Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

noisscatAvatar border
TS
noisscat
Kala Puluhan Sinterklas Terjun Payung dari Langit Jayapura
Sabtu 22 Desember 2018,

Jayapura - Ada yang berbeda dari momen perayaan Natal di Jayapura, Papua, tahun ini. Hujan sinterklas membuat masyarakat berkerumun di Jalan Soa Siu, Dok 2, tepatnya di depan kantor Gubernur.
Masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, menyaksikan puluhan sinterklas yang 'terjun' dari langit dengan menggunakan parasut.

"Bahwa mayoritas masyarakat Papua menganut agama Kristiani. Simbol santa claus sebagai pemberi hadiah Natal sangat familiar untuk umat Nasrani," kata Kasatgas Binmas Noken Polri, Kombes Eko Sudarto, melalui pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (22/12/2018).

Ternyata puluhan sinterklas itu adalah penerjun dari Polri dan TNI yang sengaja ingin memberi hiburan untuk masyarakat. Ada juga di antaranya yang merupakan penerjun sipil.

"(Sinterklas) Ini terdiri dari 50 penerjun. Mayoritas anggota TNI-Polri dan 9 orang penerjun sipil. Mereka terjun dari ketinggian 8.000 feet atau sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut," jelas Eko.
"Penerjun putrinya 8 orang, 6 dari polwan, 2 dari Kowad," imbuhnya.

Eko menerangkan atraksi sinterklas terjun payung merupakan sesi utama dari rangkaian acara 'Santa Claus is Coming to Papua' yang digagas Binmas Noken. Tak hanya masyarakat Jayapura, Binmas Noken mendatangkan 100 anak dari pedalaman Papua untuk mengikuti acara ini.

"Anak-anak itu kami datangkan dari Pegunungan Tengah Papua, dari 10 kabupaten yaitu Lanny Jaya, Wamena, Ilaga, Mulia, Timika, Oxibil, Yahukimo, Nabire, Paniai dan Sentani). Mereka itu sama sekali tidak tahu Jayapura lho meski sama-sama tinggal di Papua," terang Eko.

Eko menuturkan tujuan dari acara ini adalah memberi hadiah Natal untuk masyarakat Papua, terkhusus 100 anak tersebut. "Tujuan acara ini adalah memberi hadiah Natal kepada masyarakat Papua, khususnya Jayapura dan khusus lagi 100 anak-anak dari Pegunungan Tengah."

Masih kata Eko, acara 'Santa Claus is Coming to Papua' diawali jalan santai yang dibuka Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin pukul 06.00 WIT. Setelah itu masyarakat diajak mengikuti senam zumba.

"Terus ada pembagian doorprize mulai dari kulkas, TV, dan sepeda motor untuk warga Jayapura yang mengikuti acara ini, diselingi hiburan rakyat tarian khas Papua dan stand up comedy ," ucap Eko.

"Nah pas stand up comedy belum selesai, kami beri kejutan, turunlah para penerjun jam 08.30 WIT," sambung dia.
Sepuluh dari 50 sinterklas itu kemudian membagi-bagikan hadiah kepada 100 anak-anak dari Pegunungan Tengah. "Jadi satu sinterklas bagikan hadiah untuk 10 anak dari satu kabupaten," ujar Eko.

Tak kalah menarik, menurut Eko, dalam acara ini juga diadakan perlombaan keserasian memakai tas noken. Lomba ini diikuti sekitar 1.000 warga.
"Rencananya akan kami daftarkan ke MURI, yaitu rekor peserta lomba memakai noken terbanyak," tutur Eko.
'Santa Claus is Coming to Papua' selesai pada sing hari. Eko berharap dengan diadakannya acara ini, masyarakat Papua semakin merasakan Negara hadir di tengah mereka.
"Dan agar menjadi penyemangat dalam membangun mimpi anak-anak di Papua," tutup dia.

https://m.detik.com/news/berita/d-43...angit-jayapura









Menurut dia, aksi tersebut tercatat dan masuk dalam Rekor Muri dengan kategori jalan sehat dengan menggunakan Noken terbanyak dan rekor Muri terjun payung sinterklas terbanyak. "Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba Noken Papua," kata Kamal.
Agi, salah satu warga Kota Jayapura mengaku baru pertama kali melihat sinterklas terjun dari atas langit Kota Jayapura dan menurut dia, hal itu terlihat unik dan langka.

https://papua.antaranews.com/berita/...ng-di-jayapura
Diubah oleh noisscat 23-12-2018 13:12
nona212
nona212 memberi reputasi
3
4.6K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan