CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Sharing atau Konsul Seputar TBC yuk!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012451937/sharing-atau-konsul-seputar-tbc-yuk

Mantan Pasien TBC Masuk Dong :)

Tampilkan isi Thread
Halaman 68 dari 83
Quote:


mana bisa perusahaan cek kecuali memang diminta riwayat kesehatan atau lo sendiri yg nulis..

klo udah sembuh ya udah.. ngapain mikir yg kagak2, jangan sampe sembuh TBC tapi malah masuk ke gangguan psikis emoticon-Hammer
Kira" kapan hilangnya keringat malam saat perawatan tb paru.. Aku udh mau jalan 4 bulan..
Mau tanya dong, sy di diagnosa tbc oleh dokter spesialis paru. Udah rontgen jg dan cek darah, hasilnya benar ada bercak d paru2, lalu disuruh tes dahak, nah masalahny dahak sy ga keluar2 itu gimana ya? Sekarang udah minum OAT nya sih. Sy batuk udah 5 bulan ga sembuh2 rasanya gapernah ada dahak dri awal batuk, 2x demam dlm 2 bulan, klo malem keringetan pdhl cuaca dingin, berat badan turun 3kg. Apakah tdk apa2 bila tdk melakulan tes dahak?

Hi

Saya sdh mendalani pengoabatan TBC selama 3minggu. Dan belum beraktifitas kembali bekerja.
Bagi anda para pekerja bagaimana menyikapinya? Apakah anda kembali bekerja setelah habis masa MC. Atau fokus dgn meninggalkan perkerjaan.
Petanyaan saya untuk permanen full day worker.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


klo dahak ny susah dikeluarkan gpp gan mending jgn klo dipaksa nanti ny luka dan berdarah

dilihat dr rontgen pun ketahuan gan perbedaan ny paru normal dan paru yg trkena infeksi kuman tb.. ane baca gejala ny persis kyk ane tuh gan batuk2 ga sembuh walaupun minum obat batuk ga efek demam juga cuma ane meriang menjelang sore ampe malem badan bb juga turun drastis
saya mantan pasien tb, dinyatakan sembuh hampir sekitar 4 tahun yg lalu.

satu hal yang selalu saya ingat dari dokter saya sih, dia bilang kalau saya berat badannya 3kg lebih berat aja, kemungkinan besar bakteri tb nya nggak akan aktif.

jadi, bagi agan-agan yang ingin orang-orang terdekatnya jauh dari tb, ajaklah berpola hidup sehat dengan menjaga berat badan ideal, istirahat cukup, makan teratur dan bergizi serta rajin olahraga atau berjemur di pagi hari, karena kemungkinan besar di tubuh kita sudah ada bakteri tb, hanya saja mereka masih tertidur emoticon-thumbsup

dan untuk yang masih berjuang semangat! walau obatnya berefek macam-macam, harus konsumsi tiap hari rutin sampe bosen, tapi waktu dinyatakan sembuh setelah 6 bulan atau 9 bulan pasti puas dan bersyukur banget.

emoticon-Ultah
Diubah oleh Re5
Gan dokter atau semuanya, mau nanya dong

Jadi ane dulu pas balita pernah imunisasi TB. Tp, pas kelas 6 SD pernah suspect TB latent (dorman gitu bakterinya), ketauanya pas skin test TB, ane waktu itu ada batuk tp ga ada gejala yg aneh2, dan waktu itu udah diobatin sampai 6 bulan.

Nah, pas sekitaran 3 tahun lalu, ane mulai batuk berdarah banyak, tepat setelah sembuh flu. Waktu itu rasanya ditenggorokan ada yg ngeganjel, dan dikeluarin malah darah, semakim lama semakin banyak. Ane cek ke dokter, tes dahak, rontgent, hasilnya negatif TB, dan kondisi batuk darah menghilang.
Setelah itu, ane jd suka batuk darah terlebih kalau ane lg bronkhitis/flu berat, tp darahnya dikit, banyaknya lendir aja.

Selanjutnya pas agustus 2018 kemarin, ane lg sehat (ga demam/flu, ga lg gatal tenggorokan) ane batuk darah lg karena di tenggorokan ngeganjel ada yg pengen dikeluarin (banyak gan, 80% darah dibanding lendirnya). Ane ke dokter lg, rontgent, cek dahak BTA, tes IGRA, semua negatif TB. Nah semenjak itu, ane sering minum obat batuk aja sama kalnex buat menghentikan pendarahan.
Gara2nya, tiap 3 minggu sekali ane batuk darah emoticon-Frown

Terakhir selasa kemarin ini gan, ane batuk darah lg (lg ga demam, ga gatel tenggorokan, ga sesak, ga flu), dan kemarin BANYAK, ane seka pake tissue itu, yg keluar murni darah emoticon-Frown
Ane padahal 2 mg sebelumnya medcheck dr kantor, dan rontgent paru2 ane jg sehat bersih aja.

Apakah TB bisa aja batuk darah tanpa demam atau gejala yg lain ya gan? Sumpah udah mulai frustasi ini ane secara udah bolak balik ke dokter, dokter jg ga tau apa penyebab batuk darahnya emoticon-Frown
Ga ada demam, nafsu makan lg banyak, ga lg gatal tenggorokan nya padahal gan emoticon-Frown

Dan kemarin ane mau dirujuk tes genexpert pake dahak. Ane kondisi lagi ga gatal batuk, pendarahannya lg hilang karena udh minum obat kalnex, jd nya ane bingung mau ngambil dahak nya gimana. Jujur gara2 batuk sarah yg terakhir kali darahnya banyak, ane jd trauma sama batuk, mana lg ga mau batuk pula kondisinya. Ada saran gimana ngasih sample dahak ini ya gan? emoticon-Frown
Udah 3 hari ini kotak dahak belum ane isi karena kondisinya emang lg ga ada dahak/ga mau batuk emoticon-Frown
Diubah oleh bonesolehe
Quote:


Tergantung respon tubuh juga, saya hilang pas bulan ke 2 pengobatan.
Sebelumnya demam setiap hari nonstop gaspool di atas 38.5 dan lemas serta keringat malam 1 bulanan.
Skrg berat nambah 6kg

lemes

Misi gan ane mau nanya, disini ada gk yg kaya ane, ane di vonis tb dan baru mnjalani pengobatan 5 hari, badan lemas gk bisa jalan krna klo gerak ngos ngosan, jd klo mau pup sma kencing mesti pakai pampers, knp jd ky gini ya, ap krn efek obat, apa obt nya dstop dlu
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

Bingung

Selamat malam gan, saya mw nanya, 2 minggu yang lalu saya rawat inap d rumah sakit, terus setelah dokter dengerin keluhan, saya d suruh ronsen, dan kesimpulan hasilnya saya didiagnosa pneumonia, Dd : Tb Paru.
Terus sama dokter spesialis paru, saya katanya positif tb paru, dan dikasihlah obat tb Rifampicin, Dkk. Yang saya mau tanyakan, dr ronsen aja bisa ya langsung ketahuan positif tb atau gak? Terus dokter nyuruh saya ngelanjutin pengobatan d puskesmas, kata orang puskesmas seharusnya tes dahak dulu baru tes yg lain untuk bisa d katakan positif. Mohon sarannya apakah saya ngelanjutin minum obat atau gmn?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gan aku mau nanya aku pasien TB yg sudah menjalani pengobatan 2 bulan 2 minggu, Alhamdulillah batuk sudah hilang tapi aku merasakan ngilu di lengan sebelah kanan kadang terasa sampai tulang belakang dan juga di ketiak kayak memar sakit sehari hilang muncul lagi bergantian kiri dan kanan, kenapa ya apakah ada yg mengalami seperti saya?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


ya awal ane minum oat ane kyk gitu cuma ane sempet pendarahan gan makanya lemes ny bukan main klo buang air kecil ane sedia ember buang disitu dah emoticon-Frown ga pke pampers emoticon-Frown hanya bisa tiduran bangun lemes mandi pun habis selesai ngos ngosan pake baju celana pun dah kyk angkat beban emoticon-Frownemoticon-Frown

kalo bsa jgn di stop itu wajar lemes gan karna tenaga dan anti bodi kita terkuras buat pertahanan melawan kuman ny . makanya kata dokter ane "harus makan banyak"

telur rebus juga ane konsumsi rutin 5x sehari susu wajib 2x sehari , makan makanan kaya protein , sayur berwarna hijau , kacang kacangan , minum air putih yg banyak wajib juga karna mengurai efek dr oat ny itu jgn lupa buah buahan apa aja bagus

seiring waktu dgn rutin minum obat ny lemes akan hilang gan kyk ane alhamdulilah udah msk 6 bulan badan udah normal emoticon-Smilie
Diubah oleh ivanharf
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


boleh sih gan asal ga ganggu agan batuk.. karna coklat bisa memicu batuk gan ane sih dlu ga prnh konsumsi soalny
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apa aga merasa sakit dan ngilu tulang lengan dan belakang begitu?
Quote:


dancow putih aja gan ckup kok kalo mau lebih bgs sih susu beruang ama susu kambing
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
halo gan selamat malam saya mau tanya nih seputar paru paru

jadi gini kronologi nya minggu lalu mamah saya pergi keluar sore hari kebetulan agak gerimis juga,nah pas malem nya mamah saya meriang panas dingin ampe besok paginya selasa pagi udah mulai ga meriang lagi tapi masih pusing ,tadi pagi coba berobat kedokter dan kata dokter disuruh di ronsen ini hasil ronsel nya

cor,diaphragmae dan sinuses normal.
pulmo perselubungan inomogen tengahkanan,bercak halus perhilkar kiri.
kesan : sesuai KP minimal
(maaf saya kurang paham upload foto disini)

nah pertanyaan saya apakah mamah saya terkena penyakit paru ?
kondisi mamah saya memang kurus dari dulu
mamah saya ibu rumah tangga tidak bekerja jarang keluar rumah
kami sekeluar ga tidak punya history penyakit paru

mohon bantuan jawabannya agan2 semua
Quote:


tmn mu tb udah brp bulan menjalani terapi OAT ? kalo udah 2 bulan sih insyallah kuman ny ga aktif lg
"ga akan menularkan sekitarny" setau ane menular ny tb itu paling rentan resiko ny saat penderita batuk kita di depan ny hasil dari batuk itu kita hirup melalui nafas kita.

kalo cuma ngobrol doang sih kyk ny kecil kemungkinan kecuali tmn mu batuk2 ngobrol ny itu bsa aja terjadi menular gan

klo pun misalny kita menular sih ga langsung kita ngerasa gejala tb itu dateng bsa aja anti body mu kuat buat ngelawan tuh kuman. jadi kuman ny tertidur kalo anti body mu melemah itu kuman langsubg bangun or aktif baru gejala2 umum datang emoticon-Smilie

ga salahny kalo agan cek sih jgn kyk ane terjadi pendarahan baru cek emoticon-Frown
Diubah oleh ivanharf
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


ke puskes terdekat aja gan atau rs jg bsa.. atau lngsung temui sp paru ny bilang agan pny tmn yg positif tb.

ane alhamdulilah udah stop oat ny gan emoticon-Big Grin terapi akhir mei lalu udah 6 bulan skrg emoticon-Smilie sisa minum vit anti body ny aja
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Minta saran

Ane pernah MCU thn 2017 & dri hsl foto thorax katany ada atalektasis di perihiler paru kiri,ane lgsng konsul ke dr paru tempat ane krja,dr satu blg dari hasil fotony itu paruny ud fibrosis & ane dsrh cuma antiobiotik biasa, sminggu kemudian ane foto thorax lg & blk k dr yg sama,dy blg hasil fotony msh sama yi fibrosis & ane dsrh minum obat OAT tnpa cek lain2,ane gk mau dong krna ane gk ada keluhan sblmny,sblmny paling cuma batuk tp ud sembuh. Trs ane mnta second opinion dri dr paru lain d RS tu,dokter satuny blg itu bukan TB, trs ane dksih antibiotik lg. Bbrpa ari kmdian ane blk lg k dokter itu krna napas agak berat,& ane akhirny drwt inap,dsrh CT scan:hsl atalektasis paru,foto thorax lg:KP lama, cek IGRA negatif, ane gk cek dahak krna saat itu gk Gk ada dahak & dokter tsb tetap menyimpulkan ane bkn TB,pas plg dksih antibiotik 5 ari sma inhaler. Sejak itu ane mudah kena batuk pilek, tp biasany sembuh klu ud dksih antibiotik.
Bulan november ptengahan ane batuk, agak sesak napas & ada bunyi napas kyk mengi smpe skrg, ane ud brobat 3x tp blm sembuh jga batukny. Trakhir ane foto torax lg d klinik dokter paru, ktany kmungkinan TB, trs ane dsrh minum lecraf 5 ari sma cek BTA, awalny ane krg percaya sama hsl foto thoraxny krna mnrt ane yg foto krg kompeten sma alatny jga krna foto d klinik dokter spesialis d rmh (bkn d klinik atw RS). Tp ini ud hari keempat ane minum obat msh batuk jga.
Mohon saranny agan2 ane hrs gmna,soalny ane lg ikut seleksi CPNS,ane ud hitung2 nilai,kmungkinan bsr ane lulus, ane jadi galau pas pemberkasan atw prajabatan nnti

diagnosa TB kelenjar 2018

assalamualaikum....
gan suami ane diagnosa tb klenjar, ada benjolan d leher kanan, skrg blm mulai pngobatan tb tpi msh dkasih antibiotik sama vit. liver, biar siap dlu jlanin terapi obatnya ktanya, skrg selain mnum obat, juga rutin minum kunyit, tpi blm ada efeknya, bdan masih demam tiap mlm, ane bngung bgt ngadepin suami yg mkin hari bnyk ngeluh dan down, ane ajak bercanda dan semangatin mlh nerimanya lain ujung2nya mlah berantem, mungkin disini ada yg lg pengobatan atau pngalaman tb klenjar d daerah bdg, ada rekomendasi? utk ahli herbal brgkali ada? skrg suami pngobatan di klinik dr. samuel, beliau dokter spesialis dlm di rs santo yusuf juga.
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 68 dari 83


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di