fajraadhaAvatar border
TS
fajraadha
Indonesia Luar Biasa, Tapi........


Indonesia sungguh luar biasa.
Luar biasa alamnya, luar biasa budayanya.

Indonesia sungguh luar biasa.
Luar biasa sejarahnya, luar biasa pahlawannya.



Memasuki liburan sekolah, ane mendapatkan beberapa hal menarik selama liburan bersama siswa ane. Yah inilah yang ane rasakan selama mendampingi siswa ane. Kenapa ane sebut luar biasa alamnya, semua orang di Indonesia pasti sudah tahu kalau alam indonesia indahnya bukan main, bahkan keindahan alam indonesia terkenal sampai ke mancanegara.



Luar biasanya alam indonesia ternyata juga diikuti dengan luar biasanya kerusakannya. Siapa yang tidak tahu dengan vandalisme. Mencoret coret di sekitaran alam yang indah. Gunung dibabat dan dikeruk diambil emas, batu, pasir dan kapurnya. Yah indonesia memang luar biasa .



Indonesia sungguh luar biasa. Siapa yang tidak tahu beragam budaya di indonesia, mulai batiknya, mulai bahasanya, kulinernya yang sangat sangat banyak. Saking luar biasanya budaya indonesia bahkan sampai ada negara yang mengklaim budaya di indonesia. Kenapa bisa? Ya bisa laah. Wong anak bangsanye aje kaga bisa main alat musiknye, kaga bisa tariannye bahkan tidak menghargai budayanye. Bhinneka tunggal ika hanya semboyan yang mulai luntur. Hal biasa contohnya kalau foto di tempat wisata malah ngajak bule. Kalau nonton pertunjukan tarian dan seni daerah malah nonton youtube, main game dan malah foto foto axis sana sini axis instagram. Weleh weleh yah namanya indonesia luar biasa.



Indonesia luar biasa, sejarah indonesia yang panjang dari masa praaksara, hingga masa hindia belanda, penjajahan jepang, orde lama, orde baru sampai ke masa reformasi sekarang. Yah luar biasa segala di museumnya menarik ceritanya dan motivasinya. Kisah pahlawannya yang berkorban demi bangsa indonesia, tapi yah siapa yang peduli dengan itu sekarang, anak anak diajak ke museum malah sibuk foto foto, tidak berminat dengan cerita sejarahnya, anak anak diajak kemuseum yang ada "katanye" membosankan.



Anak anak diajak ke patung pahlawan yang ada foto foto upload sosmed dengan caption dan quotes google dari pahlawan, ketika ditanya bagaimana sejarahnya malah tidak ngarti. Weleh weleh indonesia memang luar biasa.

Yah luar biasa juga pengalaman ane ya, ane mohon diri dulu tetap cintai indonesia, nikmati alamnya, hargai budayanya, hormati pahlawannya.

Tulisan : pengalaman TS
Gambar : google


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
4
7.8K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan