hamdangagahAvatar border
TS
hamdangagah
Jenis Burung Kenari
Burung kenari adalah burung penyanyi yang sangat banyak digemari oleh para pecinta burung. Burung yang memiliki variasi warna yang beragam dan kombinasi warna yang unik. Apalagi dengan suara burung kenari sangat variatif dengan naik turun nada yang mempunyai ritme irama lagu yang baik.

Berbagai macam jenis burung kenari yang bisa kita pilih sesuai dengan pilihan atau kesukaan yang ingin kita miliki, jenis-jenis burung kenari diantaranya burung kenari norwich, burung kenari yorkshire, burung kenari cinnamon, burung kenari border, burung kenari gloster, burung kenari lancashire, burung kenari london fancy, burung kenari roller dan lain lain. Untuk lebih mengenal jenis burung kenari mari kita simak sedikit ulasan di bawah ini.

1. Kenari gloster

Burung kenari gloster – Burung ini tergolong jenis burung kenari yang dihasilkan peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih dan ± 11 cm saat memasuki pertandingan.



Di dalam gambar-gambar yang dapat dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dapat melihat bahwa kenari ini memiliki warna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijau hijauan, sama seperti bagian ekornya. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Burung dengan kepala polos dikenal dengan nama consort.
Kenari norwich

2. Kenari norwich

Burung kenari norwich – Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun – penenun bangsa flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yang menarik.



Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menarik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.
Kenari roller

3. Kenari roller

Burung kenari roller – Telah disebutkan sebelumnya tentang burung kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yang diternakkan secara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-kira 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya.



Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil dan membiarkan burung ini mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan, misalnya). Tetapi biasanya orang menggunakan suara kaset yang berisi rekaman suara burung kenari lain.
Kenari yorkshire

4. Kenari yorkshire

Burung kenari yorkshire – Burung kenari yorkshire sangat terkenal di kalangan pecinta kenari. Burung kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia.



Bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung mi kira-kira 16 cm.
Kenari cinnamon

5. Kenari cinnamon

Burung kenari cinnamon – Burung cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dengan kenari norwich dan tergolong burung yang menarik. Mereka inilah yang menjaga kelestarian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”.



Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang memiliki warna hijau yang menanik Sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.
Kenari border

6. Kenari border

Burung kenari border – Burung kenari border merupakan burung kenari yang paling populer. Burung ini berasal dan jenis cumberland fancy, dan bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris dan Skotlandia. Burung ini berbentuk serba “bulat” dilihat dan sudut mana saja.



Di dalam pertandingan, bentuk bulat itu sangat menentukan. Disamping itu tingkah burung harus menunjukkan kebiasaan gerak tertentu. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.
Kenari lancashire

Burung kenari frill – Kenari ini dikenal sebagai kenari belanda di abad ke 18, tetapi kemudian muncul berbagai jenis yang menyebar ke berbagai negara. Dewasa ini dikenal Frill dan Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang telah menghasilkan jenis yang kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sebagai burung yang besar, sebab panjangnya dapat lebih dan 20 cm.

Ada tiga bagian yang disebut mantle, jabot, dan fin. Mantle (las) adalah bulu-bulu bagian punggung yang membelah di punggung dan jatuh secara sinietnis. Jabot adalah bulu di dada yang berombak dan menggulung ke dalam. Jabot ini harus datang dan tiap sisi dada untuk membentuk suatu ke rutan yang bertemu di bagian tengah bagaikan suatu bentuk kerang yang menutup. Sedang fin adalah bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang datang dan paha dan bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yang indah dapat menjadi burung yang sangat indah, tetapi kenari yang buruk akan menjadi burung yang memberi kesan ganjil dan aneh karena bentuknya itu. Burung-burung ini tergolong sebagai burung ternak yang baik.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 1 suara
Keindahan kenari
6 warna
100%
6 keunikan
0%
onimanimallover
onimanimallover memberi reputasi
1
11.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan