- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
Surat Terbuka untuk BCA


TS
chitat0
Surat Terbuka untuk BCA
Spoiler for Solved:
Spoiler for Keluhan:
Dear Halo BCA,
Saya dikirimi 3000 Euro dari Kakek saya di Spanyol pada Selasa, 14 November 2018 melalui Deutsche Bank. Kata orang dari Deutsche Bank uang akan masuk ke rekening saya paling lama 4 hari. Jadi harusnya paling lama uang tersebut sudah masuk ke rekening saya pada Sabtu, 18 November 2018.
Saya cek pada tanggal tersebut, tapi tidak ada uang masuk. Kemudian saya berpositive thinking bahwa uang akan masuk ke rekening saya pada Senin, 19 November. Saya kemudian bertanya kepada twitter @HaloBCA dan tidak mendapatkan respon yang baik. Bahkan mereka hanya menekankan kepada saya bahwa saya harus membayar biaya tambahan koresponden dan biaya administrasi. Intinya mereka mengabaikan pertanyaan saya dan selalu menjawab bahwa saya harus membayar biaya tersebut. Baiklah, saya akan bayar, tapi uang saya mana, kenapa belum masuk?
Hingga Jumat 23 November uang tersebut masih belum masuk. Saya kemudian menelfon CS BCA dan tidak mendapatkan jawaban yang pasti. Katanya itu merupakan dana pasif dan tidak bisa di cek. Padahal saya memiliki bukti pengiriman.
Karena masih tidak puas, pada Selasa 27 November saya datang ke BCA KCU Yogyakarta dengan membawa bukti pengiriman.
Ternyata seharusnya orang dari BCA menelfon saya dan memberitahu bahwa ada dana dari luar negeri yang akan masuk ke rekening saya. Dan mereka tidak melakukan hal tersebut sehingga uang saya “katanya” dikirim kembali ke Deutsche Bank yang di Spanyol.
Dan CS yang saya temui bersikeras bahwa BCA sudah menelfon saya dan saya tidak menjawab. Saya kemudian memperlihatkan bukti semua telfon masuk saya dan menjelaskan bahwa BCA benar-benar tidak menelfon saya.
Kemudian seorang supervisor mengatakan “oh sepertinya ini karna salah nomer rekening jadi tidak masuk dananya”
Deutsche Bank memang menuliskan kode bank digabung dengan nomer rekening saya. Jadi 014xxxxxxxxx. Tapi itu merupakan petunjuk dari CS BCA yang saya telfon pada Sabtu 10 November 2018. Dia menjelaskan bagaimana cara mengirimkan dari luar negri ke rekening saya. Saya bahkan sampai menelfon ke CS BCA dua kali untuk memastikan, dan jawabannya sama, “digabungkan Buk, kode bank di depan”
Saya kemudian pulang dan menelfon serta mengirimkan email ke pengirim di Spanyol. Dan dia menjelaskan bahwa “itu kode bank di pisah kok, itu di receipt memang di gabungkan karna memang prosedur penulisan di sana begitu”
Baiklah ini sebenarnya kesalahan siapa? BCA kah? Pengirim kah? Deutsche Bank kah? Atau saya kah?
Oia, kata CS BCA seharusnya uang yang dikirimkan ke saya sudah kembali ke rekening pengirim di Spanyol. Akan tetapi hingga Sabtu, 1 Desember 2018 belum ada uang yang dikembalikan. Sehingga timbullah pertanyaan baru, uangnya tersangkut di mana?
Pada 1 Desember tersebut saya mengirim email kepada HaloBCA dan mendapatkan balasan yang menurut saya tidak memuaskan. Saya malahan diingatkan untuk membayar biaya tambahan koresponden dan biaya administrasi lagi. Dan mengatakan bahwa kemungkinan pengirim tidak benar-benar mengirimkan uang kepada saya. Padahal saya sudah melampirkan bukti transfer. Lucunya, pada tanggal 23 November kemarin saya sudah ke bank dan memperlihatkan bukti transfer kepada CS dan supervisor yang menemani si CS tersebut dan si supervisor mengatakan bahwa uangnya sudah dikirim ke Deutsche Bank di Spanyol. (Nb: tidak ada bukti pengiriman, hanya di bilang uangnya sudah di kembalikan ke si pengirim di Spanyol)
Karena tidak puas, pda 2 Desember saya kembali ke BCA KCU Yogyakarta dan menanyakan perilah masalah yang sama. Jawabannya sama, biaya tambahan koresponden dan biaya administrasi harus di bayar dan itu merupakan dana pasif jadi mereka tidak tau uangnya di mana. Baiklah, uang saya ntah dimana, saya harus bayar 15-30 dolar untuk biaya koresponden dan 5 dolar biaya administrasi. Kok lucu sekali ya?
Hormat saya,
Nasabah yang bingung karena uangnya tak kunjung tiba
Amina Lanek
Saya dikirimi 3000 Euro dari Kakek saya di Spanyol pada Selasa, 14 November 2018 melalui Deutsche Bank. Kata orang dari Deutsche Bank uang akan masuk ke rekening saya paling lama 4 hari. Jadi harusnya paling lama uang tersebut sudah masuk ke rekening saya pada Sabtu, 18 November 2018.
Saya cek pada tanggal tersebut, tapi tidak ada uang masuk. Kemudian saya berpositive thinking bahwa uang akan masuk ke rekening saya pada Senin, 19 November. Saya kemudian bertanya kepada twitter @HaloBCA dan tidak mendapatkan respon yang baik. Bahkan mereka hanya menekankan kepada saya bahwa saya harus membayar biaya tambahan koresponden dan biaya administrasi. Intinya mereka mengabaikan pertanyaan saya dan selalu menjawab bahwa saya harus membayar biaya tersebut. Baiklah, saya akan bayar, tapi uang saya mana, kenapa belum masuk?
Hingga Jumat 23 November uang tersebut masih belum masuk. Saya kemudian menelfon CS BCA dan tidak mendapatkan jawaban yang pasti. Katanya itu merupakan dana pasif dan tidak bisa di cek. Padahal saya memiliki bukti pengiriman.
Karena masih tidak puas, pada Selasa 27 November saya datang ke BCA KCU Yogyakarta dengan membawa bukti pengiriman.
Ternyata seharusnya orang dari BCA menelfon saya dan memberitahu bahwa ada dana dari luar negeri yang akan masuk ke rekening saya. Dan mereka tidak melakukan hal tersebut sehingga uang saya “katanya” dikirim kembali ke Deutsche Bank yang di Spanyol.
Dan CS yang saya temui bersikeras bahwa BCA sudah menelfon saya dan saya tidak menjawab. Saya kemudian memperlihatkan bukti semua telfon masuk saya dan menjelaskan bahwa BCA benar-benar tidak menelfon saya.
Kemudian seorang supervisor mengatakan “oh sepertinya ini karna salah nomer rekening jadi tidak masuk dananya”
Deutsche Bank memang menuliskan kode bank digabung dengan nomer rekening saya. Jadi 014xxxxxxxxx. Tapi itu merupakan petunjuk dari CS BCA yang saya telfon pada Sabtu 10 November 2018. Dia menjelaskan bagaimana cara mengirimkan dari luar negri ke rekening saya. Saya bahkan sampai menelfon ke CS BCA dua kali untuk memastikan, dan jawabannya sama, “digabungkan Buk, kode bank di depan”
Saya kemudian pulang dan menelfon serta mengirimkan email ke pengirim di Spanyol. Dan dia menjelaskan bahwa “itu kode bank di pisah kok, itu di receipt memang di gabungkan karna memang prosedur penulisan di sana begitu”
Baiklah ini sebenarnya kesalahan siapa? BCA kah? Pengirim kah? Deutsche Bank kah? Atau saya kah?
Oia, kata CS BCA seharusnya uang yang dikirimkan ke saya sudah kembali ke rekening pengirim di Spanyol. Akan tetapi hingga Sabtu, 1 Desember 2018 belum ada uang yang dikembalikan. Sehingga timbullah pertanyaan baru, uangnya tersangkut di mana?
Pada 1 Desember tersebut saya mengirim email kepada HaloBCA dan mendapatkan balasan yang menurut saya tidak memuaskan. Saya malahan diingatkan untuk membayar biaya tambahan koresponden dan biaya administrasi lagi. Dan mengatakan bahwa kemungkinan pengirim tidak benar-benar mengirimkan uang kepada saya. Padahal saya sudah melampirkan bukti transfer. Lucunya, pada tanggal 23 November kemarin saya sudah ke bank dan memperlihatkan bukti transfer kepada CS dan supervisor yang menemani si CS tersebut dan si supervisor mengatakan bahwa uangnya sudah dikirim ke Deutsche Bank di Spanyol. (Nb: tidak ada bukti pengiriman, hanya di bilang uangnya sudah di kembalikan ke si pengirim di Spanyol)
Karena tidak puas, pda 2 Desember saya kembali ke BCA KCU Yogyakarta dan menanyakan perilah masalah yang sama. Jawabannya sama, biaya tambahan koresponden dan biaya administrasi harus di bayar dan itu merupakan dana pasif jadi mereka tidak tau uangnya di mana. Baiklah, uang saya ntah dimana, saya harus bayar 15-30 dolar untuk biaya koresponden dan 5 dolar biaya administrasi. Kok lucu sekali ya?
Hormat saya,
Nasabah yang bingung karena uangnya tak kunjung tiba
Amina Lanek
Spoiler for Bukti Transfer:
Spoiler for Update:
Update ---->> Sore ini 4 Desember 2018 sudah masuk uang sejumlah Rp 47.656.244,76 yang artinya saya kena potong Rp 1.359.576 atau 95 USD bukan seperti yang dijelaskan oleh CS yaitu 15-30 USD . Yaseneng sih uang udah masuk tapi kok biaya koresponden besar banget. mohon penjelasan.
nb : saya tidak ditelpon sama sekali sama pihak BCA.
** Kurs Jual USD to IDR BCA Hari ini 14.296,00 EUR to IDR hari ini 16.319,00
Update. Solved gan. Setelah beberapa hari bolak balik BCA, ane ada sedikit kejelasan ternyata yang bermasalah adalah BCA cabang daerah ane. Yang saya sesalkan mengapa tidak ada informasi yang jelas dari pihak BCA, terutama BCA cabang daerah ane. dan KCU jogja menyarankan membuka rekening cabang Jogja.
Diubah oleh chitat0 06-12-2018 22:42
0
2.9K
Kutip
22
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan