Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acc3ssAvatar border
TS
acc3ss
Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil
Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil




Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil

#SahabatRotary

[LEFT]Mobil merupakan sebuah alat transportasi yang memiliki beberapa bagian penting yang fungsinya bermacam-macam. Salah satu bagian yang juga harus diperhatikan namun kadang dilupakan adalah AC mobil. AC mobil memiliki beberapa bagian penting seperti condensor, compressor, ekspansi valve, filter dryer, dan evaporator. Selain itu ada satu bagian lagi yang harus diketahui yaitu blower.

Keberadaan blower kadang dianggap sepele namun sebenarnya blower sangat penting untuk AC mobil. Tanpa adanya blower maka AC mobil tidak akan berfungsi dengan baik dan udara pada kabin mobil akan terasa panas.

Apa Itu Blower AC Mobil?
Sudah disebutkan jika blower merupakan salah satu bagian penting pada mobil. Lalu, apa itu blower AC mobil? Blower AC mobil merupakan suatu alat berbentuk motor dinamo beserta daun kipas.

Keberadaan blower sering dihubungkan dengan kipas AC yang juga memiliki peran penting dalam sistem AC mobil. Biasanya kipas AC ini disebut dengan kipas kondensor yang pada umumnya diparalel dengan magnetic clucth sehingga saat AC mobil digunakan maka kipas AC akan berputar.

Jika kipas AC tidak berputar maka akan berdampak pada AC mobil yang tidak dingin. Tak hanya itu saja, hal tersebut juga bisa membuat tekanan refrigerant menjadi terlalu tinggi. Terdapat beberapa hal yang bisa membuat kipas AC tidak berputar, seperti motor kipas AC rusak, sekring putus, kabel putus atau korsleting, dan masih banyak penyebab yang lainnya.


Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil


Apa Fungsinya Blower AC Mobil?
Setelah mengetahui apa itu blower AC mobil, ketahui juga fungsi yang dimiliki oleh blower AC mobil. Blower memiliki fungsi untuk menghembuskan udara ke arah evaporator yang kemudian akan dihembuskan oleh blower untuk melewati evaporator. Ketika AC mobil dalam keadaan normal maka udara yang melewati blower suhu panasnya akan diserap oleh freon sehingga suhu akan dingin dan dikeluarkan menuju kabin. Dengan kata lain, blower AC mobil berfungsi sebagai sumber penghasil angin hembusan pada grill atau kisi-kisi AC.

Sedangkan untuk kipas AC atau kipas condensor berfungsi untuk menghembuskan udara ke arah condensor untuk mendinginkan refrigerant. Dengan begini maka refrigerant akan mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair.

Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?
Saat AC mobil terasa tidak nyaman ketika digunakan maka bisa saja penyebabnya datang dari blower yang bermasalah. Blower bermasalah dampaknya pada AC mobil adalah AC mobil tidak dingin dan hembusan angin menjadi lebih kecil. Selain itu, AC mobil juga tidak dingin karena angin tidak keluar.

Rawat Blower dengan Service Rutin
Masalah blower seharusnya tidak terjadi karena masalah yang ada bisa membuat fungsi AC mobil tidak maksimal. Fungsi AC mobil yang terganggu bisa membuat penumpang tidak nyaman ketika melakukan perjalanan di siang hari karena udara yang panas. Tentunya tidak akan terlalu bermasalah jika perjalanan yang dilakukan tidak terlalu jauh. Namun jika perjalanan memakan waktu berjam-jam maka penumpang akan merasa kepanasan.

Kalau Blower Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil

Untuk menghindari adanya kerusakan pada blower, rawat blower dengan service rutin ke bengkel AC mobil. Dengan melakukan service secara rutin maka banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, salah satunya adalah bisa mengetahui lebih cepat kerusakan yang terjadi pada blower sehingga kerusakan tidak melebar ke bagian yang lainnya. Dengan begini maka biaya yang dikeluarkan untuk service tidak akan banyak.

Itulah sedikit ulasan tentang blower bermasalah yang berdampak pada AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.



Diubah oleh acc3ss 21-11-2018 08:58
2
3.8K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan