profesorlucuAvatar border
TS
profesorlucu
Mengenal Penrose Paradox: Sebuah Objek Mustahil
Mengenal Penrose Paradox: Sebuah Objek Mustahil
 
Pernah  menonton film Inception? Ada scene dimana Arthur menunjukkan kepada Ariadne tentang ilusi sebuah tangga. Ketika melewati setiap anak tangga tersebut, langkah seakan tidak akan pernah berhenti. Tangga berbentuk persegi empat yang saling terhubung membentuk impossible stairs. Arthur menyebutnya sebagai Penrose paradox.
 

 
Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini:
 
1.    Tangga Penrose atau Penrose Stair
 
Penrose stairs adalah objek ilusi yang mustahil terbentuk di dunia nyata. Yang pertama kali mencipakannya adalah Lionel Penrose dan anaknya yaitu Roger Penrose. Lionel adalah seorang psikolog dan Roger adalah ahli matematika. Desain tangga tersebut diperkenalkan pertama kali pada British Journal of Psychology tahun 1958.
 

 
Gambar diatas adalah Penrose Stairs. Bayangkan jika menaikinya dari satu sisi tapi kembali lagi ke tempat semula. Ilustrasi diatas umum disebut sebagai Penrose paradox.
 
Seorang seniman yang berkecimpung di dunia ilustrasi grafis juga membuat versi dari desain penrose. Ia adalah M.C. Escher yang terkenal dengan Ascending and Descending dan dipublikasikan pada bulan Maret 1960. Escher tidak mengenal Penrose namun kedua diperkenalkan karena kesamaan desain mereka.
 

 
Desain diatas tampak realistis karena berlatar belakang bangunan. Ada orang-orang yang sedang menelusuri tangga.
 
2.    Penrose Triangle atau Segitiga Penrose
 
Karya dari Penrose tidak serta-merta muncul tanpa adanya referensi dari karya sebelumnya. Penrose Stairs mengadopsi segi empat sebagai latar belakang. Bagaimana jika diterapkan pada segitiga? Yang menarik adalah desain segiempat tersebut merupakan pengembangan dari desain awal yang dikenal dengan nama Segitiga Penrose.



Sebenarnya, pemberian nama objek tersebut kurang tepat mengingat desainnya diperkenalkan apda tahun 1934 oleh Oscar Reutersvärd.  Hasil karyanya disebut impossible figure dan Oscar menyandang gelar sebagai bapak dari impossible figure.
 
3.    Pengembangan dari Penrose paradox
 
Apakah mungkin untuk menerapkan Penrose Paradox pada segi banyak? Jawabannya adalah mungkin karena ada contoh yaitu penrose untuk pentagon, hexagon, dan octagon. Gambarnya ada dibawah ini:
 

 

 

 
Sekian pembahasan dan penjelasan dari saya mengenaik Penrose Paradox. Semoga infromasi ini menambah pengetahuan para kaskuser.
 
Sumber: wikipedia
 
4
14.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan