BowoSanAvatar border
TS
BowoSan
Mengenal DataPlay Format CD Mini Yang Terlupakan


Nubi kembali Ngethread lagi, Nih...

:nulisah

Tahukah Gansis kalau pada tahun 2001 ada sebuah format CD ukuran sangat mungil yang dirilis bernama DataPlay?

emoticon-Bingung

DataPlay adalah sistem cakram optik yang dikembangkan oleh DataPlay Inc. dan dirilis ke pasar konsumen pada tahun 2002.

DataPlay merupakan format CD ukuran 1,2 inci (32 mm) memiliki kapasitas 500 MB dan dilampirkan dalam kartrid pelindung. Beda dengan format Mini CD yang berukuran tiga inci (120 mm) loh Gansis.

DataPlay ditujukan terutama untuk pemutaran musik portabel, termasuk disk yang telah direkam sebelumnya dapat disimpan di DataPlay, namun hanya bisa menyimpan sekali seperti CD-R.

Quote:


DataPlay dirilis pada tahun 2001, yang di tiap sisinya mampu menampung data berkapastias 250MB, kala masih berbentuk prototipe

Pada tahun 2001 DataPlay juga memenangi Best of Show di acara CES 2001. Bahkan industri musik juga mendukung format DataPlay, contohnya album ketiga Britney Spears, Britney (2001), pernah juga dirilis dalam format DataPlay.

Quote:


Dataplay juga menyertakan sistem manajemen hak digital yang unik yang dirancang untuk memungkinkan konsumen untuk "membuka" konten pra-rekaman yang tidak sesuai di disk kapan saja setelah pembelian awal.

Setiap keping CD dari format Dataplay dapat diputar di gadget jaman dulu, seperti mp3 dengan piringan membaca format Dataplay.

Quote:


Quote:


Salah satu produknya Media Player pemutar adalah Evolution, memasukan mini CD ke pemutar CD atau cakram pemutar, ada juga DataPlay Media Player buatan HipZip, salah satunya lomega HipZip 2000, merupakan Digital Audio Player dengan sistem membaca Dataplay dan dapat diputar dalam bentuk format mp3 dan wma, tentunya memiliki tampilan lebih menarik pada masa itu.

Quote:


Sebenernya dengan adanya Media Player DataPlay ini kita bisa nonton dangdut dan berjoget tanpa harus maenggunakan perangkat CD/DVD Player, bahkan gak perlu lagi setel TV loh pada massa itu..

Jadi bisa goyang...

:goyang:goyang:goyang

Sayangnya, hanya sedikit sekali album dirilis direkam sebelumnya pada DataPlay. Akibatnya dengan jumlah mini CD yang sangat terbatas maupun unit yang mampu memutar cakram, akhirnya sistem ini gagal hanya beberapa tahun kemudian.

Pada tahun 2003, format Dataplay tersebut tidak diproduksi lagi, tetapi masih banyak kenangan Audio Dataplay beberapa album musik terecord seperti Avril Lavigne.

Quote:


Quote:


Nah itu dia Dataplay, atau bentuk mini CD yang sudah dilupakan, walopun penuh dengan kesan histori, pada masanya dibuat agar penyimpanan data berbentuk eksternal lebih simpel, salah satu pengembangan ini tidak berlanjut, tentunya teknologi eksternal disk dalam menyimpan file ( music, video, dokumen, dsb) kurang praktis, sehingga kecendrungan menggunaakan internal disk sebagai memori penyimpanan Audio music ataupun video. Kedua munculnya produk pemutar musik seperti Ipod dengan teknologi pemutaran music digital, membuat mini CD ini tak terlalu diminati, walopun sudah tidak diminati masih ada kesan klasik kok. Ketiga produk penyimpanan data pada tahun 2002 mulai berkembang, pada masa itu telah dirilis USB Flashdisk, memiliki memori lebih besar, dan mampu berulang kali merubah dan mengganti directori file.

Sekian di thread sederhana ini, maaf jika informasi yang Nubi berikan masih sedikit sekali.


Quote:


Quote:


Quote:




Diubah oleh BowoSan 15-11-2018 02:39
7
8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan