egiharsonoAvatar border
TS
egiharsono
Mari Kita Kenalan Sama Digital Marketing. Media Promosi Brand atau Produk
Digital marketing adalah aktivitas dimana melakukan promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk, menggunakan media elektronik (digital). Pada jaman dulu media digital marketing sangatlah terbatas, kita bisa bilang bahwa TV dan radio hanya bisa menyampaikan informasi secara satu arah.
Berbeda dengan sekarang, dimana perkembangan teknologi digital yang sangat pesat dan berkembang. Serta penerimaan masyarakat Indonesia yang hampir seluruhnya menggunakan internet sebagai sumber informasi. Untuk itu digital marketing diperlukan dalam dunia bisnis digital.
Berikut ini adalah Teknik dari pemasaran yang terkait dengan digital marketing.

-          SEO ( Search Engine Optimization )
-          Periklanan online – seperti FB ads, Google Adwords, dan lain – lain
-          Promosi media cetak
-          Iklan televisi & radio
-          Billboard elektronik seperti video tron
-          Email marketing
-          Mobile marketing

Berikut juga saya sampaikan keunggulan digital marketing VS konvensional.
Tidak sama dengan koran, brosur dan semacamnya. Strategi pemasaran pada media digital ini tepatnya secara online dapat diukur secara tepat dan real time. Dengan menggunakan media digital, kita dapat mengetahui bahwa berapa lama iklan dan video produk dapat ditonton orang lain, berapa persen hasil konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentu kita dapat mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.
Abilitas dalam digital marketing ini sangat membantu para pebisnis atau pengusaha dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget yang dimilki. Selain factor kemudahan evaluas ada juga satu keunggulan lainnnya dari digital marketing, yaitu luas jangkauan geografis, produk atau usaha kita dapat dilihat oleh orang yang berada diluar negeri. Dan dengan memanfaatkan media social, media digital itulah produk atau brand dapat dikenal oleh seluruh dunia hanya dengan beberapa klik.
Dengan kelebihan itulah mengapa konvesional sudah tidak dipakai lagi untuk suatu perusahaan dalam menjalankan marketingnya.
Cara Memulai Digital Marketing
Ada satu elemen penting dalam melakukan digital marketing dalam dunia digital, yaitu aset. Untuk itu bagi suatu brand atau perusahaan harus focus dengan aset ini dan aktif dalam media social.

Aset itu adalah :
-          Website
-          Postingan blog (artikel blog)
-          Akun media sosial
-          Identitas brand seperti logo, company profile
-          Jejak online seperti review, feedback pelanggan

Jika kita sudah memilki aset ini, mulailah mengoptimalkan dan fokus untuk membuat perusahaan atau brand menjadi lebih baik lagi.
Misalkan, untuk sebuah website dan blog, tulis lah artikel secara rutin dan konsisten dan tentunya yang menarik bagi pembaca. Dan lewat sosial media seperti Instagram, facebook, twitter lakukan postingan juga. Seperti foto atau video pendek agar lebih menarik.
Atau bisa juga kita aktif dalam forum – forum atau marketplace, itu akan membuat review atau mendapatkan rating yang baik untuk bisnis kita.
Dengan seperti itu maka citra brand atau citra produk kita akan dikenal baik dan memuaskan pelanggan, jika sudah mulai mengerti tentang digital marketing ada baiknya terus belajar.






0
1.6K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan