- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Pentingnya URL Canonic dalam Pemasaran


TS
kitaofiskita
Pentingnya URL Canonic dalam Pemasaran

Setiap pemasar ingin konten mereka memiliki peringkat yang baik di mesin telusur, itulah sebabnya banyak waktu dan juga biaya diinvestasikan ke dalam Pengoptimalan Mesin Telusur situs web (SEO). Banyak dari aspek SEO terbilang cukup mudah, seperti judul, deskripsi meta, dan membangun tautan. Namun masih ada aspek selain dari SEO yang lebih rumit namun berguna, yaitu canonicalization.
Apakah yang Dimaksud dengan Tag Canonic?
Tag canonic dikenal juga dengan "rel=canonical," yang berfungsi memberi tahu mesin telusur bahwa URL yang diberikan adalah salinan master untuk suatu konten. Jika ada beberapa versi dari konten yang sama di URL yang berbeda, tag kanonik menginformasikan mesin pencari mana yang merupakan sumber utama.
Anda dapat menganggap tag canonic sebagai versi SEO teknis, karena memberikan kredit ke materi asli dan mencegah duplikasi konten. Strategi SEO harus menyertakan rencana untuk mengelola potensi masalah konten duplikat dengan tag kanonik.
Konten duplikat dapat menimbulkan masalah saat Anda mempertimbangkan bahwa mesin telusur dan manusia melihat konten dengan cara yang sangat berbeda. Misalnya, manusia mungkin menganggap http://www.hubspot.com dan http://hubspot.com sama persis. Berbeda halnya dengan mesin telusur yang melihatnya sebagau dua URL yang berbeda dengan isi yang sama persis. Nah bila dilihat dari sudut pandang Google maka ini bisa dianggap sebagai plagiarisme. Di sinilah gunanya URL canonic
URL yang Mengidentifikasi Variasi Produk yang Sama
Umumnya ini didapati pada platform e-commerce, misalnya Anda menjual mainan anjing yang tersedia dalam tiga ukuran berbeda, dengan beberapa opsi warna. Halaman utama untuk produk tersebut mungkin www.example.com/product, tetapi Anda mungkin juga memiliki URL halaman seperti www.example.com/product?size=large&color=blue.
Mobile-Specific URLs, Seperti Halaman AMP atau Mobile-Specific Subdomain
Membuat konten dengan mempertimbangkan perangkat seluler adalah suatu keharusan dalam pemasaran.Pastikan juga untuk menetapkan URL canonic ketika Anda memiliki laman khusus untuk seluler tetapi memiliki konten yang sama dengan laman di versi desktop.
URL untuk Wilayah atau Negara Tertentu
Geotargeting adalah cara hebat lainnya untuk menyediakan konten kepada pelanggan berdasarkan tempat tinggal mereka. Jika Anda melakukan ini dengan menambahkan slug regional atau menggunakan subdomain regional (misalnya https://www.example.com/fi/page atau [url]https://de.example.com).[/url] Jika versi utamanya dalam bahasa Inggris sedangkan versi lain menggunakan bahasa Mandarin, ini tidak menjadi masalah duplikat konten. Namun bila menyangkut konten kawasan khusus dan sebagian besar kontennya sama, Anda harus menyertakan tag canonic.
URL Self-Referential
Sebagian besar platform CMS melakukan ini secara otomatis, tetapi penting untuk memahaminya. Ketika Anda membuat halaman, Anda dapat mengaturnya sebagai URL canonic-nya sendiri, yang dikenal sebagai "self-referential canonical URL." Google mengonfirmasi bahwa tag canonic ini dapat membantu laman Anda berkinerja baik dalam penelusuran.
Sumber: Hubspot
0
764
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan