Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EsTehTawarDuaAvatar border
TS
EsTehTawarDua
Pakai Premium, Bikin Bolong Dompet Gan

Eng ing eng, ketemu lagi ni sama thread ane yang demen banget ngebahas hal-hal berbau otomotip pake p.

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh


Gan, sering pake bahan bakar apa buat kendaraannya? Kalau sebut merek ya, apakah premium, pertalite, pertamax, pertamax plus, apa pertamax turbo?



Nah sebenarnya pilihan menggunakan bahan bakar itu berada di tangan agan sekalian. Tapi ada baiknya agan memahami, jenis bahan bakar yang murah alias angka RON nya kecil alias pake Premium, justru bisa bikin kantong agan bolong.


Lha kenapa? Gini gan. Kadar oktan yang rendah itu bisa menyebabkan kerusakan pada mobil. Terlebih mobil modern dengan rasio kompresi tinggi, biasanya diatas 10 atau 11 banding 1. Kalau udah rusak, biaya perbaikan ya jutaan juga.


Bahan bakar RON rendah akan membuat mesin kurang bertenaga, yang mengakibatkan munculnya kerak di mesin. Untuk membersihkannya butuh dana yang da sedikit.


Kalau dipakai secara terus menerus bayangin dong, mesin bakal rusak gan. Si kerak atau residu pembakaran ini bisa jadi akan mengganggu kinerja piston di mesin, bahkan sampai jebol. 


Nah baiknya sekarang, perhatikan lagi gan bahan bakar yang direkomendasikan (bukan diwajibkan ya gan) pabrikan untuk mesin mobil agan. Memilih menggunakan bahan bakar dengan kadar RON rendah harus sudah tahu akibat yang akan ditimbulkan. 


 

0
2.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan