Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Pernah Ngalamin, Mobil “Merinding Disco” Gan?
Pernah Ngalamin, Mobil “Merinding Disco” Gan?



Assalamualaikum, Gan..

Pernah enggak ya, agan, ngerasain penyakit mobil “merinding disco”? Hahahaha  emoticon-Ngakaklebay ya gan..

Misalnya, lagi enak-enak nyetir, tiba-tiba, ruang kabin kok terasa getar gitu gan. Bukan gemeteran kayak menggigil ya, tapi terdengar suara-suara berisik dari ruang mesin.

Penyakit ini biasanya menjangkit kalau Agan membeli mobil seken. Apalagi, usianya udah agak lawas lah ya... 7 tahun ke atas gitu, gan. Apakah penyebabnya? Kalau ada yang jawab Engine Mounting..

Yak bener! emoticon-Matabeloemoticon-Mewek




Jadi Engine Mounting atau yang lebih sering dikenal dengan dudukan mesin merupakan komponen mobil berbahan karet serta dilapisi dengan besi. Engine Mounting mobil berfungsi untuk mengaitkan mesin dengan body mobil atau sasis, serta memiliki kinerja lain untuk meredam getaran pada mesin saat masih hidup.

Dalam satu mobil, biasanya sepasang (dua) atau dua pasang (empat) Engine Mounting. Mobil dengan sistem penggerak roda belakang, biasanya ada dua Engine Mounting. Misalnya, Terios, Avanza, Kijang, Carry, T120SS, dan lainnya.


Untuk mobil yang memiliki mesin penggerak roda depan, biasanya ada tiga Engine Mounting dengan tambahan satu karet Trans Mounting atau juga disebut dudukan transmisi.


Selain, getaran dan suara khas yang muncul, biasanya ciri kasat mata dari rusaknya Engine Mounting ini adalah timbulnya retakan-retakan pada karet. Nah, getaran ini semakin hebat dan begitu jalan dengan kecepatan di atas 60 km/jam, bakal sampai ke setir. emoticon-Om Telolet Om!



Kalau udah terasa gejala ini, fix tuh engine mounting soak gan. Sebaiknya sih diganti baru gan, memang harganya kalau orisinil mahal gan, satuannya bisa Rp 500.000 sampai jutaan rupiah tergantung dari jenis mobilnya.

Tapi, komponen ini memang enggak ada obatnya sih gan. Harus ganti... Belum pernah denger deh, kalau ada sampe ada yang ngakalin pake paan, atau dibubut gitu. Soalnya, enggak lucu juga, lagi enak-enak jalan, tiba-tiba mesin gasruk sama aspal... Berabe Gan.. hahaha emoticon-Ngakakemoticon-Ngacir2


Salam Cendol,
emoticon-Toast 





1
1.7K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan