Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elshafiraalAvatar border
TS
elshafiraal
BUTON : Wilayah Indonesia Yang Selamat Dari Penjajahan
BUTON : Wilayah Indonesia Yang Selamat Dari Penjajahan

Indonesia pernah memiliki masa lalu yang suram, yakni menjadi bangsa terjajah oleh Portugis, Belanda, dan Jepang. Negara yang paling lama menduduki Indonesia adalah Belanda yang menurut catatan sejarah Indonesia diduduki selama hampir 350 tahun.

Selama itu, sebagian besar wilayah Indonesia dikuasai oleh Belanda, dari Sabang sampai Merauke. Namun, ternyata ada satu tempat yang tidak pernah dijajah oleh Belanda.

Tempat itu ada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Jika dilihat dari peta, posisi Buton berada di kaki sebelah kanan Pulau Sulawesi. Dulu di sini terdapat Kerajaan Buton yang sangat kuat kuasanya.
Buton adalah nama kerajaan yang sudah ada sejak abad ke-12. Buton wilayahnya kala itu sangat luas, dari Wakatobi, Bau-bau sampai Kabupaten Buton ini. Pusat pemerintahannya di Benteng Keraton.

Nah terus kenapa ya gan wilayah ini gak dijajah sama Belanda?
Lantaran Buton memiliki kerajaan yang kuat, tampaknya Belanda tidak ingin repot dan mencari masalah. Daripada mereka kesulitan mendapatkan rempah-rempah, lebih baik mereka menjalin hubungan yang baik dengan Kerajaan Buton.

Yaaa semoga trit ane kali ini berguna dan menambah wawasan bagi agan and sist sekalian, jangan lupa kasih ane cendol ya emoticon-Cendol Gan

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
1.5K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan