Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irulnstAvatar border
TS
irulnst
Apakah Tuhan Memang Ada??
Apakah Tuhan Memang Ada??Secara etimologi aqidah berasa dari kata ‘aqd yang artinya adalah pengikatan. Maksudnya ialah ia mengikat hati terhadap hal tersebut. Yaitu apa yang diyakini oleh orang tersebut, dan ini terkait dengan urusan agama. Jadi ketika seseorang memiliki aqidah yang benar maka tiadak ada lagi keraguan yang ia rasakan atas apa yang ia yakini tersebut. Kita ambil contoh misalnya saja ada seorang nasrani yang dari kecil ia telah memeluk agama itu karena memang orang tuanyalah yang menyebabkan ia menjadi soerang nasrani. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ketika ia mulai menginjak usia dewasa dan bisa berfikir secara logis apakah ia 100% yakin dan tidak mempunyai keraguan sedikit pun atas apa yang ia yakini. Begitu juga dengan muslim ia terlahir muslim karena memang orang tuanya muslim, kemudian ia disuruh ibadah sholat segala macam namun ia tidak mengetahui kepada siapa ia melakukan ibadah tersebut. Makanya tidak mengherankan ketika kita melihat fenomena di masyarakat banyak yang mengaku muslim namun perbuatannya sangat jauh dari nilai-nilai keislaman itu sendiri. Jangankan untuk mengikuti aturan yang diberikan tuhannya, sholat aja mungkin jarang. Sehingga betapa pentingnya kita untuk mengetahui tuhan kita agar tidak muncul keraguan sedikitpun kepada siapa sebenarnya kita menyembah. 

Aqidah ini merupakan sesuatu yang harus dipertanyakan dalam diri kita melalui proses berfikir yang sangat mendalam. Karena ia menyangkut daripada perbuatan hati yang akan sangat berpengaruh nantinya kepada amal ibadah kita. Untuk membahas masalah ini sebaiknya kita mulai dari yang paling dasar. Yaitu "Benarkah bahwa Tuhan itu memang ada??" Well pembahasan ini memang cukup riskan untuk dipertanyakan tapi menurut saya itu sangat penting, apa gunanya kita melakukan amal ibadah baik itu agama islam, nasrani, hindu, Buddha atau yang lainnya tapi kita sendiri tidak tahu kepada siapa kita melakukan itu.
           
Kita ambil contoh di timur tengah ada sebuah menara di sebuah kota bernama Dubai yang merupakan menara yang tertinggi di dunia, namanya adalah “Burj Khalifa” yang mungkin kita gak bisa ngebayangin tingginya bagaimana tanpa melihat objeknya secara langsung. Menara ini tingginya sekitar 828 meter dan tidak mungkin menara itu muncul dengan sendirinya, pasti ada orang lain yang membuat menara tersebut, mulai dari arsitektur sampai pekerja-pekerja yang ikut andil dalam proses pembuatan menara Burj Khalifa tadi. Sebagai makhluk hidup yang paling cerdas dibanding makhluk hidup yang lain, kalau kita menggunakan logika berpikir, ketika kita melihat suatu objek, kita 100% yakin pasti ada yang membuat objek tersebut meskipun kita tidak melihat ataupun mengetahui proses pembuatannya secara langsung, dan gak mungkin Burj Khalifa yang tingginya mencapai 828 meter dengan segala kemewahannya tiba-tiba di tanggal 4 Januari 2010 berdiri dengan sendirinya tanpa ada yang membuatnya.
            
Mari kita kembali menggunakan logika kita “Mungkin gak sih dunia yang kita tempati sekarang ini dengan keindahan dan keanekaragaman hayatinya dan semuanya terstruktur secara sempurna dalam segi apapun tiba-tiba hadir dan terbentuk begitu saja?”. Sementara kita mengetahui bahwa Burj Khalifa yang mencapai ketinggian 828 meter dan semua kemewahannya tidak mungkin berdiri dengan sendirinya. Contoh yang paling sederhana lagi misalnya kita sedang berjalan tiba-tiba kita melihat ada lecetan bekas ban motor di jalanan, secara logika kita pasti mengatakan bahwa ini pasti lecetan bekas ban motor namun kita sama sekali tidak melihat proses bagaimana terbentuknya lecetan tadi, dan gak mungkin lecetan tadi tiba-tiba ada tanpa melalui gesekan antara ban motor dengan jalanan.
            
Dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa segala sesuatu yang bisa kita indera, otak kita selalu mengatakan "Pasti ada yang membuatnya". Baik itu benda mati ataupun makhluk hidup. Namun yang menjadi pertanyaannya ialah apakah dengan pemaparan ini kita sudah bisa membuktikan bahwa Tuhan itu memang benar-benar ada??
Diubah oleh irulnst 22-12-2018 22:39
anasabila
anasabila memberi reputasi
2
804
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan