KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Feeling Useless. Please Help Me Agan... Sista.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0eadadd89b09373a8b456a/feeling-useless-please-help-me-agan-sista

Feeling Useless. Please Help Me Agan... Sista.

Ijinin ane curhat dimari gan...

Galau banget ane gan emoticon-Turut Berduka

Ane cewe, 23 tahun, freshgrad, baru lulus juli 2018 ini dari salah satu PTN di sumatera akreditasi A gan. Ane s-1 ekonomi, jurusan akuntansi, lulus dpt gelar cum laude dengan ipk 3.8x.

Singkat cerita ane udh masukin lamaran kemana mana gan emoticon-Turut Berduka bahkan sebelum ane wisuda (wisuda bulan oktober 2018)

Ane ikut PCPM BI bermodal SKL dan cuma sampe tahap 3. AP 2 ane ikut sampai tahap psikotes online. Emang nasib ane dari dulu sering apes alhasil section 4 di tes itu gak tau kenapa gak bisa ke save gan di webnya. Udh ane tungguin tuh dua jam masih aja loading alhasil jam 12 siang teng! Udh ke tutup aja tu servernya (batas tes jam 10-12, ane kelar 10.35, nunggu loading nge save jawaban yg section 4 bisa2) jadi gagal.

Skip skip, ane udh banyak masukin lamaran via jobstreet, sampai detik ini belum ada panggilan wawancara emoticon-Hammer (S) kalo ane liat di aplikasi lamaran, beberapa masih di proses dari bulan september maren dan ada juga yang ketnya tidak memenuhi persyaratan gan padahal persyaratannya gak macem2 gk ngerti ane kenapa gak memenuhi. emoticon-Mewek

Skip skip, ane ikut jobfair dan masukin sekitar 6-7 lamaran yg sesuai ama degree ane. Lamarannya lengkap, mulai foto, cv, ktp, kk, ijazah, transkip, skck, ak1, sertifikat cumlaude pamuncak toefl sertifikat2 lain, piagam dll ane masukin tapi sampai skrg kaga ada satupun followupnya gan

Selain itu ane juga masukin lamaran2 di regional ane tapi suka sebel sendiri kadang gak masuk akal mintanya selalu pengalaman dibidang minimal 2 tahun, atau 3-5 tahun. Parahnya kadang maksimal umurnya 24 tahun emoticon-Hammer (S)

Yg nerima freshgrad cuma atu atu itupun buat frontliner dengan minimal pendidikan D3. Tapi ane masukin juga sih cuman ampe ini skrg kaga ada follow upnya gan.

Kalo dari look, ane juga gak gemuk kok. Cuma agak berisi. Apa iya cewe2 berisi gak bisa keterima jadi frontliner gan?


Ane juga ikut cpns, (ini harapan terakhir ane ama nyokap ane emoticon-Berduka (S)) ane ambil bpk formasi khusus. Nilai ane lumayan sih dibanding ama temen2 ane yg umum tapi barusan pengumumannya keluar dan ane gak masuk perankingan P1/L (lulus PG maju SKB) ane cuma p1. padahal ane udh belajar mati2an, pergi tes diantar ama nyokap yang naruh harapan besar ama ane dan ditungguin ampe selesai. Udh happy dia ane lulus PG karena rata2 banyak yg gak lulus.

Eh malam ini ane langsung down liat ane gak bisa lanjut skb sementara temen ane yg belajar seadanya baik dikampus atau sblm tes pun lolos dari jalur formasi umum padahal nilainya dibawah ane. emoticon-Frown

Nyokap pun walau berusaha kalem tapi ane tau dia lebih down lagi. Karena ane harapan satu2nya utk angkat derajat keluarga. (ane anak yatim gan, ditinggalin dari kelas 4 sd. Ane punya 2 kakak yg dua2nya bandel masa sekolah, sma do, kuliah bolos jadi do juga, jadi skrg cuma kerja seadanya. Padahal nyokap ane banting tulang sekolahin kita sejak bokap ane meninggal. Makanya dia berharap besar sama ane. Tapi ane masih belum bisa bahagian dia). emoticon-breakheart

Ane dikampus juga aktif organisasi kok tapi senior2 ane diorganisasi malah kuliahnya belum tamat2 gimana ane bisa dpt link loker emoticon-Frown

Ada juga katingnya senior ane yg skrg udh kerja bagus di bumn tapi dari jaman ane aktif ngurus tetek bengek di organisasi tiap ane coba deketin via sosmednya buat sekedar reuni organisasi pun gak pernah diwaro apalagi kalo ane minta lokeremoticon-Berduka (S)

Ada juga kenalan ane tapi pada pelit2 emoticon-Mewek
Kalo ane tanyain ada loker apa gak di tempat kerjanya selalu bilangnya kaga ada, liat aja di koran, atau kirim aja lamaran dulu kalo mau titip ke satpam, begitu. Padahal dulu dia juga ngakunya bisa masuk karena ada sodaranya disana yg bisikin loker soalnya untuk posisi itu kalo ada job vaccancy gak bakal di share di media

Yg dishare banyakan buat sales dengan minimum pendidikan sma/smk

Skrg ane udh pasrah, ane mau kerja apa aja, backoffice, frontliner, staff accounting, junior auditor di kap atau admin juga mau. Asal bisa mulai bantu ringanin beban nyokap ane.

Ane sebenarnya pingin kerja di ibukota atau di jawa. beberapa loker juga ane masukin. Nyokap ane juga seneng banget kalo ane bisa dpt kerja diluar sumatera sekaligus buka jejak buat adik2 sepupu ane kalo mereka mau keluar sumatera, tapi ane kasian juga kalo tesnya banyak ampe lima tahap gitu, bukan ringanin malah nambahin beban nyokap perihal tiket pesawat, inn dll.

Adakah dari agan agan disini yang bersedia bantu ane emoticon-Turut Berduka
Bisik-bisikin loker yang bonafide dong gan emoticon-rose
Halaman 1 dari 4
LPDP?
hmm...
beginilah yang namanya hidup
ekspektasi jauh beda dengan realita
dan bahkan sering pula terkesan tak adil
lulus cum laude ipk 3,8x itu nothing special.
karena bnyk yg dpt nilai segitu.
taruh lamaran di job fair itu minimal siapin 50 amplop, kalo cuma 6-7 itu namanya kepedean.
apply di jobstreet itu minimal 20 lamaran / hari.
admin / staff accounting fokus aja dulu disitu.
walau minta pengalaman 2 tahun, klik aja jika kuota 20 lamaran / hari tidak terpenuhi. cuma modal klik ini.
foto lamaran upload yang bagus, cv pake bahasa inggris.
jobstreet emang kadang dipanggil kadang enggak.
meski udah sesuai kualifikasi mu.
saran ku sich coba minta teman klo ada lowker.
cara ini lebih manjur ketimbang pake situs pencari kerja.
Karena kamu langsung di review ama user.
Meski kadang penilain nya absurd.
Aq pernah diminta pendapat ama bos ku mengenai lamaran karyawan baru.
Inti nya itu perusahaan ngeliat cv mu match gak dengan kebutuhan mereka.
Sama klo punya orang dalam enak karena bisa jadi karyawan titipan.
Ato titipan client di vendor.
Rajin2 lah nyari koneksi
Lulus dengan predikat cumlaude dengan ipk 3,8x itu bukan menjadi jaminan agan bisa dapat pekerjaan yg mapan
Jaman Sekarang ipk itu kaya diobral gan.. banyak yg punya ipk bagus
Gak cuma agan doang
Kenapa ane bisa bilang gt? Karena setiap jurusan mendambakan akeditasi A
Dan syarat mendapatkan akreditasi tsb ya lulusannya punya ipk yg bagus dan lulus tepat waktu

Kalau agan emang niat kerja ya jangan putus asa
Sebar lamaran kerja sebanyak mungkin
6-7 itu kata ane cuma sedikit
Kalau bisa puluhan lamaran gan

Terus masalah CPNS agan gak bisa dong nyalahin sistem.. diawal CPNS sudah memfasilitasi agan untuk memilih formasi dan juga penempatan kerja
Agan harus bisa menyusun strategi yg paling tepat
Kalau nilai agan tinggi tapi gak masuk ujian skb ya itu kesalahan terletak pada agan yg salah mengambil strategi tempat kerja

Terus kerja yg diutamakan adalah mereka yg punya pengalaman kerha 2-3 tahun

Ya jelas lah hahaha ipk bagus aja gak cukup
Sejatinya materi kuliah yg bisa diterapkan di dunia kerja itu hanya sedikit
Lebih banyak softskill, daya juang, ketekunan, dan ketahanan kerja
Ipk bagus tapi gak punya softskill mah ampas doang

Sekarang agan harus ngapain?? INSTROSPEKSI DIRI GAN jangan gampang nyalahin sana sini
Lihat dibagian mana agan memiliki kekurangan dan perbaiki lah
BCA. Bisa pilih dikota mana.

Banyak sih kerja mah, infonya aja yang ngumpet.
sista ada grub wa alumni jurusan tdk? atau 1 grub sama dosen jurusan? mungkin sista bisa tanya2 info loker dari situ....

ane juga dulu spt sista, tp berkat relasi jalan ane dipermudah
Apply lamaran ente di jobstreet kurang banyak mungkin, ane dulu sampe 70 lebih emoticon-Ngakak (S) sekali nya dpet kerjaan, eh bnyak panggilan yg masuk emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
saatnya bertanya pada sudara yg udah sakses. emoticon-Cool
di perusahaan tempat saya kerja lagi nyari consultant manager ( mungkin udah ada yg mau isi) dan admin tuh, tapi ga sesuai ya ama kualifikasinya.

Saran saya ya sebar lamaran via jobstreet, dan jgn terlalu pilih" untuk yg pekerjaan pertama, asal dirasa nyaman ya acc sekalian nambah" pengalaman
Diubah oleh rh091
Quote:


Saran tmn2 semua bagus2 terutama yg ini.
Ijinkan saya menjawab permasalahan ini. Saya pernah diterima di pwc, astra, dan sampoerna jadi saya rasa saya cukup valid menjawab persoalan ini.

Waktu itu di pwc satu gelombang hanya menerima 30 orang dari 7000 pelamar. Astra mungkin sekitar 5000 orang pelamar dg tes 7 tingkat dan hanya menerima 50 orang. Sampoerna mgkn sama sekitar ribuan org juga.

Ketika saya diterima dan menjadi karyawan, saya pergi ke ruang arsip mereka dan melihat puluhan bahkan ratusan ribu amplop resume (belum termasuk yg online). Saya tanya bgm cara mereka mensortir yg layak dan yg tidak. Jawaban mereka simpel: lihat IPK dan Foto.

Jika ipk sudah memenuhi berarti tinggal foto. Pilih sudut wajah yg jelas dan menarik. Tonjolkan bagian yg menarik misal hidung mancung, dagu lancip dll. PASTIKAN ANDA SEDIKIT TERSENYUM DI FOTO (senyum tulus spt pertama kali anda berjabat tangan dg seseorang).

Google saja ttg bgm cara berfoto untuk cv/resume.

Not in negative way, tapi umumnya perusahaan suka memilih org tampan/cantik. That's why people put spg/spb to attract customers to buy, right?

Ke job fair bawa puluhan resume. Jgn pernah pake bahasa indo sekalipun perusahaan menulis profil mereka dalam bahasa indo.
Jobstreet jobsdb loker online? Tembak semua lowongan yg ada, habiskan saja kuota mereka. Jika penempatan luar pulau klik saja oke. Utk daerah Jawa terutama Jakarta, Surabaya sangat banyak perusahaan mencari staf fin/acctg.

First impression is the most critical part of the process. Pastikan penampilan rapi, baju rapi dan wajah bersih, mulut gigi hidung harus bersih, pakai sedikit parfum tp jangan berlebihan.
Berdiri tegak, sedikit tersenyum dan tatap mata hrd/user anda.

Ketika pertama berjabat tangan pastikan jabatan tangan anda firm dan cukup kuat. Lebih kuat drpd menggenggam telur, seperti memegang gelas penuh air, tapi lebih lemah drpd mengangkat melon/brg berat. Jangan kasih ujung jari anda, jangan salam spt agama mayoritas di negara ini (dua tangan disatukan didepan dada dr jauh dan tdk bersentuhan), jangan terlalu cepat menarik tangan anda seolah org itu berpenyakit ebola, pun jangan terlalu lama spt seolah anda naksir gebetan.
Jawab pertanyaan interview dg santai namun serius. Selalu tatap mata si penanya dan beberapa kali senyum sopan.

Cum laude is common. Lotsa my friends got magna cum laude and went to Master degree and still find trouble to get job these days.

Perbanyak ibadah sedekah dan puasa, agar Dia senang melihat muka anda dan didengar permintaan anda ketika bersujud didepanNya.

-stay powerful, stay humble-
Diubah oleh anakmarensore
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
usaha dan doa

kalo menurut sista usahanya udh yg terbaik, berarti sista kurangnya di doa.

good luck ya sisemoticon-Jempol
Fresh graduate itu umumnya butuh waktu beberapa bulan sampai 1 th buat dapat kerjaan pertama. Saran ane, baiknya ga perlu cari yang besar atau skala luas dulu.

Universitas memengaruhi sih. Semakin bagus universitas, semakin dikenal namanya, alumninya banyak dan udah pada tau kualitas alumninya, semakin dicari lulusannya.

Buat pekerjaan pertama dicoba aja di perusahaan kecil sampai menengah, asal dapat pengalaman dulu. Setahun kerja coba pindah ke yg agak gede.
Serius mau cari kerja apapun ?
Pm gw kalau minat !
nyari job kok pake orang dalem.

wajar sih kalo kenalan lu itu ga mau ngasih info loker. bawa orang buat masuk ke tempat kerja itu susah bray. kalo orang yg di bawa ga sesuai ekspetasi, yg bawa juga kena imbas.

emoticon-Hammer2
IPK nya tinggi banget sampel 3,8x...

Padahal jurusan ekonomilah yang paling banyak lokernya, ane rasa ente awal2nya pemilih pekerjaan dan dengan sombongnya menolak sana sini.

Bukannya banyak kampus memfasilitasi Mahasiswa nya untuk cari kerjaan ya?


Anyway, dari pada nganggur mending coba lari pagi keliling kampung, bergaul dengan tetangga dan kawanan anak muda kampung.
Quote:


Baru keliatan lagi apa yang satu ini emoticon-Matabelo, aku mau Kus mau cabs dari ini.


-----
Maaf dopost...

btw TS umur berapa
Quote:


Tapi luar pulau tong emang lu mau ? emoticon-Ngakak
Kalau tsnya kebetulan sama dengan gw mungkin sekota emoticon-Betty
Quote:


Ini Medan Bung...
Gw orang sini bang Kus :/
Gw di Simpang 7
Quote:


Lu di gapertanya ya ? emoticon-Bingung
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di