Selamat Datang di Thread Ane
Setiap kendaraan bermotor itu punya yg namanya mesin untuk bikin dia bisa bergerak. Peranan mesin itu kayak jantung di tubuh manusia gan. Dia berperan sebagai pengalir darah (oli kalo dimesin) dan juga sumber tenaga
Mesin itu terbagi 2 jenis , ada yg mesin tipe bensin dan ada juga yg bermesin diesel. Kalo mobil yg agan pake buat harian rata2 pabrikan ngasih kita pilihan mau yg tipe bensin atau yg diesel.
Tapi hal itu gak berlaku kalo agan beli 1 unit bus. Kalo ente beli 1 unit bus gak ada pilihan lain selain mesin diesel, apapun merk pabrikannya. Kenapa kok cuman ada mesin diesel ? Nah itulah yg pengen ane bahas di thread ini. So kenapa semua bus pake mesin diesel dan bukan mesin besin ???
Efisiensi
Quote:
Mesin diesel itu punya Horse Power yg kecil, akan tetapi punya torsi yang sangat besar. Hal ini membuat bus dapat berjalan 100kpj hanya pada putaran 1000-1500 rpm. Dengan demikian konsumsi bbm pun jadi irit
Beda dengan mesin bensin , mesin bensin punya Horse Power yg besar akan tetapi torsinya lebih kecil. Sehingga ketika akselerasi butuh rpm yg tinggi.
So dengan kemampuan mengangkut beban berat mesin diesel sangat efisien dipakai pada bus.
Durability
Quote:
Mesin diesel itu gak manja gan. Material yg dipake juga kuat dan sebagian besar terbuat dari baja. Hal ini karena mesin diesel itu didesain untuk menahan kompresi dan hawa panas yg luar biasa.
Mesin diesel itu gak pake sistem pangapian busi yg ada pada mesin bensin. Sehingga gak ada istilah pembakaran yg gak sempurna. Itu juga yg bikin mesin diesel ini lebih awet dan tahan lama gan.
Nah itu dia tadi alasan-alasan utama kenapa bis gak ada yg pake mesin bensin gan. Kalo agan mau tambahin secara teknis dan mendalam silahkan, nanti ane taro page one.
TERIMA KASIH 
Mampir ke Thread Ane yang lain
Berapa sih gaji supir bus ???
Foto pesawat terbang yg cool abis
Jenis-jenis Ban pada Bus
Tambahan dari komentar :
Quote:
Original Posted By azid12353►ane bantu nambahin TS
kelebihan mesin diesel :
- Solar biasanya lebih tahan terhadap panas yang tinggi. Api pun tidak akan langsung menyambar solar selayaknya api menyambar bensin.
- Dari sisi keamanan, solar tidak menghasilkan uap sebanyak bensin. Sehingga mengurangi kemungkinan terbakar akibat panas yang tinggi. Risiko adanya percikan api dari uap bahan bakar di mobil diesel yang bekerja itu lebih sedikit
- Kelebihan lain pada mesin diesel juga dapat di lihat saat terjadi banjir. Mesin diesel yang tidak memiliki komponen pengapian listrik seperti busi. Saat bagian mesin terkena air, risiko adanya arus pendek hampir nihil, tidak seperti yang kerap terjadi pada mobil bensin.
- Mesin Diesel menghasilkan torsi/kekuatan menarik yang lebih baik pada rpm rendah. Gambaran kasarnya, mesin Diesel empat silinder menghasilkan torsi yang sama dengan mesin bensin enam silinder, meski biasanya beda Hp
kekurangan :
- Berisik. ngga kaya mesin bensin yang sebagian besar suaranya berasal dari knalpot atau sistem pembuangan, di mesin Diesel kebisingan berasal dari mesin itu sendiri.
- Tarikan lemot
udah si segitu aja menurut ane, karena ane juga pengguna diesel. Lebih tepatnya pemakai isuzu panther,. Selama make diesel belum nemu kendala mesin atau kerusakan mesin yang berarti. Nerjang banjir aman, jarak jauh joss.

Quote:
Original Posted By vinsgod►Banyak yg miss informasi mengenai mesin diesel disini
Hasil pembakaran mesin bensin sebenarnya lebih berbahaya daripada diesel
Memang diesel jika dilihat dan dihirup telihat lebih kotor dan berbau
berbeda dengan bensin yg seolah2 lebih tak kasat mata
Tapi kandungan kimia pembakaran mesin bensin lebih berbahaya
Alasan kenapa mobil pribadi jarang yg diesel karena diesel getarannya lebih terasa daripada mesin bensin
Bagi sebagian orang mungkin kurang nyaman
Mesin diesel diciptakan untuk mesin pekerja
Jadi memang untuk long term. Lebih bandel dan awet. Perawatannya juga lebih mudah
Quote:
Original Posted By prabowosandii►oke lah kalo buat bus / truk
tapi kalo bicara mobil
kalo tujuannya mau irit, ane lebih suka fokus mesin bensin cc kecil daripada mesin diesel
bensin banyak pilihan, bisa pertalite, bisa pertamax, dll
kalo mobil jadul bisa pake premium
tingkat irit nya bisa di sesuaikan dgn kompresi mesin nya
tapi kalo diesel pilihannya cuma biosolar atau dex aja
rata2 diesel jaman now cocoknya pake dex (muahal), walau banyak juga yg maksain diri pake biosolar karena lebih murah, tapi resiko nya sama kayak mobil bensin pertamax di kasi minum premium, ngerusak mesin dalam jangka panjang
baunya menyengat dan suara nya bising, itu salah satu efek negatif mobil diesel dikasi solar busuk, gak sesuai sama atribut kemewahan yg di usung nya
Sumber gambar : Google