arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Indonesia bukan Negara Muslim Terbesar di Dunia Andai India Masih Bersatu

Sumber : Slideshare.net


Seperti yang kita tahu, saat ini Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Dari 262 juta jumlah populasi penduduk Indonesia, 87,18 persen atau sekitar 209 juta jiwa diantaranya merupakan penganut agama Islam. Meski populasi muslim di Indonesia sedikit menurun bila dibandingkan dengan tahun 80an, namun Indonesia masih tetap menjadi negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia. . 


Muslim Indonesia (sumber : sindonews.com)


Memang saat ini Indonesia berstatus sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Namun predikat tersebut tidak akan diraih oleh Indonesia andai Negara India masih bersatu. Pasca berakhirnya penjajahan Inggris di India, negara tersebut akhirnya terpecah akibat latar belakang agama. Wilayah dengan mayoritas muslim memisahkan diri menjadi negara sendiri dengan nama Pakistan. 

Mohammad Ali Jinnah merupakan tokoh yang paling berpengaruh dalam terpisahnya Negara Pakistan dari India. Jinnah merupakan pendiri dari partai All-Indian Muslim League. Awalnya dia meminta otonomi khusus untuk wilayah mayoritas muslim di India. Namun akhirnya menginginkan adanya negara terpisah untuk muslim. Jinnah berpendapat bahwa umat Hindu dan Muslim tidak dapat hidup bersama karena mereka bangsa-bangsa yang berbeda.


Muhmmad Ali Jinnah (kiri) dan Mahatma Gandhi (kanan) (sumber : firstpost.com)


Pakistan pun akhirnya meraih kemerdekaan pada tahun 1947. Saat Pakistan resmi terpisah dari India, Jinnah menginginkan hubungan antara India dan Pakistan harus berjalan dengan baik serupa yang terjadi antara Amerika Serikat dan Kanada. Namun pasca kematian Jinnah pada tahun 1948, penerusnya mengambil jalan yang bersebarangan dengan New Delhi. India dan Pakistan mengalami sejumlah pertikaian hingga berujung perang.

Sejak kemerdekaan Pakistan, tercatat negara tersebut sudah empat kali terlibat perang dengan India. Umumnya perang antara India dan Pakistan dipicu karena perebutan wilayah Kashmir. Kedua negara sama-sama menginginkan wilayah Kashmir seutuhnya menjadi milik mereka.


Perang India-Pakistan (sumber : newsncr.in)


96 persen atau 178 juta penduduk Pakistan merupakan penganut agama Islam. Dengan jumlah muslim yang sebesar itu, menjadikan Pakistan merupakan negara dengan populasi muslim terbesar kedua di dunia setelah di Indonesia. 

India pastinya akan menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia andai Pakistan masih menjadi bagian dari mereka. Di negara mayoritas Hindu tersebut, saat ini memiliki populasi muslim sebesar 172 juta jiwa atau 14,2 persen dari keseluruhan populasi India. Bila populasi muslim dikedua negara tersebut dijumlahkan, angkatanya mencapai 350 juta jiwa.

Itu belum termasuk dengan populasi muslim yang berada di Negara Bangladesh. Bangladesh sendiri merupakan wilayah Pakistan yang memberontak dan akhirnya menjadi negara yang berdiri sendiri. Di sana jumlah populasinya muslimnya mencapai 150 juta jiwa atau hampir 90 persen dari total populasi Bangladesh. 

Jumlah populasi muslim di India, Pakistan, dan Bangladesh mencapai angka 500 juta jiwa andai ketiga negara tersebut masih bersatu. Lebih dari dua kali lipat jumlah populasi muslim di Indonesia. Jadi walaupun India mayoritas hindu, namun negara tersebut akan memegang status sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia andai Pakistan masih menjadi bagian dari India. 

Referensi :
https://databoks.katadata.co.id/data...terbesar-dunia
https://tekno.kompas.com/read/2011/0...slim.terbanyak
https://www.republika.co.id/berita/d...besar-di-dunia
https://www.merdeka.com/dunia/bangla...mi-negara.html
https://www.dw.com/id/india-pakistan...eru/g-40085903


4
12.2K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan