan mie+toge pokoknya mantep ganemoticon-Jempol. 1 porsi Mio Kocok Mang Dadeng itu 35rb gan emoticon-Wow. Setelah makan ane kembali ke hostel dan tiduremoticon-Ngakak.


Day 2, 18 Desember 2018

Di hari kedua ini ane pergi ke Selatan Bandung yaitu Ciwidey ganemoticon-Traveller. Tempat ane yang kunjungi bukan tempat mainstrim kaya Kawah Putih karena ane udah pernah bisa di cek kok https://www.kaskus.co.id/thread/59f7...tan-jawa-barathaha ngiklan dikit boleh yaemoticon-Matabeloemoticon-Ngakak. Perjalanan dimulai dari motel menuju spot pertama yaitu Air Panas Ciwaliniemoticon-Traveller. Perjalanan dari motel kesana ditempuh dalam waktu 1,5 jam emoticon-Matabelo. Jalan kesana bagus dan tidak ada halangan berati saat kesana cuman ya seperti biasa karena kita melewati dataran tinggi pasti jalan naik dan turun gan rem harus mantep ya jangan lupaemoticon-Ngakak. Setelah sampe disana ane kaget kenapa rame banget disanaemoticon-Mewek. Nih bisa di cek gan Air Panas Ciwaliniemoticon-Motret


Spoiler for Pemandian Air Panas Ciwalini:

 

Ramenya pake banget ganemoticon-Wowane kesana jadi cuman nongkrong aja gan sekitar 45 menitemoticon-Mewek. Ada cerita lucu saaat disana jadi ane ngerasa bosen soalnya gak bisa berendam dengan tenang disana jadi ane rencakan untuk pergi ke tempat selanjutnya cuman karena belum mandi jadi ane mandi dulu disanaemoticon-Jempol. Saat mau masuk kamar mandi ternyata disuruh oleh penjaganya mandi ada tempatnya sendiri terus ane masuk dan suruh bayar 20rb lagi untuk mandi disana (oiya tiket masuk Air Panas Ciwalini itu 25rb) karena emang pengen buru-buru mandi dan kejar waktu untuk tempat berikutnya ane pun bayar dan apa yang ane liat itu adalah iniemoticon-Matabelo
Spoiler for WHYYY:



Yang ane keselkan adalah kenapa ane gak daritadi kesini malah termenung liat orang-orang main airemoticon-Wakakapadahal bisa berendam disana emoticon-Ngakak. Lanjut perjalanan setelah mandi dan seger yaitu ke Ranca Upas yang lama temputnya hanya 30 menit emoticon-Jempol. Tiket ke Ranca Upas itu hanya 15rb emoticon-2 Jempolya cukup mumer lahemoticon-Ngakak. Di Ranca Upas itu ada 3 tempat utama yaitu emoticon-Motret

Spoiler for Camping Ground:


Menurut ane camping ground disana biasa aja karena ane udah biasa camping sih gan jadi nothing special emoticon-Ngakakcuman buat keluarga butuh tempat camping yang aman ya bisa disanaemoticon-Jempol. Nah tempat yang kedua yaitu emoticon-Motret
Spoiler for Kolam Renang:



Tempat kedua juga biasa aja gan dilihat dari pengunjung juga di tempat 1 dan 2 itu memang biasa gak begitu rame namun di tempat ketiga ini yang buat Ranca Upas beda dari wisata sekitar Ciwidey lainnyaemoticon-Jempolnah karena ada ini ganemoticon-Motret
Spoiler for Penangkaran Rusa:



Cuman hati-hati gan kalo ngasih makan rusa karena kadang-kadang rusa juga nanduk


Spoiler for Deer Attack:

Waduh pokoknya hati-hati deh ganemoticon-Mewek. Overal menurut ane tempat ini asik sih suasanya sejuk dan juga banyak yang jual makanan khas bandung seperti cimol, baso cuangki, batagor, dll pokoknya enak dehemoticon-Wow. Perjalanan ane harusnya dilanjutkan ke Curug Cipanji namun karena hujan terus sampe sore jadi ane gak jadi kesana karena pasti airnya sangat deras dan juga ane gak bawa jas hujan untuk tracking alhasil sore ane balik lagi ke hostel dehemoticon-Mewek. Sampai di hostel ane istirahat sebentar lagi karena jam 19.00 ane mau cari kulineran Bandung lagi dehemoticon-Ngakak. Kuliner ane malam itu adalah Warung Nasi Ceu Mar di Jalan Bragaemoticon-Jempol.

Spoiler for Warung Nasi Ceu Mar:


Disana banyak banget jenis makanan dari sayur, daging, kerang, dll pokoknya banyak deh cuman khasnya itu daging cincangnya gan yang enakemoticon-Jempol. Setelah makan ane balik ke hostel dan istirahat lagi dehemoticon-Jempol


Day 3, 19 Desember 2018
Hari terkahir ane di Bandung ane ditemani oleh temen kuliah ane yang asli Bandungemoticon-Jempol. Hari ke-3 ane pergi ke tempat yang dia rekomendasikan yaitu Orchid Forest Cikole di Lembang lagi ganemoticon-Ngakak. Perjalanan sama seperti sebelumnya bahkan lebih cepat karena lokasinya paling depan jika agan ke Lembang dari arah Bandung yaemoticon-Traveller. Tiket masuk Orchid Forerst Cikole itu sebesar 35rb ya normal kok gan gak seperti Kawah Domas emoticon-Ngakak. Objek wisata ini mengutamakan keanekaragaman jenis bunga terutama jenis anggrek yang banyak banget disanaemoticon-Matabelo. Sepanjang jalan agan-agan akan dimanjakan dengan melihat tanaman dan juga gak perlu khawatir panas karena disana banyak pohon pinus yang rindang emoticon-Wow. Disana juga agan bisa naik flaying fox hanya dengan membayar 20rb ya lumayan gan tes adrenalin dikitemoticon-Ngakak. Nah ini contoh bunga yang ada disanaemoticon-Motret


Spoiler for Flower:


Bahkan ada kaktus juga disanaemoticon-Wakakaada yang dijual juga disana gan harnga sekitar 100rb an ada juga yang sampe jutaan kalo mau beli sih bisa disana ganemoticon-Jempol.  Ada juga tempat yang unik bagi ane yaitu ada bangunan bentuk segita disana banyak ditanami tumbuhan yang digantung seperti bumi tapi ada tumbuhan diatasnyaemoticon-Ngakak
Spoiler for Unik:

Setelah ane tanya kenapa bisa bulet begitu tanahnya kok gak hancur ternyata ada serabut kelapa didalamnyaemoticon-Matabelolalu dibungkus tanah berhumus maka jadilah seperti ituemoticon-Jempol. Secara keseluruhan inilah Cikole Orchid Forestemoticon-Motret.
Spoiler for Cikole Orchid Forest:


Menurut aneh sih diantara tempat yang ane kunjungi di Bandung selama 3 hari Cikole Orchid Forest  paling bagus sih jadi rekomen deh kesanaemoticon-Traveller. Setelah puas foto-foto disana ane lanjut kulineran lagi sebelum kembali ke Jakartaemoticon-Ngakak. Tempat kuliner yang ane mau datengin namanya Iga Bakar Si Jangkung yang ada di daerah Cipagantiemoticon-Matabelo.
Spoiler for Iga Bakar Si Jangkung:


Menurut ane sih enak soalnya dagingnya empuk dan bumbunya mereesap sempurnaemoticon-Ngakak. Harga 1 porsi Iga Bakar sapi itu 40rb tapi harga itu worth kok sama rasanyaemoticon-Jempol. Kalo ane bisa nilai sih kuliner disana enak-enak cuman urutan dari paling enak sampe biasa itu pertama Mie Kocok Mang Dadeng, terus Iga Bakar Si Jangkung, terakhir Warung Nasi Ceu Maremoticon-Leh Uga.  Setelah makan disana ane anter temen ane ke rumahnya lalu ane langsung balik ke Jakartaemoticon-Mewekemoticon-Traveller


Menurut ane ada (+) dan (-) solo traveling
(+) Ane jadi lebih ontime dengan rundown yang ane buat karena gak perlu saling tunggu
(+) Lebih bebas karena gak ada yang membatasi
(+) Pasti cari temen karena bosen jalan sendiri
(-) Bosen di mobil temennya cuman radio
(-) Harus lebih prepare semua karena kamu hanya sendiricuy

Demekian trit jalan-jalan ane di Bandung semoga bisa jadi reff kalo berkunjung ke Bandung akhir kata ane ucapkan
SALAM TRAVELER
pertamax cvvvkkkkk
nice
lone ranger emang lebih enaks
emoticon-Jempol
Mantap gan
Quote:

Yoi gan


Quote:


Manteeppp yaa phill
mantap cuy. btw ane domisili di lembang cuman blum pernah ke orchid forest nnti kapan kapan mampirlah. btw agan kayaknya kegetok mulu harganya yah. Jangan lupa share ceritacerita lain yah gan.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di