arvinnoerAvatar border
TS
arvinnoer
Kenapa Harga Smartphone Cepat Turun?

Quote:


Spoiler for Ilustrasi Smartphone:

Ane rada heran gan, kenapa harga smartphone cepat turun. Contohnya yang pernah ane lihat, harga pas baru rilisnya sekitar 3 jutaan nah pas udah satu tahun kok turun bisa sampai 2 juta atau bahkan sampai setengah harganya. Ternyata harga hape bisa turun karena beberapa alasan gan..


1. Dari hitungan tahun, bahkan bulan saja, type - type handphone baru terus bermunculan.
Spoiler for Smartphone terbaru:

Contoh nya brand S*msung. Dalam 1 tahun itu, brand tersebut bisa meluncurkan beberapa jenis type handphone nya. Dari Seri
A, Seri J, Seri Note, Seri S, dll nya. Hal ini di lakukan S*msung karena mereka melakukan segmentasi target pasar nya & hal ini tentu saja akan membuat harga handphone yang kita miliki tentu saja lebih turun dong ? IYES.. Apabila ada handphone baru yang keluar, maka handphone yang kita miliki itu harga nya akan semakin turun.

2. Tadi kita membahas S*msung, sekarang coba kita bahas tentang Oddo yang saat ini lagi gencar banget.
Spoiler for Ilustrasi Oddo:

Percaya nga Percaya, harga Oddo apabila dijual dengan harga bekas, sangat jarang sekali ada counter yang menerima nya. Apabila ada pun yang ingin menerima nya, harga nya pasti akan jauh sekali. Mengapa bisa demikian ?

Menurut data yang kami dapatkan di era digital ini, setiap seller Oddo akan di berikan harga yang sama di setiap sellernya. Para seller tidak diperbolehkan membuat harga lebih murah dari pada harga pasaran. Tentu saja hal ini berdampak dengan di saat kita ingin menjual kembali handphone Oddo. Mengapa bisa demikian ?

Anggap saja 1 handphone Oddo tersebut dapat memberikan keuntungan Rp.300.000 setiap seller melakukan penjualan. Misal nya, Harga Jual Oddo F1s adalah Rp. 3.500.000 & ternyata harga modal nya adalah Rp. 3.200.000. Apabila kita ingin menjual nya kembali kepada counter handphone, mereka tidak menghitung dari harga Rp. 3.500.000 tersebut. Namun, mereka akan menghitung Rp. 3.200.000.

Lalu pihak counter akan menghitung berapa lama Garansi yang kita miliki. Anggap saja kita baru membeli nya 1 bulanan, dan ternyata pihak counter dapat menerima handphone kita hanya senilai Rp. 2.500.000 & mungkin mereka menjual nya dengan harga Rp. 2.700.000 - Rp. 2.800.000. WHAT ??
Kita rugi 1juta dong ?

Nah, apabila di putar anda jadi pembeli nih.. Harga Baru Handphone  Rp. 3.500.000 terus ada counter menjual harga bekas yang garansi nya hanya terpakai 1 bulan dengan Harga Rp. 2.800.000, kira - kira kamu akan beli yang mana nih ? Mungkin kita akan membeli yang Rp. 2.800.000 karena cukup beda 700rb dengan harga baru dan garansi nya hanya beda 1 bulan.

Namun, apabila pihak counter menerima handphone kita di nilai Rp.2.800.000 & dia menjual Rp.3.000.000, bagus nya sih dia menjual handphone baru. Mudah - mudahan paham ya maksud nya emoticon-Wink

NB : Bukan tidak boleh menggunakan hp Oddo. Hp Oddo dari segi fitur layak untuk digunakan.

3. Garansi.
Spoiler for Ilustrasi Garansi:

Tentu saja apabila semakin lama garansi handphone kita, maka harga nilai nya semakin tinggi. Tapi, sebenar nya jika di katakan garansi.. Harga jual yang di terima itu hanya berbeda 100 - 200rb.

4. Kerusakan / Lecet.
Spoiler for Ilustrasi Layar Pecah:

Ini nih yang paling parah... Harga handphone bisa lebih drop lagi apabila lecet / rusak! Harga nya bisa lebih jauh lagi di bandingkan dengan keadaan normal.

Contoh : Tadi handphone Oddo nya di terima dengan harga Rp. 2.500.000 dengan catatan tidak ada lecet (alias mulus)

Nah, apabila pada bagian case handphone nya ada lecet sedikit. Harga nya akan ditekan / diturunkan lagi oleh pihak counter. Ya, mungkin sekitar 100rb - 300rb.

Apabila rusak / lecet nya parah.. Mungkin pihak counter akan menurunkan harga nya lagi sampai 500rb karena mereka akan mengganti dahulu case handphone nya dulu, baru bisa di jual kembali & juga resiko nya adalah garansi nya tidak dapat digunakan lagi.

Bayangin Yang tadi nya kita harus nya rugi Rp. 1.000.000 & dikarena kan handphone kita lecet, bisa jadi rugi Rp. 1.500.000

Itu dari segi kondisi case nya saja. Kalau kondisi layar handphone nya pecah gimana ?

Duh, layar handphone paling murah saat ini 300ribuan euy ! Itu juga tergantung type hp.. 300ribuan itu udah yang paling murah deh untuk smartphone menenggah.. Kalau layar nya pecah untuk type - type handphone mahal seperti Note 5, S7 Edge, S8, S8+, Ipon 6, 6+, Ipon 7, Iphun 7+.. Mungkin harga ganti layar nya di atas 600ribu.

Jadi menurut ane ya gan, kalau mau beli smartphone baru nunggu harganya sudah turun aja. Jangan termakan iklan dan gengsi gan, biasanya kalau baru rilis masih ada bugnya.

Tapi itu terserah agan masing-masing sih, kalu punya rezeki ya langsung ambil aja gan emoticon-Big Grin

Menurut agan apalagi yang bisa bikin harga smartphone turun sih?

Quote:

Spoiler for Sumber:

Diubah oleh arvinnoer 21-12-2018 03:10
nona212
nona212 memberi reputasi
3
4.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan