Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Waduh, Perempuan Pakai Daster di Desa Ini Bakal Didenda Rp400 ribu
Waduh, Perempuan Pakai Daster di Desa Ini Bakal Didenda Rp400 ribu


Quote:




MATA INDONESIA, NEW DELHI – Daster telah menjadi pakaian favorit kaum perempuan karena bentuknya sederhana dan menggunakannya pun praktis. Tetapi jangan coba-coba mengenakannya di Desa Tokalapalli India.


Perempuan yang mengenakannya antara jam 7 hingga 19.00 dipastikan harus mengeluarkan uang dari kantongnya hingga Rp 400 ribu atau sekitar 2000 rupee untuk membayar denda.


Dewan desa itu juga akan memberikan hadiah kepada para informan yang melaporkan penggunaan baju one piece yang adem itu.



Mereka akan mendapat sekitar 1000 rupee atau setara Rp 200 ribu.


Daster atau gaun longgar ini pada mulanya digunakan untuk pakaian tidur, tetapi selama bertahun-tahun kemudian, pakaian ini menjadi pakaian sehari-hari yang digemari jutaan perempuan, terutama ibu rumah tangga di perkotaan dan bahkan di pedesaan India.



Perintah ini diterapkan dengan ketat para penduduk desa. Salah seorang pejabat dari Dewan Desa, Balle Vishnu Murthy, mengatakan kepada BBC bahwa upaya itu adalah untuk menghentikan perempuan memperlihatkan anggota tubuhnya.


“Tidak masalah mengenakan daster di rumah, tetapi memakainya di luar rumah dapat menarik perhatian dan membuat pemakainya menghadapi masalah,” katanya.


Sejumlah penduduk – perempuan dan pria – mengatakan mereka menolak perintah tersebut tetapi tetap mematuhinya karena mereka kemungkinan akan didenda.



Nilai denda tersebut cukup berarti karena penduduk desa bekerja sebagai nelayan.


Ini bukanlah pertama kali daster sederhana diperhatikan “polisi moral”.



Pada tahun 2014, sekelompok perempuan di sebuah desa dekat Mumbai menyatakan pemakaian daster pada siang hari sebagai “praktik tidak sopan” dan mengancam akan mendenda pelanggarnya sebesar 500 Rupee atau Rp 102 ribu.


Larangan tersebut menguap begitu saja karena para perempuan menolak mematuhinya.


Daster merupakan bisnis jutaan dolar di India. Yang paling digemari terbuat dari katun dengan motif cap bunga dan dapat dibeli dengan harga semurah 100 Rupee atau Rp 20 ribu, sementara yang termahal dapat mencapai ribuan Rupee.(Nefan Kristiono)




Sumber




0
1.5K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan