eommaAvatar border
TS
eomma
Salut! Gadis Ini Tanpa Malu Menunjukkan Cara Mengganti Kantong Ostomy Diperutnya
Assalamu'alaikum




Spoiler for Cek Repost :


Untuk sebagian orang, istilah Ostomy Bagatau kantung ostomy pasti masih terdengar asing, tak terkecuali saya sendiri. Padahal, saya sebenarnya sudah tak asing dengan "kasus" ostomy ini, karena anak tetangga saya mengalaminya.


Tak sengaja, saat berselancar di Youtube, saya menemukan satu video yang diunggah 6 tahun lalu oleh seorang gadis belia nan cantik. Seperti kaum adam pada umumnya, eaaaa emoticon-Big Grin, saya tertarik melihat video tersebut karena halaman muka videonya menampilkan cewek sexy dalam balutan sport bra.emoticon-Genit

Tapi begitu video mulai saya langsung malu, karena ternyata di video itu, sigadis alih-alih menunjukkan cara olah tubuh (karena dia pake sport bra, bukan bikini), ternyata dia mau menunjukkan bagaimana cara mengganti kantong ostomy, atau ostomy bag nya yang berada diperut.

Oh ya, gadis ini menderita Ulcerative Colitis, atau peradangan pada dinding saluran pencernaan. Dikenal juga dengan nama radang usus besar.
Jujur gan, emosi saya campur aduk. Terenyuh melihat kondisinya, salut dengan perjuangannya, sangat mengapresiasi keberaniannya, dan saya merasa sangat bersyukur, karena Tuhan memberikan kondisi fisik yang sehat dan sempurna,serta malu, karena dalam menjalani kehidupan ini, saya terkadang mengeluh.

Apa itu ostomy?

Berdasarkan Indonesian Ostomy Association (InOa), ostomy adalah suatu jenis tindakan operasi yang diperlukan dengan membuat lubang (stoma) pada bagian tubuh tertentu. Dan orang yang pernah mengalami tindakan pembedahan untuk membuat stoma di tubuhnya, disebut Ostomate.
Operasi Ostomy dapat bersifat sementara atau menetap.
Ada beberapa jenis operasi ostomy, diantaranya yaitu :
1. Laryngectomy (lubang pada laring)
2. Ileostomy (lubang pada usus kecil)
3. Colostomy (lubang pada usus besar)
4. Urostomy (lubang pada saluran kemih)


Lalu, apa itu Ostomy Bag/Ostomy Pocket?
Berdasarkan Wikipedia, sistem poket ostomy adalah alat medis prostetik yang menyediakan sarana untuk pengumpulan limbah dari sistem biologis yang dialihkan melalui pembedahan ( usus besar , ileum , kandung kemih ) dan pembentukan stoma.
Karena saya bukan berlatar belakang medis, saya mengartikan kantung ostomy ini adalah kantung tempat menampung limbah yang keluar dari tubuh, seperti feses dan urin. IMHO

Sistem kantong biasanya terdiri dari kumpulan kantong kantong plastik , yang dikenal sebagai sistem satu-bagian atau, dalam beberapa kasus melibatkan pelat pemasangan, biasa disebut flens, wafer atau baseplate, dan kantong koleksi yang terpasang secara mekanis atau dengan perekat dalam segel kedap udara , yang dikenal sebagai sistem dua potong. Pemilihan sistem sangat bervariasi antara individu dan sering didasarkan pada preferensi pribadi dan gaya hidup. Sistem pouching Ostomy mengumpulkan limbah yang dihasilkan dari stoma. Sistem pouching memungkinkan stoma mengalir ke kantong koleksi yang tertutup rapat, sambil melindungi kulit di sekitarnya dari kontaminasi .


Sungguh tak terbayang rasanya, harus menjalani kehidupan dengan ostomy bag yang menempel ditubuh, dengan segala kerepotannya. Baik itu penggantian, pembuangan, maupun pembersihannya.

Sejauh ini, gadis tersebut sudah banyak mengunggah video pengalamannya ber-ostomy bag. Video pertamanya dia unggah sekitar 7 tahun lalu, dan sejak itu dia mendapat banyak dukungan dan komentar positif, karena sangat jarang ada yang mau membagikan pengalaman mereka karena mereka anggap itu adalah hal memalukan.
Semoga tak ada diantara kita yang memandang mereka dengan sebelah mata dan merasa jijik dengan "kantung ajaib"mereka ya gan... Karena sungguh, apa yang mereka jalani bukanlah hal yang mudah. emoticon-Shakehand2

Ini videonya.


Sumber :
YouTube
Wikipedia
InOa
info
Diubah oleh eomma 12-12-2018 22:15
16
23.4K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan