arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Bukan Jaguar atau Anakonda, Inilah Hewan Paling Mematikan di Hutan Amazon
Hutan Amazon terkenal sebagai salah satu hutan dengan habitat yang liar. Hutan ini merupakan hutan tropis terluas di dunia. Makanya Hutan Amazon sering juga disebut sebagai paru-paru dunia. Bayangkan saja, hutan ini memiliki luas 5,5 juta kilometer dan terdapat di sembilan negara. Kesembilan negara tersebut adalah Brazil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Suriname, Guyana, dan Guyana Prancis. 60 persen wilayah Hutan Amazon berada di Negara Brazil.


Hutan Amazon (sumber : ambitojuridico.com)


Hutan Amazon kaya akan sumber daya hayati dan keanekaragaman fauna.  Salah satu fauna yang paling populer dari Hutan Amazon adalah anakonda. Anakonda ini dikenal sebagai ular terbesar di dunia. Boleh dibilang hewan ini tergolong sebagai salah satu hewan yang paling berbahaya di wilayah Hutan Amazon. Meskipun anakonda bukan hewan berbisa, namun lilitannya begitu mematikan. Bahkan anakonda mampu menghancurkan tubuh kerbau hanya dengan sekali hentakan lilitan. 


Anakonda (sumber : goway.com)


Selain anakonda, hewan lainnya yang paling berbahaya di wilayah Hutan Amazon adalah jaguar. Hewan jenis kucing besar ini tergolong dalam genus panthera. Diantara jenis kucing liar, jaguar memiliki ukuran terbesar ketiga setelah harimau dan singa. Gigitannya terkenal luar biasa kuat. Bahkan gigitan jaguar mampu menembus cangkang kura-kura yang terkenal begitu keras. Hal tersebutlah yang menjadi hewan ini begitu berbahaya. 


Jaguar (sumber : sciencenews.com)


Meski terkesan sangat berbahaya, namun bukan jaguar atau anakonda yang merupakan hewan paling mematikan di hutan amazon. Bahkan hewan yang paling mematikan dari Hutan Amazon justru terkesan cantik karena warnanya yang menarik. Hewan tersebut merupakan jenis katak yang dikenal dengan nama poison dart frog atau katak panah beracun. 


Katak panah beracun (sumber : wonderopolis.org)


Warna-warna cerah pada tubuh katak ini seperti kuning, orange, merah, biru, dan hijau bakal menipu siapapun yang memandang. Pasalnya dengan warna yang dimilikinya tersebut, corak tubuh katak ini terlihat indah. Namun jangan salah, tersentuh kulitnya saja itu sudah membahayakan nyawa kita. Itu karena kulit dari hewan ini mengandung racun yang berbahaya. Hewan ini tergolong sebagai salah satu hewan paling berbisa di dunia.

Dari semua spesies hewan ini, katak panah beracun yang berwarna emas yang merupakan spesies paling berbahaya. Racun dari spesies ini sanggup membunuh 20.000 tikus. 


Spesies katak panah beracun yang paling berbahaya (sumber : npr.org)


Suku Indian yang merupakan salah satu penghuni asli Hutan Amazon sering melumuri ujung panah mereka dengan racun dari kulit katak ini untuk berburu atau perang. Itulah sebabnya katak ini dikenal dengan nama katak panah beracun. Sayangnya hewan ini tergolong sebagai salah satu hewan yang terancam punah karena kehilangan habitat mereka. 

Referensi :
http://bobo.grid.id/read/08676557/ka...ahaya?page=all
https://www.idntimes.com/travel/tips...mur-hidup-c1c2
Diubah oleh arifdoank 17-11-2018 14:22
anasabila
4iinch
nyimak92
nyimak92 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
17.5K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan