CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
PROSEDUR DAN BIAYA PENGURUSAN STNK HILANG TERBARU 2018
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b2d10131a99753b488b4567/prosedur-dan-biaya-pengurusan-stnk-hilang-terbaru-2018

PROSEDUR DAN BIAYA PENGURUSAN STNK HILANG TERBARU 2018

Hai agan-agan yg budiman, kali ini ane mau share pengalaman pribadi ane dalam mengurus STNK motor yg hilang. Pengurusan ini ane lakukan di Samsat Jakarta Timur, tepatnya di Jl. DI Panjaitan Kav. 55, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, pada tanggal 22 Juni 2018. Semoga bermanfaat.

BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN
1. KTP asli + fotokopi
2. BPKB asli + fotokopi
3. Surat Kehilangan dari kepolisian (surat kehilangan harus dari POLSEK, tidak boleh dari POSPOL atau lainnya)

PROSEDUR
1. Begitu sampai Samsat, agan langsung antri untuk cek fisik (pada tahap ini ada biaya sukarela, berkisar 5000 - 10.000 utk petugas cek fisik, kenapa ane bilang sukarela, karna petugas tidak meminta langsung, jadi kalo mau bayar silahkan, enggak juga gapapa, kalo ane kemarin ga bayar, tapi disindir sama petugasnya😂)
2. Serahkan formulir cek fisik, beserta fotokopi BPKB dan KTP ke loket Mutasi yg ada di sebelah tempat cek fisik
3. Bawa berkas ke Gedung Arsip, yg ada di belakang gedung utama, utk di cek apakah motor agan terdaftar dan terarsip di Samsat tersebut
4. Bawa berkas ke lantai 3, loket Salinan Pajak
5. Bawa berkas ke lantai 2, loket pendaftaran, ambil formulir lalu isi
6. Bawa berkas dan formulir ke loksus (loket khusus) yg masih berada di lantai 2, pertama ke loket Komputer Khusus, kemudian pindah ke loket sebelahnya, disini agan diminta menyerahkan BPKB dan KTP asli (pas tahap loksus ini, ane liat setiap pemotor yg mau ambil berkas, diminta uang 20 rb oleh petugas, tapi pas giliran ane enggak, tapi malah ditawarin utk proses STNK bisa sehari jadi, dengan bayar uang pelicin 150 rb, tapi ane tolak)
7. Bawa berkas ke barisan loket yg sama tapi paling ujung, yaitu loket Berita Acara STNK hilang / rusak
8. Bawa berkas kembali ke loket Pendaftaran, lalu berkas agan disimpan dan akan diberikan BPKB asli dengan surat keterangan proses, dan STNK bisa dibayar dan diambil esok harinya di loket yg sama
9. Kembali lagi besoknya dengan membawa BPKB asli yg sudah ada surat keterangan proses, lalu bayar biaya penerbitan STNK baru sebesar 100 rb

KESIMPULAN DAN SARAN
1. Usahakan agan dateng pagi2 sekali kalo mau cepet, karena antrian buat cek fisik biasanya udah mengular bahkan sebelum jam 8
2. Lama proses yg ane kerjain dari mulai cek fisik sampe selesai sekitar 2 jam, dari jam 8 sampai jam 10 (bisa lebih cepet kalo agan udah tau prosesnya)
3. Dari semua prosedur tersebut ane sama sekali ga bayar uang pungli, karena memang ga diminta juga, kecuali di loksus dan cek fisik, jadi ane cuma bayar pure 100 ribu, itupun kayanya udah ada pungli karena harusnya kalo sesuai PP biayanya cuma 50 ribu
4. Besar jumlah biaya yg harus dibayar tergantung dari pajak STNK agan, kalo kemarin karena STNK ane pajaknya masih aktif jadi cuma bayar biaya penerbitan

NB : jangan lupa bawa bulpen sendiri biar ga ribet minjem2 orang atau beli di abang2 bolpen😂

Sekian informasi tentang prosedur dan biaya pengurusan STNK hilang, kalo ane boleh bilang sebenernya sistem birokrasi nya udah enak, gak terlalu ribet kalo memang berkas2 agan sudah benar dan lengkap, jadi kalo perlu gausah pake jasa calo lagi, terimakasih semoga bermanfaat.
profile-picture
profile-picture
tata604 dan ulung70 memberi reputasi
Diubah oleh raflinski
Halaman 1 dari 2
Nice inpo
Bang kalo bayar pajak nya dulu tapi urus STNK hilang nya. Belakangan bisa gan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hari itu langsung jadi atau nunggu beberapa hari gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gan, saya kehilangan STNK motor. dimintain 1.500.000. mohon pencerahannya. apakah saya ini di tipu atau memang biaya penerbitan stnk dan pajak saya sedemikian mahalnya?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Stnk hilang

Kalau hari sabtu pengurusan bisa dilakukan bang?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nyimak
Quote:


Mending coba urus sendiri gan gak sampe 500 rb
gan tolong pencerahannya. stnk saya hilang dan posisi di rantau. terus ternyata babeh dirumah udah tanya samsat abis 600 nanti dan jadinya 1 bulanan, kira kira itu oknum nakal bukan ya? rencana saya mau balik kampung buat ngurus, kira kira ada nomer telpon buat ngaduin kalo ada aparat yang nakal gitu ga ya gan? makasih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Syarat Tambahan Yang Membingungkan

Hari ini saya ngurus kehilangan STNK di Samsat Denpasar, sebelumnya saya sdh tanya syarat utk urus dan hanya diinfo 1. Surat kehilangan dr polisi 2. Surat kehilangan dari Finance dan 3. Gesekan no rangka dan mesin saja. Ketika semua sdh komplit, hari ini masih diminta surat rekomendasi tilang dari polres. Saya tidak mengerti apa fungsi dari surat rekomendasi itu. Hal ini yang sebenarnya membuat banyak calo beredar di sekitar samsat krn informasi tdk jelas, semua dipersulit dan membuat kita bolak balik cari ini itu. Kalau prosedur tidak mbulet seperti ini, pasti orang-orang niat utk urus sendiri. Tolong diperjelas biar orang2 tdk bingung dgn syarat yang diifo kan dari petugas samsat.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


Quote:

bulan lalu ane sempet urus di jaksel,
biayanya cuma bayar gesek no.rangka dan mesin 15rb sama bayar pajak nya, jadi ya kalo pajak gak dibayar lunas itu stnk gak bakal terbit gan.
udah itu aja ehehehehe
kalo ente tanya itu oknum atau bukan ya udah pasti itu oknum emoticon-Big Grin
dan jadinya juga engga langsung itu hari gan, ane seminggu urus nya bulak balik 3kali,
syaratnya:
-surat kehilangan dari polisi,
-fc stnk
-fc bpkb
-aseli ktp atas nama stnk


Quote:


Wajib sama ktp s pemilikinya gan? Kalo s pemiloknya sudah gaada gmna yah?
Kalo domsili stnk dri jogja apa bisa d urus d samsat Bandung?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gan gimana klo ktp saya ga adasoal nya dompet nya ilang.jadi ktp sim stnk ga ada
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beberapa hari lalu stnk motor saya hilang.hari ini saya urus sendiri tapi di pintain 800ribu langsung jadi jam 3.
Mohon info bener ga biayanya segitu
Lokasi bogor
Terimaksih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Stnk saya pernah hilang, dan sudah diurus. Tapi koq pajak yg tertera di stnk jadi naik ya? Awalnya sekitar 200rb an jadi 321rb, itu kenapa ya?
gan sy d suruh bayar 950rb buat stnk baru
itu juga blm pajaknya
parah...
gan tanya. kalo STNK nya hilang di Malang tapi plat motor ane Jombang. ane ngurus nya di Samsat mana ya?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


ini samsat pusat, selatan dan barat gmn nih?
emoticon-Cape d...
Diubah oleh tesmail
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
enaknya kmrn ngurus stnk ilang pas msh lg pemutihan emoticon-Big Grin
gan berarti sekarang gak perlu pasang iklan berita kehilangan dikoran ya gan ?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di