kaskus.infoforumAvatar border
TS
kaskus.infoforum
Berlatih Skill Menikung dan Safety Riding Bareng Komunitas ‘Cornering KASKUS’

Bicara semua hal tentang motor itu enggak akan ada abisnya. Mulai dari spare part, cara berkendara, hingga gearyang dipakai oleh rider pasti akan membuat obrolan tentang motor menjadi gak ada matinya. Apalagi kalau ngomongin semua hal tentang motor bareng sama komunitas yang mempunyai hobi sejenis. Pasti waktu akan berjalan terasa cepat karena asyik ngobrolin hobi tersebut.

Sama halnya dengan komunitas yang punya hobi motor, tapi komunitas ini spesifik merangkul para pecinta cornering Gan. Cornering itu adalah teknik atau keahlian untuk melewati berbagai bentuk tikungan dengan kecepatan yang optimal. Namun tentunya harus dilewati secara aman ya walaupun motornya sedang ngebut. Nah, komunitas yang mempelajari teknik ini adalah Cornering KASKUS atau biasa disebut RingKus.




Gak cuma sebatas cornering, member dari RingKus juga mulai memperluas bahasannya dengan menjunjung safety ridingdalam berkendara motor. Obrolan yang seru mulai dari cara berkendara yang baik dan benar, hingga pembahasan mengenai psikologis yang baik untuk para rider juga menjadi topik seru yang sering dibahas oleh RingKus. Enggak mau nanggung, RingKus sendiri gak hanya berkutat pada diskusi saja, mereka juga kerap mengadakan track day di sirkuit untuk mengembangkan skill cornering anggotanya.

Baru-baru ini KASKUS berkesempatan untuk berbincang bareng Co-Founder dari Cornering KASKUS, doi adalah Om Han. Om Han adalah salah satu member RingKus yang senantiasa meramaikan dan menjaga api diskusi tentang cornering tetap membara.

Buat Agan yang penasaran kira-kira apa aja yang ane obrolin dengan RingKus, langsung aja yuk simak di bawah ini!




1.  RingKus sudah ada sejak kapan? Gimana cara kebentuknya?
Sejak tahun 2012. Sebelum tahun itu kita diskusi masih di thread Cornering Addicts & Cornering Freaks, tapi akhirnya kita bikin thread sendiri di Cornering Kaskus [RingKus]. Nah dari situ RingKus berdiri dari mulai cuma 3 orang aja yang ketemuan pertama kali di daerah Ragunan. Awalnya yang suka corneringitu masih jarang dan sedikit, sampai pada perkembangannya RingKus pernah ngadain kopdar di Monas yang dateng sampai 40 orang lebih!

2.  Udah berapa jumlah anggota RingKus sampai sekarang?
Kalau anggota yang emang ada di grup chat kita sih ada 50 orang lebih. Tapi kalau sekedar fans di Instagram aja followers kita ada 17ribu lebih.

3.  Kenapa sih gabung komunitas lebih seru ketimbang asyik sendiri?
Gini plus minus-nya, kalau misalkan lo riding sendirian, let’s say lo punya passion ngebut, nah kalau lo kenapa-kenapa di jalan siapa yang mau nolongin lo. Terus kalau misal motor lo ada masalah, siapa yang mau bantu. Nah yang terakhir misal lo menganggap riding skill lo masih belum seberapa, siapa yang mau sharing knowledge gimana belok yang benar dan sebagainya. Jadi lebih baik lo gabung ke komunitas, lo bisa sharing bareng orang yang punya pengalaman biar dapet riding skill yang benar.




4.  Bagi jadwal kopdar dong Gan, biasanya pas kopdar ngapain aja sih?
Kita kopdar itu setiap hari Sabtu di siniGan. Waktu kopdar kita bahas macem-macem, misal sharing pengalaman waktu riding, atau ya knowledge baru aja soal riding. Kita juga pernah kopdar di sirkuit sekalian track day. Pertama banget dulu ke sirkuit di Subang. Tapi sekarang ini udah sering mainnya di Sentul.

5.  Ane pengen gabung RingKus tapi di kota ane belum ada? Gimana nih, Gan
Kalo gabung sih ya pertama kan kita ada thread ya di RingKus. Bisa tuh nanti baca-baca atau ikut nimbrung di situ. Kalau mau niatin, bisa nanti ikut track day. Kita kan pasti publish info track day-nya, jadi nanti dateng aja kesana. Tapi kalau emang pengen bikin komunitas RingKus di kotanya masing-masing ya boleh aja. Kita gak ada batasan sih soal itu.



6.  Latihannya cornering aja ya Gan? Atau ada latihan yang lain?
Utamanya cornering, tapi cornering itu kan sebenernya faktornya banyak ya. Jadi kita juga sharing latihan handle gas, rem, engine break, sampai body position. Nah jadi untuk bisa cornering dengan baik dan benar ya harus paham itu juga sih.

7.  Gimana kalian meyakinkan orang-orang kalau yang dilakuin RingKus itu aman?
Sebenernya untuk urusan itu kita berdasarkan pengalaman member RingKus aja sih. Tapi ya kalau soal teorinya sih kita baca dari buku, nontonin video tentang cornering, nanti kita bawa ke pembahasan di RingKus.



8.  Member RingKus ada yang jadi pembalap juga ya? Ceritain dong
Ada Gan. Banyak juga yang jadi rider untuk test drive dari motor yang baru launching. Tapi ada juga yang emang sering menjuarai beberapa turnamen.



9.  Ane minat banget nih sama cornering, baru liat video-videonya doang sih. Saran RingKus apa nih untuk memulai?
Menurut gue lebih baik lo learning by doing. Katakan lah lo belum ngerti apa-apa nih, lo bisa mempelajari dari video-video itu, lo bisa tuh untuk langsung coba. Tapi lebih baik didampingi. Karena di jalan itu kan ada aja kendala yang bisa bikin lo crash. Makanya jauh lebih baik sih lo coba itu jangan di jalan, cobanya di tempat yang benar, yaitu sirkuit. Jangan lupa juga siapin gear lo untuk keamanaan diri lo sendiri saat riding ya!

10.  Wah ternyata bukan ane sendiri yang doyan memacu kecepatan di tikungan, cara gabung RingKus gimana ya Gan?
Wah gampang banget itu mah. Lo bisa pantengin thread Cornering KASKUS, di situ kita selalu pasang kapan kita kopdar dimana dan jam berapanya. Langsung dateng aja ke kopdar. Kita orang-orangnya baik hati dan tidak sombong kok, hahaha.



Nah itu dia Gan bincang-bincang ane bareng komunitas RingKus. Kalau ente punya minat dengan kecepatan dalam berkendara motor, dan pengen jago nikung a.k.a cornering, mending langsung aja join dan seru-seruan bareng temen-temen RingKus. Selain dapet teman untuk berdiskusi, ente juga bakal dapet temen nongkrong baru dan bisa ikut ngerasain asyiknya track day di sirkuit!

Bahkan gak cuma para lelaki aja yang ikut gabung di komunitas RingKus ini, ada juga sista juga loh yang menyalurkan minat dan hobinya di RingKus. Salah satu sista yang ikut gabung disini adalah Sulva, Gan. Walaupun ditempa kesibukan harian yang cukup padat, sist Sulva ini gak lupa untuk menyalurkan hobi menikungnya di komunitas RingKus, Gan. Keren banget yah!



Pokoknya gak perlu ragu untuk gabung ke komunitas, seperti yang dibilang sama Om Han dari RingKus tadi, cuma di komunitas tempat lo bisa menemukan ilmu dari orang yang punya pengalaman. Jadi gak usah banyak alesan lagi untuk nunjukin #AslinyaLo melalui hobi yang lo minati, semuanya bisa lo temui di KASKUS.




Di sela kesibukan sehari-hari yang jenuh, beristirahatlah sejenak. Ngaskus dulu buat bangkitin lagi semangat lo dengan menelusuri hal-hal yang lo suka. KASKUS adalah platform informasi berbagai hobi dan minat. Lo bisa berbagi informasi, menemukan update terkini, sampai berinteraksi bareng orang-orang atau bahkan komunitas yang punya kesukaan sama dengan lo di KASKUS. Gak perlu ragu berekspresi, semua hobi atau minat bisa lo temuin di sini!



Jadi untuk kalian yang punya minat dan pengen tahu lebih tentang semua hal seputar corneringdan safety riding yang baik dan benar, mending langsung aja meluncur ke thread Cornering KASKUS [RingKus]. Di sana, lo pasti akan disambut dengan ramah oleh para Kaskuser yang asik-asik dan jago soal cornering. Jadi, selamat menunjukan #AslinyaLo yang sebenarnya ya Gan!


2
5.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan