Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Ketika sertifikat halal diberikan untuk kulkas dan makanan kucing
Ketika sertifikat halal diberikan untuk kulkas dan makanan kucing

Sertifikat halal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia untuk sejumlah barang termasuk kulkas, makanan kucing, panci, rantang, wajan dan tisu toilet, langkah yang banyak dipertanyakan warganet.

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariat Islam. Tak hanya untuk produk pangan, obat-obatan dan kosmetika, ternyata sertifikat halal juga diberikan untuk barang-barang lainnya.

Sertifikasi untuk barang-barang tersebut mengundang berbagai pertanyaan dari warganet.

Dalam siarang persnya, kulkas Sharp, yang juga mendapatkan sertifikasi halal, mengklaim produknya adalah kulkas pertama yang mendapatkan fatwa halal dari MUI.

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) melalui situsnya menjelaskan bahwa ada beberapa komponen yang dibuat dari campuran bahan yang menggunakan turunan asam lemak. Kalau dari bahan hewani, harus dipastikan bahwa bahan itu bukan dari turunan babi yang jelas-jelas diharamkan dalam Islam.

Ketika sertifikat halal diberikan untuk kulkas dan makanan kucing

Perlukah sertifikasi halal untuk jilbab?
NTB berupaya tingkatkan kunjungan turis empat juta orang dengan wisata halal
Kuas 'bulu babi' yang berlabel halal disita di Malaysia
"Ketentuan halal dalam kaidah syariah tidak terbatas pada aspek konsumsi, namun mencakup aspek yang sangat luas, yaitu menggunakan ataupun memakai," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF melalui website tersebut. Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas harus diyakini kesuciannya.

Hal ini disepakati oleh Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi. "Kulkas adalah wadah makanan atau minuman. Bagaimana kalau medianya tidak halal?" kata Tulus kepada BBC Indonesia. Menurutnya justru semua wadah makanan perlu sertifikasi halal karena hal itu sudah diatur di Undang-undang mengenai jaminan produk halal.

Warganet menganggap cara perusahaan untuk mendapatkan sertifikat halal adalah taktik pemasaran mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Dalam websitenya, LPPOM MUI memang menjelaskan bahwa dengan sertifikat halal, perusahaan dianggap punya keunggulan dalam menghadapi persaingan pasar.

Sertifikat halal untuk penggorengan, tisu toilet dan makanan kucing
Melalui bagian "Pencarian Produk Halal" di situs MUI, kita dapat memeriksa produk apa saja yang sudah punya sertifikat halal.

Memang tidak ada kulkas lain yang telah terdaftar, namun ternyata ada produk alat masak lain yang juga mendapatkan sertifikat halal.

PT Maspion telah mendapatkan sertifikat halal untuk aneka produk dapur seperti penggorengan, panci, mangkok enamel, dan rantang.

Sebelumnya, jilbab merk Zoya sempat menjadi perdebatan juga setelah mereka mengklaim sebagai perusahaan busana pertama yang mendapatkan sertifikasi halal.

PT Shafco Multi Trading, pemegang merk Zoya, mendapatkan sertifikat halal untuk busana pria dan wanita dari anak-anak, remaja dan dewasa, atasan, bawahan, luaran, gaun, dan perlengkapan busana seperti mukena, ciput, kaos kaki, bandana, manset, seledang, kerudung dan sajadah. Sebagian besar sertifikat halal ini berlaku hingga 22 November 2018.

Sertifikat halal juga diberikan untuk barang-barang lain, seperti kapas, popok, pembalut, detergen, pewangi pakaian dan tisu toilet.

Ketika sertifikat halal diberikan untuk kulkas dan makanan kucing

Tak cuma produk untuk manusia, makanan kucing juga masuk dalam daftar produk halal. Powercat Fresh Ocean Tuna mendapatkan sertifikat halal nomor yang berlaku hingga 27 Maret 2020.

https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-44030138

MULAI DARI YG HALAL, BIAR HIDUP BARAKOH YA AKHI UKHTI emoticon-Imlek

SEMUA BARANG YG BELUM ADA SERTIFIKAT MUI LEBIH BAIK JANGAN DIGUNAKAN KRN MASIH HARAM emoticon-Leh Uga

Diubah oleh nevertalk 16-11-2018 13:07
eyefirst2
tien212700
tien212700 dan eyefirst2 memberi reputasi
4
4.7K
45
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan