CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
ask - ALL ABOUT HSE (health, safety, environment)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004397700/ask---all-about-hse-health-safety-environment

ask - ALL ABOUT HSE (health, safety, environment)

Tampilkan isi Thread
Halaman 84 dari 87

Peluang fresh grad jurusan komputer ambil sertifikat AK3U

Malam agan2 senior semua. Sebenernya ini pertanyaan yg mengitari benak ane beberapa bulan terakhir, soalnya ane ini fresh grad jurusan komputer, lebih tepatnya jurusan Sistem Informasi, bergelar S.Kom. Sekitar awal 2019 nanti di kota ane, Medan, ada pelaksanaan Pelatihan AK3U. Ane dipush sama orang tua untuk ikut itu pelatihan, sedangkan orang tua di push sama paman ane yg emang orang kemnaker. kata paman ane sertifikat AK3U itu bakal sangat berguna kedepannya. Balik ke topik utama. Apa yg bisa ane lakukan dengan memiliki sertifikat tersebut? Bisakah ane gunakan untuk ngelamar kerja ke bidang HSE meskipun basic pendidikan ane Komputer??

Untuk sepuh2 dan senior semua. Mohon bantuan jawabannyaa plisss..
Quote:


ikut saja mas, selain sebagai legalitas sebagai seorang calon ahli K3, sebagai nilai plus untuk dirimas sendiri,
Bisakah ane gunakan untuk ngelamar kerja ke bidang HSE meskipun basic pendidikan ane Komputer?? sangat bisa, tergantung juga dari usaha dan nasib, kalo mas bisa bujuk paman untuk bantu masukin mas ke perusahaan kenapa tidak?
goodluck
Quote:


Bisa ya gan? Wah saya jadi tertarik kalo begitu. Awalnya saya takut nanti sia2 karena sangat bertolak belakang dengan basic pendidikan ane. Makasih banyak infonya gan emoticon-Shakehand2
Quote:


gak ada yang sia sia mas kalo mau terus usaha, goodluck
Quote:


dr sisi lama pelatihan dan persyaratan minimum
, kalo ahli k3 umum dr kemenaker minimal D3, pelatihan (11 hari kerja)
sedangkan ahli k3 muda BNSP dr Badan nasional sertifikasi profesi. minimal SMA (3 hari)

ada 8 perbedaan salah satunya yang pertama:
dr sisi kelembagaan
Ahli K3 Umum Kemnaker ditunjuk oleh pejabat yang berwenang di Kemnaker yang pada saat ini dipegang oleh Direktur Pengawasan Norma K3, Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3, berdasarkan pertimbangan dari tim penilai.

Sedangkan Ahli K3 BNSP, diberikan oleh BNSP berdasarkan penilaian atas kompetensi oleh suatu badan penilai atau assessor yang ditunjuk khusus. BNSP sendiri merupakan singkatan dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sebuah badan independen, yang dibentuk pemerintah berdasarkan PP No 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi, untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

dari segi fungsi dan posisi
Secara gamblang dijelaskan di dalam perundangan bahwa Ahli K3 Kemnaker merupakan tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk mengawasi ditaatinya Undang-undang Keselamatan Kerja (Permenker No. 2 Thn 1992 Pasal 1 huruf a).
Selain itu, ahli K3 Kemnaker juga merupakan advisor/penasihat perusahaan terkait dengan hal-hal berhubungan dengan K3 dan menempati posisi sebagai sekretaris dalam P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) atau Komite K3 Perusahaan.
Secara singkat Ahli K3 Kemnaker adalah Ahli K3 Perusahaan dan melekat secara individu dan instansi (dalam sertifikat akan tertulis nama perusahaan). Ahli K3 Kemnaker akan otomatis mendapatkan kewajiban dan wewenang khusus dari Kemnaker.

Sedangkan Ahli K3 BNSP hanya melekat pada individu, yang merupakan pengakuan atas kompetensi seorang Individu.
Ahli K3 Kemnaker akan otomatis mendapatkan kewajiban dan wewenang khusus dari Kemnaker sedangkan ahli K3 BNSP hanya terbatas memiliki wewenang yang terdapat pada organisasi/perusahaan (apabila sudah bekerja).
Diubah oleh corosife
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

pemilik sertifikat K3 Umum bisa ngelamar di lowongan ahli k3 lain??

Quote:


Mantap gan, info yg sangat lengkap dan bermanfaat. saya boleh nanya lagi gak? hehehe. ternyata sertifikasi ahli k3 banyak yaaa, saya baru tau . agan tau gak perbedaan tiap2 sertifikasi ahli k3 seperti k3 konstruksi, k3 kimia, k3 listrik dan k3 migas? dann, kalau sekiranya seseorang yg sudah punya sertifikat AK3 umum, bisa gak ngelamar di perusahaan yg minta syaratnya punya sertifikasi ahli k3 konstruksi/migas misalnya. Monggo dijawab jika berkenan gan hehehe
Quote:

itu baru 2 yang saya jelasin masih ada beberapa lagi,tapi setidaknya itu yang paling sering ditanyakan oleh banyak orang.


Quote:


ok saya bahas sekalian ya,

perbedaan tiap sertifikasi

tentunya berdasarkan skill yang dimiliki dan juga passion/minat.
sertifikat yang wajib dimiliki sebagai pemula tentunya harus yang dasar terlebih dahulu seperti ahli k3 umum kemenaker atau ahli k3 muda dr BNSP, baru berlanjut ke ahli k3 listrik - kimia - angkat-angkut dll.

kapan sertifikasi ahli k3 listrik dipakai? tentu orang tersebut harus bekerja pada perusahaan yang memang scope pekerjaannya menyangkut kelistrikan contoh : Mechanical Electrical,

kapan sertifikasi ahli k3 POP pertambangan dipakai? tentu untuk ahli k3 yang bekerja pada scope pertambangan.

semua sertifikasi tersebut tidak akan pernah berfunsi apabila sang ahli tidak memiliki keahlian dan keterampilan tersebut atau hanya sekedar membeli sertifikat atau bahkan sang ahli tidak bekerja pada bidangnya dan juga mungkin scope pekerjaan tersebut tidak ada dalam proses produksi.

kalau sekiranya seseorang yg sudah punya sertifikat AK3 umum, bisa gak ngelamar di perusahaan yg minta syaratnya punya sertifikasi ahli k3 konstruksi/migas?

bisa ya bisa tidak tergabntung HRDnya. misalnya saya kembalikan anda sebagai HRD perusahaan tersebut dengan scope pekerjaan migas mana yang akan anda pilih kandidatnya? apakah dengan ahli sertifikasi migas atau dengan sertifikasi ahli k3 umum?
tentunya anda sebagai HRD yang baik pasti akan memilih kandidat yang sesuai dengan requirements job opportunity

lalu K3 BNSP apa bisa upgrade ke K3 kemenaker ?
bisa tapi lebih tepatnya itu bukanlah tingkatan upgrade karena berbeda lembaga., tetapi kemenaker semenjak 2 tahun belakangan sudah bukan lagi menerbitkan di dalam sertifikat sebagai "ahli k3 umum" tapi " calon ahli k3 umum". sedangkan BNSP menerbitkan sebagai "ahli k3 muda"
Quote:


Oh bukan "ahli" ya gan di sertifikatnya tapi "calon ahli"?? Itu berbeda? Bisa sedikit di jelaskan mungkin gan?
Quote:

nah perbedaan selanjutnya

Berdasarkan Dokumen Yang telah di dapat
Ahli K3 Kemnaker akan mendapatkan 3 (tiga) buah dokumen, yaitu:
Sertifikat Keikutsertaan Pembinaan Calon Ahli K3 Umum,
Surat Keputusan Penunjukan (SKP) Ahli K3 Umum; dan
Kartu Tanda Kewenangan Ahli K3/Lisensi K3
(berlaku 3 tahun)

Sedangkan Ahli K3 BNSP akan mendapatkan sebuah sertifikat kompetensi yang berisikan telah kompeten dalam unit kompetensi tertentu bidang K3.
(berlaku 3 tahun)

defini calon sebenarnya terletak pada dokumen, dikatakan calon apabila yang bersangkutan belum memiliki pekerjaan sebagai ahli k3/ freshgraduate, nah ketika nanti sudah memilki pekerjaan sebagai k3 disuatu perusahaan maka akan mendapatkan "Kartu Tanda Kewenangan Ahli K3/Lisensi K3"
Quote:


Mantap, saya jadi makin paham. Terimakasih banyak gan info nya emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:

Mantap..
Saya juga lulusan teknik komputer UGD, Depok..
Quote:


Cek PM gan emoticon-Jempol
Quote:


Dah saya balas ya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Numpang nanya gan,
Kalo pekerjaan safety man atau HSE ini statusnya kontrak atau permanen di setiap perusahaan, mohon penjelasannya suhu2 disini?
mas gan, kira2 kalo untuk interview awal untuk hse staff secara general yang bakal ditanyain dan di tes apa aja yah gan emoticon-Big Grin
untuk perusahaan fabrikasi mas gan emoticon-terimakasih
Salken untuk semua suhu K3/HSE.

Nubi ijin gabung untuk meminta masukan nya masalah K3 migas.
Posisi gawean saat ini pelaut,mau banting stir ke K3 (migas/umum) dengan tujuan agar kerja bisa sering ngumpul dengan keluarga,harapan & tujuan kerja di darat,kalaupun di laut gak terlalu lama kontraknya.

Banyak yang kasih saran lari ke galangan jadi safety dengan sertifikat dasar yang ada saat ini.

( BST, PSCRB, AFF, MFA, etc)



Yang di pertanyakan :
-Selain K3 apa saya harus pake Bosiet,Huet&H2S?
-Apakah sertifikat yang saya pegang sekarang bisa jdi penunjang?
-Jika sudah ada sertifikat tersebut harus mulai dari mana langkah ane dengan job sebagai HSE?

Nubi minta pencerahannya dari suhu sekalian.
Diubah oleh snowland
Quote:


Mantap gan, semangatt, semoga sukses di bidang HSE nya nanti, maap nubi gak bisa jawab, kali aja bawah ane tau hehe, cuma bisa nyemangatin aja emoticon-Shakehand2 emoticon-Jempol
Quote:


Salah ketik suhu,maafkeun
Ane hanya lulusan SLTA sederajat apakah bisa suhu?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Halaman 84 dari 87


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di