ewaneyla99Avatar border
TS
ewaneyla99
Musim'nya Uler Jati Nih, Tempatmu Juga?


Gansis,
Udah lihat beberapa berita di tv belom tentang membludaknyaulat sampai ke pemukiman warga ?? Mereka bisa nempel ke tembok , lantai maupun atap , udah seperti keroyokan emoticon-Big Grin


Ditempat ane lagi musim ulat jati. Karena ane orang jawa tulen , ulat disebut 'uler' di tempat ane. Jadi disini ane prefer buat nyebut uler ya gansis biar ga salah pengertian. Warna nya hitam gelap, ukurannya sebesar mie. Uler jati memakan daun jati disaat awal musim hujan.



Pada awal musim hujan, pohon jati memunculkan daun-daun muda yang berwarna hijau kemerahan. Daun muda inilah ngengat jati meletakkan telurnya. Rata-rata satu betina mampu bertelur 500-1000 butir. Dalam dua hari telur-telur tersebut menetas menjadi ulat kecil yang rakus, yang menyantap daun muda hingga hanya meninggalkan tulang daunnya. Setelah bertumbuh seukuran 4-5 cm (dalam waktu 10-15 hari) ulat akan turun ke tanah untuk berkepompong.


Namanya juga uler jati, yaa asalnya berati dari pohon jati. Ga kebayang satu pohon bisa nampung puluhan uler, dalam 1minggu daun pohon jati bisa di lalap habis ama mereka



nah kan? Tinggal serat & tangkai daun nya aja.
Dari temen ane yang rumahnya sebelahan ama kebun pohon jati, kurang lebih ada sepuluh pohon, kalo mereka pup dan kotorannya jatuh kebawah bisa sampe bunyi pletok2 kek gerimis, dihh ..


Memang, bagi sebagian orang yang mengalami fobia terhadap binatang merayap ini, akan mengalami kesulitan dan ketakutan untuk hidup di lingkungan tersebut. Namun, bagi masyarakat yang sudah memilih tempat tinggal di pinggir hutan jati, tentunya sudah menyadari kemungkinan gangguan (ketidaknyamanan) dengan keberadaan ulat-ulat jati tersebut.


Seperti ane, meski ane ga takut megang tikus, berburu cicak, bahkan membantai kecoa yang bikin dapur ga kejamah ama emak ane, ane sangat takut dan geliii dengan yang namanya ular. Pernah kemarin waktu harus kewarung lewat jalan biasa dilewati, karena pohon jatinya ketempatan uler, ane harus puter cari jalan pintas. Gimana ga takut, uler jatinya aja ada yang gelantungan seperti benang laba2, n bisa aja nempel di kepala dan baju .


Dari informasi yang ane daper, uker jati kagak bikin gatel, (ane juga ga tau sih ) , nah yang harus diwaspadai adalah air liur si uler kalo nempel dibaju bakal susah ngilanginnya karena warnanya yang gelap.


Quote:


Quote:



Buat kalian yang ga ngerti ini lagi musim uler jati, pasti tinggal nya di kota emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin




Oke gan sis, sekian info dari ane..
Semoga menghiburemoticon-Matahariemoticon-Matahari






gambar:google
Ide : ewaneyla99
Diubah oleh ewaneyla99 04-12-2018 14:18
lurika
anasabila
4iinch
4iinch dan 12 lainnya memberi reputasi
13
17.1K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan