Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Jangan Anggap Sepele, Ngorok Bisa Sebabkan Gagal Jantung
Jangan Anggap Sepele, Ngorok Bisa Sebabkan Gagal Jantung

MATA INDONESIA, JAKARTA-Mendengkur atau ngorok saat tidur dianggap sebagian orang hal yang biasa terjadi karena kecapaian setelah lelah bekerja. Padahal ada risiko yang jauh lebih serius dibanding suara dengkuran, mulai dari hipertensi hingga gagal jantung.


Ahli Jantung dr Aron Husink, SpJP mengatakan bahwa ngorok terjadi karena pangkal lidah menutup jalan napas, biasanya karena tidur telentang. Tertutupnya jalan napas berdampak pada ventilasi atau pertukaran udara yang buruk menuju paru-paru.


“Secara berkepanjangan oksigennya kurang, pembuangan CO2-nya juga tidak bagus, jadi sebenarnya itu beban ke jantung,” katanya.


Namun ngorok tentu saja bukan satu-satunya penyebab jantung bermasalah. Kualitas tidur yang buruk, misalnya karena kelelahan, menurut dr Aron juga berdampak pada tekanan darah tinggi yang disebut nocturnal hypertension.


“Tidak ada yang tahu. Hari biasa kita tidak mengalami darah tinggi saat diperiksa, tapi ternyata pada saat tidur ternyata darah tinggi. Tapi tidak ketahuan karena nggak diperiksa,” katanya.


Walau tak ketahuan, hipertensi saat tidur sama-sama bisa memicu stroke. Risiko gagal jantung juga bisa terjadi karena pola tidur yang buruk.



Sumber


0
335
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan