sayalopeAvatar border
TS
sayalope
Komplain tokopedia, modus pembeli dapet barang and berharap uang kembali
Dear Kaskuser,

Saya ingin sharing yang dimana saya selaku penjual di tokopedia merasa ditipu oleh pembeli dan dipertengahan dari solusi yang diberikan admin dalam posisi tetap menahan dana saya.
 
Penjual : Freddy Shop’s (saya sendiri)
No Hp Penjual: 0878********
Kota Penjual : Jakarta
Pembeli : SpeCtra WonkMbakboyo
Kota Pembeli : Tuban
Tanggal Komplain : 20 Desember 2018
ES E N S O R: Tokopedia
Barang yang dijual : Speaker Simbadda CST 9980N
Link : https://www.tokopedia.com/freddyshop...h?m_id=5642558 (tidak di-edit sama sekali)
Tempat kejadian : Pusat Resolusi Tokopedia
Kronologi (akan disertai dengan lampiran foto) : Pada Tanggal 20 Desember 2018, Pembeli melakukan komplain di pusat resolusi tokopedia dengan solusi tukar barang dan detail komplainnya bahwa “barang tidak sesuai, berdasarkan deskripsi yang penjual tuliskan ada tulisan Bluetooth tetapi pas barang sampai tidak Bluetooth, saya tidak mau tukar barang karena barang sudah berfungsi 100% dan minta dikirimkan bluetooth”, dan penjual menjelaskan bahwa “simbadda ada dua tipe 9980N(non Bluetooth) dan 9980N+(pake Bluetooth)” dan yang penjual cantumkan dijudul adalah 9980N dan gambar juga sudah jelas ada tulisan 9980N, disini pembeli tetep kekeh bilang salahnya penjual karena deskripsi  ada tulisan Bluetooth, lalu pembeli mau minta dibelikan Bluetooth receiver, dengan itikad baiknya penjual, maka penjual memberikan opsi Bluetooth receiver tetapi pembeli mala minta spesifik Bluetooth receiver yang dimana bukan haknya dia untuk minta-minta, dan pembeli tetep kekeh tidak mau tukar barang dengan alasan biaya kirimnya mahal (pengiriman speaker simbadda dari Jakarta ke tuban adalah 300ribu), singkat cerita pembeli tetep ingin dibelikan Bluetooth receiver kemauannya yang notabenenya saya menjual speaker bukan Bluetooth receiver, dan yang herannya lagi ketika saya minta diretur dan pembeli gak mau kirim ternyata barang saya sudah dibongkar oleh pembeli dan disini admin tokped mengambil tindakan bahwa dana akan diterukan ke penjual dikarenakan barang yang pembeli terima sudah dibongkar, akan tetapi solusi tersebut berubah dan tetap mengharuskan penjual mengirimkan Bluetooth receivernya yang penjual ajukan, akan tetapi dana tetap tidak cair melainkan tetap harus menunggu Bluetooth tersebut sampai ke pembeli dan pembeli melakukan penolakan atas barang tersebut hingga barang kembali ke supplier barulah dana tersebut akan diteruksan ke penjual. Dan hingga sampai tanggal 22 Desember jawaban admin tokped hanya copy-paste yang dimana barang saya sudah dinikmati oleh pembeli namun hasil jualan saya belom dapat saya terima. (DETAIL CERITA ADA DI LAMPIRAN)

Lampiran bukti foto :
Berupa link dikarenakan jumlah foto banyak : https://drive.google.com/file/d/1Zbj...ew?usp=sharing
(sekitar 16 photo yang sudah dibuat photo grid)
 
Konklusi : 1. Yang menjadi pertanyaan saya adalah, jika yang diminta admin untuk saya lakukan adalah mengirimkan Bluetooth receivernya, kenapa yang ditahan tetap dana speaker bukan di Bluetooth receivernya?
2. Kenapa pemilihan solusi yang pembeli ajukan diawal dan sudah direspon oleh penjual untuk retur barang namun barang sebenernya sudah di bongkar oleh pembeli tetap tidak ada tindakan tegas?
3. apa yang akan terjadi Jika solusi terakhir yang dikasih admin terkait “pembeli terima Bluetooth receiver nya lalu menolaknya dan barang kembali ke supplier baru dana diterukan penjual” mala barang tersebut diterima oleh pembeli lalu menggantungkannya lagi ke pusat resolusi? Apakah saya harus menunggu hinggal lebih dari 1 minggu untuk menerima hasil jualan saya atas modus yang dilakukan oleh pembeli?
 
Mohon bantuannya temen disini mungkin dapat membantu atas hasil kasus ini.
 
Terima Kasih,
 
Warm Regards,
Freddy Pratamajaya SIE (Freddy Shop’s)
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 3 suara
Apakah perlu sampai dilakukan komplain ke Head Office nya??
Perlu
67%
Tidak Perlu
33%
Diubah oleh sayalope 23-12-2018 02:39
0
4.5K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan