iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kenalin, Inilah Motor Pertama Dunia Hasil Print 3D Siap Gass!


[ HT# 399 ]


Teknologi Print 3D semakin menancapkan taringnya di dunia manufaktur kekinian. Tentu saja ini menjadi angin segar bagi perusahaan dan team kreatif untuk menghasilkan produk dan karya lebih mendekati aslinya bahkan melewati batas imajinasi.

Baru-baru ini perusahaan BigRep asal Jerman menciptakan motor dari hasil teknologi print 3D dengan konsep design yang futuristik mirip dengan Batmobilenya akang Batman, atau mobil keren Harrison Ford di film Blade Runer.




Welcome To
'Nera'




Nera (New Era) pertamakali di perkenalkan di ajang industri cetak Formnext hampir berbarengan dengan motor BMW S1000RR yang juga menggunakan teknologi print 3D. Bagian ban, pelek, frame, stang, tempat duduk, fairing, body, dan beberapa bagian frame lainnya di buat dari hasil print 3D. Ya, meski 80 persen terdiri dari 15 komponen utama dibuat dari hasil print 3D hanya bagian kelistrikkan saja yang masih menggunakan komponen asli. Nera memiliki panjang 190cm dengan tinggi 90cm ini cukup keren untuk di kendarai.



Nera, secara konsep dibuat dan di rancang oleh Marco Mattia Cristofori dan Maximilian Sedlak dari laboratorium inovasi BigRep, dimana mereka di tantang untuk membuat sebuah produk yang menggunakan bahan dan teknik baru yang belum pernah di jual dan ada di pasaran.

Nera, membuktikan bahwa teknologi print 3D dapat membuat sebuah produk menjadi lebih efesien, ukuran yang selalu presisi, mencegah ketergantungan stok yang terbatas, dan mempersingkat waktu produksi serta biaya.

Nera, secara konsep memang futuristik, dicetak menggunakan bahan dasar campuran Fused Filamen Fabrikasi (FFF) dimana bahan ini akan dipanaskan dan mengalir melalui mata printer 3D dan termasuk bahan campuran PLA, Pro FLEX, bahan yang fleksibel berbasis TPU, dan filamen ProHT.



Nera, adalah motor listrik dimana baterai sebagai pasokan daya disimpan dibagian belakang body (ekor motor) dan bagian kelistrikkannya di tanam di bagian pelek roda belakang pun bagian sensor-sensor tertanam di bagian bumper. Nera, bukanlah motor konsep, tapi motor yan sudah siap mengaspal dan mengasapi kendaraanmu!

Kerennya lagi Nera diproduksi 2 model, yang mutakhir adalah pelek berbahan rhomboid ringan, pelek berpalang delapan, lampu full LED yang menyatu dalam reflektor yang tercetak langsung dari print 3D, struktur body membentuk Hexagonal yang sangat kuat. Jadi tak perlu kuatir soal kualitas bahan motor ini karena sebelumnya telah di uji coba kan ke interior mobil dan konstruksi jembatan.



"Untuk membuat Nera, kami mengikuti struktur yang sudah ada, tapi membayangkan Nera motor yang memiliki teknologi FFF format besar, melakukan ubahan revolusioner dari batas-batas teknik mesin tradisional," kata salah satu insinyur BipRep.

Jadi jika Nera benar-benar sudah siap dipasarkan dan di jual di Indonesia apakah kamu berminat membelinya? Pastinya tampil beda dan meningkatkan kadar kegantenganmu! emoticon-Big Grin










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: bigrep, 3dprintingindustry | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 30-11-2018 00:05
0
2.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan