KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Feeling Useless. Please Help Me Agan... Sista.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0eadadd89b09373a8b456a/feeling-useless-please-help-me-agan-sista

Feeling Useless. Please Help Me Agan... Sista.

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Quote:


Lah kok jadi kepo emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Alah tong2 lu kan di semarang sama kayak milen baru gini aja da ngeles emoticon-Betty
Diubah oleh causechooser
Quote:


Pindah lonje aja Kus, momod sini sering brendel..

Btw gw kota yg kemarin menang liga 1
Quote:


Menang karena ada anies dari rank 8 sampe 1 emoticon-Ngakak

Itu kata orang, gw ngutip aja emoticon-Betty

Ok deh emoticon-Shakehand2
Miris yah kuliah capek2 ampe cumlaude ttp susah nyari kerja..
Apalagi gw yak...

Gw abis lulus jdi pengusaha ajlahemoticon-Cool
#ngayal duluemoticon-Frown
Quote:


Lpdp bs buat lanjut apa kerja sis? Kalo job, ane ada intip juga, tapi pada minta yang pengalaman minimal 3 tahun atau lebih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iya sis emoticon-Berduka (S) semesta kadang tak adil

Quote:


Kalo lulusnya dari PTN akreditasi A, prodi A dan Fakultas A, banyak juga ya sis?

Kalo nyiapin doang udah sis, tapi jobfair dikota ane itu cuma 50 perusahaan paling banyak, dan di bagi 2 hari. Ane kebagian hari pertama, waktu itu dari 25 perusahaan yg harusnya hadir, Yg nongol cuma 15. kenapa ane masukin 6-7 karena itu yang buka loker untuk degree ane atau semua jurusan, selebihnya minta tenaga kesehatan, pertanian, kehutanan atau mipa, bukan karena ane kepedean.

Yang di jobstreet sudah ane terapin sesuai dengan yg sis bilang, skip skip, sampai dengan hari ini lamaran yg masih on proses sisa 36an.

Ada beberapa yg ane masukin utk diluar daerah spt jakarta, tapi gak semuanya karena ada pertimbangan biaya. CV yg ane upload emang bhs indo, tapi ane juga udh siapin bhs inggris utk perusahaan yg lokernya dlm bahasa inggris. Apa hal ini gak harusnya disesuaikan sis?

Btw makasi sarannya sis

Quote:


Sudah minta temen sis, selalu dibilang gak ada utk saat ini, masukin aja via satpam sapa tau ntar kalo butuh dipanggil.
Ane padahal cuma nanya apa ada loker utk back office di perusahaannya. Karena ane bingung ntar tulis posisi yg diminati di lamaran itu apa. Kalo ane isi back office, tapi besoknya loker yg kosong loker CS/Teller apa lamaran ane akan dilihat?

Iya sis, makasi sarannya
Quote:


Jurusan ane udh A sejak ane maba gan. Iya sih ane tau ipk bukan segalanya, skill lebih penting. Tapi kadang ane bingung, buktiin skill itu dari pengalaman, nah kalo gak ada yg buka loker utk freshgrad macem ane gimana ane bisa punya pengalaman?

Perusahaan2 swasta di kota ane pun kalo buka loker juga carinya yg minimal pengalaman dibidang 2 tahun. Misal PT X Plantation buka loker staff accounting dan kualifikasinya pengalaman sebagai staff akunting di bidang perkebunan 2 tahun maks umur 25 emoticon-Hammer (S)

Ada juga frontliner BPR carinya yg pengalaman sbg frontliner minimal 2 tahun maksimal umur 24 emoticon-Hammer (S)

Sebelum kuliah ane kerja sih gan, sebagai frontliner/staff admin/ticketing perusahaan tour and travel tapi itu gak bisa jadi pertimbangan karena beda bidang, katanya.

Ane gak salahin sistem cpns kok gan.

Alhamdulillah ane juga sadar instropeksi diri penting gan. Makanya waktu ane gagal di tes bank moneter ane lgsg rubah pola hidup ane yg ga sehat.

Makasi sarannya gan

Quote:


Ane ada masukin karya bakti BCA baru2 ini gan. Tapi ket di jobstreet tidak memenuhi kualifikasi.

Btw agan di bca kah? Kalo mau jadi frontliner atau back officer apa harus ikut rekrutmen terpusat juga gan seperti sucof*ndo, atau BI?

Makasi sarannya gan

Quote:


Grup alumni ada sis. Grup dosen gak ada. Yg alumni kadang ada yg share tapi buat rekrutmen terpusat spt ODP, MDP, atau MT.

Semoga ane juga diberi kemudahan kaya sista
Quote:


Punya ane kalo dihitung2 dari jaman masih pake SKL udah lebih sih gan emoticon-Sorry berkat mbak lina jobstreet yang semangat kasi ane loker, ane pun apply dengan membabi buta emoticon-Big Grin

Ada jg lamaran ane yg dari bulan september, udh tutup padahal dan ketnya sudah selesai diproses tapi kok gak ada lanjutannya, itu artinya ane gak lolos apa gimana ya gan? emoticon-Confused

Jadi skrg agan kerja dimana ni? emoticon-Embarrassment bagi loker dong gan

Quote:


Saudaraku, berikan aku secercah cahaya ke saksesan emoticon-Frown

Quote:


Perusahaan apa sis bisikin via pm dong emoticon-Embarrassment
Iya sis sampai saat ini masih gigih nyebarin lamaran via jobstreet, email, ama web2 rekrutmen. Yg offline juga masih banyak tapi masih belum ada hilalnya emoticon-Frown

Makasi sarannya sis

Quote:


Iya sis ane juga akan perbanyak doa emoticon-Frown
Quote:


emoticon-Mewek
Alhamdulillah banyak sekali pelajaran yang ane bisa dapatkan dari sebiji komentar.
Sista keren banget bisa ke terima di giant company begitu, apakah waktu sista lamar sista sudah experienced atau masih freshgraduate?

Ipk dan foto, berarti pengalaman dan achievement tidak diutamakan ya sis? Foto yang dimaksud apa yang pas foto atau yang buat resume? Ane pake foto yg buat di ijazah, memang sewaktu ane foto ane mau senyum lalu kang fotonya bilang tidak boleh senyum (bukan senyum pepsodent juga sih) karena untuk pas foto formal emoticon-Cape d... (S) tau gitu ane senyum aja ya sis.

Oh iya, foto yg sista maksud menonjolkan bagian tubuh terbaik dan pilih sudut yang jelas dan menarik apa untuk pas foto atau foto di resume saja? Maksudnya bisa beda angel gitu kah sis untuk cv? Terus bisakah foto resume berbeda dengan pas foto yang kita lampirkan juga atau harus sama sis? Begitu baca komen sista ane langsung google tapi dikit banget referensinya masih bingung hehehe sorry banyak nanya ya sis

biasanya ane bawa lamaran sesuai banyak perusahaan yg hadir dijobfair hari itu. Tapi satupun lamaran yg ane apply via jobfair sampai hari ini belum ada kelanjutannya. Sampe ibu ane bilang lamaran via jobfair tipu2, gak bkl di waro, tapi ane gigih aja ikut jobfair tiap kali ada.

Jobstreet paling banyak sis ane masukin. Misalnya nih sis, kalo ane apply perusahaan di Surabaya, lalu ane dpt panggilan wawancara, kalo ane tidak bisa datang (belum ada dana beli tiket) sampai hari H, apakah sopan kalo ane minta wawancara via skype atau mengundurkan diri sis? Kalo ane konfirmasi tidak bisa hadir apa kredibilitas ane berkurang di mata perusahaan?

Makasi banyak ilmu utk interviewnya sis emoticon-Peluk ane jadi semangat. Pasti ane terapin di setiap kesempatan.

Gitu ya sis, sejujurnya ane pun tidak merasa ane lebih superior dibanding teman2 ane, tapi nyokap dan keluarga besar ane yanh udh kepalang girang karena ane cumlaude dan perlakuan orang2 disekitar ane ke ane lah yang menjadikan ekspektasi mereka sangat besar ke ane. Ane pun seakan jadi punya beban moril. Sekali lagi makasi udh baca curhatan ane yg panjang sis dan saran2nya yg luar biasa.

Ane tunggu jawaban diatas ya sis emoticon-Embarrassment btw dari 3 itu jadi sista skrg perusahaan yg mana? Bisikin loker ya sis kalo ada hehehehe

Yg seger buat sista nih emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


Nah yg perlu agan pertimbangkan lagi banyak jurusan yg sudah memiliki akreditasi A
Bahkan jurusan ane pun mendapatkan A dah lama banget.. dari sebelum tahun 2010 gan

Ya gimana lagi.. perusahaan besar gak mau dong Nerima pegawai yg belum terbukti skillnya
Mereka kasih gaji yg besar ya minta timbal balik yg sesuai juga

Nah jelas.. kalau beda bidang mah gak masuk kategori pengalaman kerja
Kalau kata ane ya gan, kamu jangan milih2 kerjaan
Harus diperusahaan ini.. harus kerja dengan gaji segini atau harus di kota ini
Kerja sesuai bidang mu gan.. dan jadikan pekerjaan mu itu sebagai hobimu
Kalau km tekun yaaa gue yakin lama2 km bakalan bisa lebih survive dari mereka yg kerja di perusahaan bonafide
Quote:


Yang boneng nih sis? emoticon-Frown terhitung dari apa dulu nih, wisuda atau dari lulus sis? Ane lulus 31 juli, kalo wisuda baru pertengahan oktober. Tapi berasa udh jobless bertahun tahun emoticon-Berduka (S)

Ane dari univ negeri sis lokasinya di ibukota salah satu provinsi sumatera yg terkenal ama minyak nya. Maunya ane sih mana mana aja yg buka sis, tapi kok kebanyakan yang minta pengalaman minimal 2 tahun ke atas gitu malah perusahaan swasta ya? Apa di kota sis juga begituemoticon-Nohope

Makasi sarannya sis

Quote:


Serius gan. Agan di kota mana ni?

Quote:


Pake orang dalamnya cuma biar ane tau apa ada posisi kosong apa gak doang kok gan emoticon-Frown bukan minta memo.
Karena misalkan ane kirim lamaran hari ini buat back office tapi yg kosong CS/teller, apa ane akan dipanggil gan? Atau lamaran ane ditahan ampe posisi yg ane tulis kosong?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Oh pekanbaru rupanya emoticon-Hammer2

Sekarang freshgraduate kalau mau kemungkinan besar diterima harus bisa bahasa inggris kayak bahasa ibu

Bagus belajar bahasa inggris aja dulu
Diubah oleh causechooser
cari lamaran via relasi aja...kalo di koran mah kadang syarat nya berat2 dan sangat menyulitkan

kerja di batasin umur ga lewat 35 tahun seakan usia 36 dst ga ada hak untuk bekerja di negara ini padahal usia segitu masih segar dan kuat emoticon-Matabelo

entah apa di balik angka 35 itu
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
Quote:


Bukan gak ada hak om tapi biasanya 35+ sudah diminta punya pengalaman
Quote:


Ane gak punya kampung gan emoticon-Berduka (S) ane tinggal disini sejak kecil tapi komplek perumahan ane ini orangnya elo elo gue gue, yg bersahabat paling keluarga2 muda yg nyewa rumah kontrak di komplek ane. emoticon-Hammer (S)

Loker ekonomi emang banyak gan tapi pada mintanya yg berpengalaman emoticon-Frown s sedih aku tu.

Gak ada gan, cuma dulu ada 1 bumn bidang infrastruktur yg oprec kekampus ane, ane ikutin walaupun ane belum lulus (waktu itu ane semester 7, baru kelar seminar proposal) tapi ane gagal di tahap 2. Karena ane masih ada kelas ane pun pikir oh mungkin emang belum rejeki ane buat kerja. Setelah itu gak ada lagi. Menjelang uas ada buka loker magang di bumn buat 60 org. No tes,cuma siapa cepet dia dapat. Ane daftar, no urut 5. Katanya awal tahun 2018 dikabarin via sms eh nyampe skrg gak ada kabar. Teman2 ane jg bingung itu jadinya gimana.

Alhamdulillah ane gak pernah nolak gan emoticon-Frown tes juga selalu ane ikutin, ampe luar kota tesnya juga ane jabanin selagi ada dana. Tapi belakang ane udh stop ambil yg tesnya diluar kota karena kasian ama nyokap pusing mikirin biaya test ini ono.


Quote:


Tahun ini ane 23 gan

Quote:


emoticon-Embarrassment bisa jadi gan
menurut gw nih pengalaman dlu pas freshgrad :
1. Kalo ane dlu liat website di perusahaan yg ente pgn coba, biasa nya mereka taro "karir", ente coba aja apply lewat sana. Jangan fokus di jobfair or yg lain..
2. Waktu gan, coba awal tahun aja. Jangan akhri tahun begini.. Kerja bentar udah libur..
3. Apply via jobstreet atau yg lain mending langsung perusahaan bonafit, buat jenjang karir ente berguna. Jangan habisin waktu di perusahaan kecil kalo ente mau nya cari jenjang karir. Kalo ente mau nya isi waktu atau belajar ya silahkan. Karna ke depan ente mau loncat ke perusahaan yg gede jg gampang.
4. Tetep semangat gan, yah agak jual mahal dikit kalo wawancara ntar yee.. Jadi gk keliatan kita butuh mereka banget.. Walaupun asli nya butuh.. Buakakaka..

Last but not least :Kejar mimpi mu sejauh mungkin di masa muda pasti ada jalan nya.

"lahir miskin or susah itu bukan salah mu, tapi hidup - mati mu miskin or susah itu salah diri mu sendiri yg gak mau merubah".

Cheers!!

Mantan budak kapitalis
Diubah oleh Micky.
Quote:


Apakah ane segitu kurang rupawannya sis emoticon-Turut Berduka

Quote:


Kenapa ada wan abud?

Quote:


Amin gan, semoga lancar usahanya agan

Quote:


Iya gan mengapalah di kota ane ini pada mintanya yang berpengalaman dengan batas umur yg mepet pula emoticon-Sorry
Apa ane ketuaan gan?
Btw agan pertama kali kerja gimana ? Apa agan melamar dari job fair, offline, online, rekrutmen terpusat atau gimana?


Quote:


Gak jodoh ya gan? emoticon-Berduka (S) emang agan di mana? Medan kah?

Belajar bhs inggris maksudnya ikut les atau ikut test toefl apa gimana gan?

Ane skrg side job nge translate dokumen eng-ind, ind-eng, buat uang jajan.

Kalo toefl ane pertama kali maba udh ikut yg dari kampus. Tapi buat perusahaan plat merah, toefl dari lembaga bahasa kampus gak diterima. Toeflnya kudu yg dari lembaga khusus ya gan? Masih ane kumpulin sih duitnyaemoticon-Nohope
Quote:


Spertinya sih begitu, udah nyoba tanya senior ente sist ? Ane dulu sih sbelum dpet kerja sambil magang, jadi lumayan bisa buat batu lompatan sama ngisi CV emoticon-Smilie
Sekarang jdi kuli gambar sist emoticon-Malu
Quote:


Untuk apa pengalaman dan achievement? Kecuali dr organisasi semasa sekolah/kuliah. Kamu kan baru lulus. Waktu itu saya juga baru lulus. Ikut tes di kpmg deloitte dan pwc. Diterima di tiga2nya, karena pwc paling dekat dg kos ya saya ambil pwc haha. Setahun bisa ada beberapa kali tes so best of luck.

Betul foto ijazah harus serius. Namun foto buat resume dan pas foto boleh kok tersenyum sopan. Sekarang akhir 2018 sis, bukan jaman 90an yg berdiri tegak kaku melihat kamera. Tetap pakai blazer, latar belakang merah/biru, ambil sudut wajah yg terbaik. Coba selfie berkali2 utk mendapatkan angle terbaik (mungkin ini satu2nya manfaat positif dari selfie). Minta pendapat org2 utk best angle jgn hny ibu kamu.

Jobfair biasanya ga tipu2 kok, cuma mgkn banyak yg melamar jd ya sabar saja.

Jika beda kota dr awal dikontak hrd lgs terangkan jika kamu di kota lain dan usulkan menggunakan skype. Biasanya malah dibelikan tiket pp utk pergi kesana, mgkn utk level tertentu (hati2 penipuan, jika sistem reimburse -kamu beli tiket dulu- sudah pst penipuan). Kredibilitas berkurang jika kamu terlambat atau last minute change the time. Jika ingin mengganti waktu lakukan seminggu atau 3 hari kerja sebelum interview kecuali jika perusahaan menghub.kamu di last minute juga.

Hehe sekarang saya di perusahaan rokok, tapi sedang di pilot project. Sudah beberapa kali disuruh kembali ke pwc, but yeah, no life hahaha. Jgn dibayangkan enak kerja di big 4. Cv kamu memang akan bagus tapi sebanding dg workload-nya dan waktu yg akan kamu habiskan disana.

Sama2 sis, happy to help. Btw saya lelaki hehehe.

-stay powerful, stay humble-
Diubah oleh anakmarensore
Halaman 2 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di