annisaputrieAvatar border
TS
annisaputrie
Soroti Aksen Bahasa Inggris di Video Pidato Jokowi, Netizen ini Dibully
Soroti Aksen Bahasa Inggris di Video Pidato Jokowi, Netizen ini Dibully
 Wah Yudil 
 11/16/2018 08:33:00 AM





NUSANEWS - Video pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) dihadapan ratusan Chief Executive Officer (CEO), pelaku usaha kecil dan menengah/ startup di ASEAN-Australia Bussiness Forum beredar kembali di media sosial.

Acara berlangsung di International Convention Center (ICC), Darling Harbour, Sydney, Australia, pada Sabtu (17/3/2018) silam ini, merupakan forum dialog bisnis yang dikemas dalam sesi makan siang, yang diberi nama CEO Forum Lunch.

Presiden Jokowi berpidato dengan membaca teks dalam bahasa Inggris Jokowi membahas sejumlah fenomena bisnis global, kawasan, dan Indonesia, dengan bahasa yang simpel, dan lugas.

Namun video lawas ini mendadak viral kembali di media sosial setelah diunggah oleh akun Twitter @awemany. Ia berkomentar sedikit dalam unggahanny, “Males nggak sih loe? emoticon-Stick Out Tongue

Meski demikian, video itu disukai ribuan netizen dan ribuan retweet. Praktis, banjir juga komentar di video unggahan @awemany.


Males ngga sih loe? emoticon-Stick Out Tongue pic.twitter.com/xw7vwPiPX0


— Pelan-pelan, Awe! (@awemany) 14 November 2018 

"Wooy! Yg GUE masalahkan itu kurang cakapnya berbahasa. Bukan problem aksen atau logat. Ngga pinter” juga klean untuk melihat apa yg keliru. Pantesan milih Jokowi. emoticon-Stick Out Tongue," tulisnya lagi.

Berikut komentar netizen:

@jhnnnt: Bagusan liat presiden yang berani berbahasa asing walau pating peletot, daripada liat cuma rakyat yang kerjanya cuma bacot. Ehe.

@ch1sh1: Itu yg bikin subtitle yg gebleek.
Jokowi bener kok blgnya wefie.. bukan wifi… krn yg dimaksud emang wefie bukan wifi ( waifai).. kliatan bgt yg posting ini ga bisa bahasa inggris

@Rakareyhandika: Orang yg bikin subtitle cuman guyon kali mbak, orang bahasanya lucu. Segitunya bgt ngebelain yawla.

@enohsaputra: Kalo dia bukan presiden sih gpp, tapi dia presiden, pemimpin negri ini. Seharusnya bahasa Inggrisnya lebih baik. Lebih giat lagi pak belajarnya.
Mohon maaf pak 2019 suara saya untuk pak Prabowo.

@Alvinolulu: Gak penting gk ngaruh Pinter Bahasa inggris gk becus kerja percuma ,urus koalisi sja gk becus pa lg urus negara ,bubar wowo

Dan sejumlah komentar kontroversi lain dari warganet. Nah, bagaimana dengan komentar pembaca?

https://www.nusanews.id/2018/11/soroti-aksen-bahasa-inggris-di-video.html

Pidato Bahasa inggris Jokowi ENGLISH JOKOWI APEC



Soal Kemampuan Bahasa Inggris Jokowi, 
Denny Siregar: Dia Pakai Bahasa Indonesia Aja Terkadang Lemah

Selasa, 24 April 2018 13:31

TRIBUNWOW.COM - Pegiat media sosial, Denny Siregar menuliskan sebuah catatan saol kemampuan bahasa Inggris Presiden Joko Widodo (Jokowi).).

Dilansir TribunWow.com, melalui akun Facebook Denny Siregar yang ia tuliskan pada Senin (23/4/2018).
Denny memulai pembahasannya dengan merangkum cibiran netizen kepada Jokowi soal kemampuan bahasa Inggrisnya.

Ia pun juga mencoba menguraiakn perbandingannya dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Anies Baswedan.
Seperti ini catatan Denny Siregar:


"BAHASA INGGRIS JOKOWI


Di beberapa status, banyak yang mengejek masalah bahasa Inggris Jokowi yang menurut mereka belepotan.
Bahkan ada yang membandingkan dengan Anies Baswedan saat bicara di Turki. Mereka juga membandingkan dengan SBY saat menjadi pembicara utama di ajang internasional. Apalagi kalau mau dibandingin sama BJ Habibie.


Tentu pada posisi itu Jokowi kalah jauh. Jangankan pake bahasa Inggris, kadang pake bahasa Indonesiapun Jokowi terlihat lemah karena ia memang bukan orator.


Jokowi tidak pernah menghabiskan tahun-tahunnya dengan bersekolah diluar negeri. Ia datang dari keluarga miskin, yang untuk sekolah saja harus berfikir membiayai dirinya sendiri. Jadi wajar saja jika ia tidak akrab dengan bahasa diluar bahasa ibunya sendiri.


Beda dengan Anies Baswedan yang pernah menghabiskan tahunan di Amerika bersekolah di University of Maryland School of Public Policy dan Northern Illinois University. Ia punya uang untuk sekolah dsitu.


Jokowi juga bukan SBY, yang mendapat kesempatan bagus dari TNI untuk disekolahkan di Fort Benning, US dan ditugaskan ke Panama, Jerman Barat dan Belgia. Mungkin pada saat itu, Jokowi sedang bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan swasta kelas menengah.


Jangan pula dibandingkan dengan BJ Habibie, yang menghabiskan hampir seluruh waktunya di luar negeri karena ilmunya yang dipakai dibanyak negara. Jokowi mungkin saat itu sedang membangun perusahaannya dari nol sekali mulai dari mencari kayu sampai mencari pembeli.

Rekam jejak Jokowi keluar negeri adalah saat dia harus berhubungan dengan buyernya, dimana yang dipakai adalah bahasa pedagang, bahasa umumnya, yang tidak begitu penting akan tata bahasa, tetapi dimengerti oleh kedua belah pihak sehingga terjalinlah hubungan yang menguntungkan sekian lama..


Dengan bahasa dagang itu, asset Jokowi berkembang menjadi puluhan miliar rupiah. Tidak ada yang meremehkannya, bahkan ia didapuk menjadi ketua Mebel dan Kerajinan Indonesia Solo Raya atau Asmindo..


Dengan bahasa yang sama, Jokowi berhasil menaikkan kota Solo menjadi kota hub yang berpengaruh di Jawa Tengah saat dia menjadi Walikota. Bahasa Jokowi juga yang berhasil memindahkan ribuan pedagang keras kepala di Solo sesudah berdialog sekian bulan lamanya.


Dan bahasa yang sama pula ketika Jokowi membangun tol laut, bandara-bandara, jalan di Papua, jalur kereta dan bendungan raksasa. Dan itulah bahasa yang sebenar-benarnya bahasa, bukan bahasa diplomasi semata, tetapi bahasa kerja.
Apakah dengan ketidakmampuan Jokowi, ia diremehkan oleh negara luar sana ?

Ah, tidak juga. Bahkan majalah Times menghormatinya dengan menampilkan wajah Jokowi di sampul depannya. Bahkan Direktur IMF memujinya atas pencapaiannya. Dan Mark Zuckerberg juga Jack Ma menghormatinya karena keilmuannya bukan karena bahasanya..


Kalau cuman bahasa Inggris pintar saja dijadikan acuan, catat saja, berapa pejabat yang jago bahasa Inggris tapi berakhir menjadi pesakitan di penjara ? Tidak ada korelasinya antara bahasa dan kemampuan kinerja..


Tanya Putin, apakah ia berbahasa Inggris dengan baik saat diwawancarai CNN ? Tidak. Tanya Soeharto, pernahkah ia menggunakan bahasa Inggris di publik dengan baik ? Juga tidak. Tapi ketidak-mampuan itu tidak mencegah mereka menjadi pemimpin negara yang berkuasa.


Jadi temanku yang baik, yang selalu mengejek pemimpinmu karena tidak mampu berbahasa Inggris dengan benar menurutmu, sini saya ajarin satu kalimat dalam bahasa Inggris, "Wish a does do wrong ? Next do wrong, a does the seek.. been she gear.." ( Pake Jowo ae ojok sok keminggris," tulisnya.


Catatan Denny Siregar tersebut lantas mendapatkan ribuan komentar dan sudah dibagikan ribuan kali.

http://wow.tribunnews.com/2018/04/24/soal-kemampuan-bahasa-inggris-jokowi-denny-siregar-dia-pakai-bahasa-indonesia-aja-terkadang-lemah?page=all&_ga=2.18731323.367838776.1542247102-678981355.1541194973

-------------------------

Javanese english, yak!

emoticon-Wakaka

0
5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan