Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saiful203Avatar border
TS
saiful203
Di Awal Tahun 2019, Lakukan 5 Tips Ini Buat Wujudkan Mimpi Gansis


Jumpa lagi nih di thread ane kali ini, Gansis... emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Pada Thread ane kali ini akan membahas seputar beberapa tips agar di tahun 2019 Agan Sista bisa jadi lebih bermakna dari tahun ini hingga Gansis bisa wujudkan mimpi yang telah Gansis inginkan. Namun, sudah pasti dalam perjalanan meraih mimpi, entah itu dari aspek ekonomi, sosial, bahkan religius harus melalui berbagai langkah dan rintangan. But don't worry, sekalipun thread ini masih sangat sederhana and berkualitas standar, tapi barangkali 5 tips di bawah ini yang udah ane susun, bisa membantu Gansis buat wujudkan mimpi di tahun mendatang. Yuk, simak bareng-bareng.



1. Memahami makna “what”, “why”, dan “how”



Sebelum membentuk sebuah habits (pembiasaan), memahami dan 3 kata kunci ini merupakan syarat utama supaya habits yang kamu latih bisa lebih cepat dan maksimal hasilnya. Pertama, “what” yang berarti habits apa yang akan kamu bentuk. Kedua, "why" yang bermakna mengapa kamu ingin melatih habits tersebut dan seberapa penting habits itu bagi kehidupan Gansis. Dan ketiga, "how" yang berarti bagaimana caranya Agan Sista membentuk habits tersebut, tentunya tiap orang memiliki cara yang berbeda dan selama cara itu gak bertentangan dengan norma dan gak menyiksa dirimu sendiri, maka lakuin aja guys. kalo bisa dicatat ya Agan Sista.


2. Tentukan tempat habits


Dalam melatih sebuah habits, Gansis perlu menyisipkan habits baru itu pada habits lain yang sudah dikuasai. Nah, kuncinya adalah kata “setelah”. Misalnya, saya akan belajar setelah makan malam, atau saya akan membaca buku setelah mandi sore dan sebagainya. Hal ini bertujuan supaya bisa membuat habits yang baru kamu latih bisa terotomatisasi oleh waktu sebagai pemicunya. Sebaliknya, sebuah habits yang dibentuk oleh waktu yang tidak konsisten akan menghasilkan habits yang tidak konsisten pula. So, biar hasilnya maksimal jangan lupa lakuin tiap hari secara rutin ya, guys.


3. Mulailah dari yang kecil


Awali habits baru Gansis dengan hal yang kecil terlebih dahulu yang sekiranya kamu merasa tidak terbebani bahkan asyik saat melakukannya. Misalnya, pada minggu pertama kamu membaca 2 halaman dalam sebuah buku selama sehari, di minggu kedua kamu membacanya 5 halaman perhari, dan begitu seterusnya. Karena memiliki target yang terlalu tinggi hanya akan menimbulkan rasa jenuh atau bosan hingga pembentukan habits kamu putus di tengah-tengah. Sebesar apapun motivasi kamu saat itu, memang tetap harus berawal dari yang ringan terlebih dahulu. Karena mematok target besar saat awal dibentuknya habits cenderung gagal. Lagipula, jika kamu telah terbiasa dengan aktivitas yang ringan itu, kamu akan secara otomatis menaikkan jumlahnya kok.


4. Lakukanlah secara berulang-ulang


Dalam membentuk habits, diperlukan pengulangan aktivitas yang ingin Gansis bentuk menjadi habits. Dan pastinya dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa sebulan, dua bulan, bahkan setahun atau lebih. Karena suatu kesuksesan bukan hasil dari seberapa besar motivasimu saat itu, tapi hasil dari seberapa banyak kamu mengulang aktivitas itu. Motivasi memang penting, namun tak akan ada artinya jika tanpa disertai dengan action yang berulang kali dilakukan. Seperti yang pernah dikatakan oleh Aristoteles (filsuf Yunani): “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang, keunggulan bukanlah suatu tindakan, melainkan sebuah kebiasaan”


5. Memiliki sifat komitmen dan visionary yang kuat


Selama dalam proses melatih aktivitas secara berulang-ulang, tentu akan sangat banyak godaan dan rintangan yang akan menjadikan Gansis semakin malas dan jenuh untuk melakukannya secara kontinuitas. Nah, di sinilah berpegang teguh pada komitmen menjadi sangat berperan penting agar kamu tetap membangkitkan semangat kembali meskipun malas dan bosan sering muncul dan sifat visionary yang bermakna mempunyai ide dan wawasan ke depan serta kuat untuk memenuhi tuntutan dari situasi yang menantang juga dibutuhkan, guys.


namun perlu diingat, 5 tips di atas hanyalah bentuk usaha yang bisa Gansis lakuin untuk menggapai apa yang kita impikan dan kita cita-citakan. Setelah berdo'a serta berusaha, tugas kita adalah pasrah terhadap kehendak Tuhan dan selalu berusaha untuk berbaik sangka pada Tuhan dan yakin Bahwa Dia akan selalu memberikan yang terbaik buat Gansis. 


Sampai jumpa lagi di thread ane yang berikutnya yes, Gansis... emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai


Referensi: Felix Y. Siauw, 2013, How to Master Your Habits, Jakarta: Alfatih Press.
Sumber Gambar: Pixabay.com

1
990
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan