CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be9267a9e7404f85f8b4568/kesan-19-tahun-kaskus-sorry-min-ni-arahnya-mau-kemana-ya

Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?

Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?
Silakan klik banner untuk ikut event Kaskus Kreator edisi 19 Tahun Kaskus


#2019MasihNgaskus


emoticon-Ultah


Forum tercinta kita Kaskus udah 19 tahun nih. Sebagai generasi lama gue menjadi satu dari sekian Kaskuser lain yang masih bertahan sekaligus menjadi saksi perubahan-perubahan yang terjadi. Dari Kaskus dan FJB yang super rame di mana cendol dan pertamax masih menjadi primadona, di jaman sundul lapak masih menjadi sebuah ritual, sampe sekarang FJB udah kayak kuburan, cendol dan pertamax udah jadi receh, dan nyundul lapak? Mungkin tahun lalu kali hal itu dilakukan.

Tapi seperti tulisan gue di atas, 2019 gue tetap akan masih ngaskus. Selama Kaskus masih ada mungkin gue akan tetep ngaskus. Meski gue sendiri masih meraba-raba, ni Kaskus arahnya mau kemana sih? Sebab, ada beberapa program yang menghilang meski sebenarnya cukup sukses. Mungkin karena costly atau pertimbangan lain gue gak tau deh.

Dan berikut point-point yang jadi perhatian gue.

emoticon-Ultah


Mau Jadi Socmed Nih?


Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?


Gak seperti biasanya yang ganti template/theme setahun belum tentu sekali, tahun ini Kaskus sering banget update template/theme. Makin ke sini makin mirip socmed. Misal twitter. Gak salah sih. Mungkin cara Kaskus untuk menggaet new member dari kalangan milenial aka kids jaman now. Gue sebegai generasi old pun berusaha membiasakan diri.

Tapi menurut gue design terbaru Kaskus ada yang gak enak, di antaranya adalah link about me yang menghilang. Jadi larinya ke page profile utama. Masalahnya di page profile, tampilan badge nya gak seenak kalau di page about me. Walhasil gue jadi ketik manual deh kalau mau buka versi about me.

Satu lagi, Last Visitor dan Visitor Message menghilang juga ya? Apa pindah tempat aja? emoticon-Bingung

Di design yang baru tampilan all postnya juga oke sih. Gak okenya adalah, gak bisa nyendolin/batain dari sana. Pas gue klik bata/cendol tetep aja larinya ke postingan tsb. Kalau bisa nyendol dari profile tanpa harus buka postingannya, untuk orang yang sering bagi-bagi cendol/bata kek gua (karena belum mampu bagi-bagi Kaspay emoticon-Malu) jadi lebih gampang deh.

Di tampilan all thread juga gak bisa who posted. Untuk bisa ngecek siapa yang paling banyak kejang. Apa gue yang gak tau aja ya posisinya sekarang?

Oh ya, Podcast? Ada yang pernah dengerin? Ada yang dengerin gak sih itu? Apa cuma bikin berat koneksi doang? emoticon-Big Grin

emoticon-Ultah


Progam yang Menghilang


Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?


Seperti yang gue sebut di atas, ada beberapa program keren yang sayangnya udah gak diadain lagi. Contohnya Kaskus Cendolin. Setelah 3 kali diadain (2015, 2016, 2017), kok di 2018 menghilang? Apa karena terlalu costly nih? Padahal bisa dikatakan itu adalah satu-satunya event regional yang ada badgenya hehe. Maksud gue, itu event di bulan puasa yang usefull banget, bikin kita para Kaskuser bisa silaturahmi, kenapa malah ditiadakan ya? emoticon-Berduka (S)

Selain itu masih ada beberapa program -yang even iklannya selalu ada di video profile Kaskus tapi kelanjutannya gak jelas- salah satunya adalah: Kamis Komunitas aka Kamkom. Apa Kaskus kehabisan komunitas untuk direview apa terlalu costly? Entahlah. Nanya officer juga belum tentu tau jawabannya. Petinggi Kaskus yang tau banget ini mah.

Kopdar Kreator juga apa kabarnya ya? Sebagai Kreator banyak hal yang pengen gue sampaikan yang kayaknya gak akan ditanggepin kalau cuma nanya di Kreator Lounge. Tapi 2 kali diadakan yang gue gak bisa dateng karena belum daftar sebagai Kaskus Kreator, gue nunggu-nunggu yang ketiga, eh belum ada lagi kejelasan kapan akan diadakan lagi.

Live Ngaskus juga discontinue. Berganti dengan Kaskus TV. Tapi masih pake platform yang sama yakni channel youtube. Cmiiw. Menurut gue, daripada ngembangin Kaskus Groups, Kaskus Chat yang hidup segan mati apalagi, mending juga Kaskus bikin platform video let's say Kastube. Imho ya.

emoticon-Ultah


Progam Keren yang (Semoga Tidak Ikutan) Menghilang


Biar balance nih, ada juga beberapa program keren yang semoga gak menghilang di masa yang akan datang. Di antaranya adalah Donor Darah Serentak. Mungkin Donor Darah Serentak ini adalah pengganti dari Kaskus Cendolin. Atau Kaskus Cendolin akan bermutasi menjadi Kaskus Batain di masa yang akan datang? Who knows emoticon-Big Grin

Selain Donor Darah Serentak, yang semoga gak menghilang di masa yang akan datang adalah Movie Night Out (MNO) aka Nobar Kaskus yang biasanya diadakan di Kuningan City. Karena selain jadi ajang silaturahmi antar Kaskuser dan Officer, gue juga bisa ngajak bini gue nobar gratisan. Dapet badge pula emoticon-Malu (S)

Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?


Program yang lainnya Kaskus Kreator, Kaskus The Lounge (KTL - kalau ngobrol mending jangan disingkat deh nyebutnya), Meet The Expert, dll. Meski gue pribadi jarang ikutan kalau gak ada badgenya emoticon-Malu

emoticon-Ultah


My Wishes untuk Kaskus


Kalau boleh muluk-muluk sih, gue berharap FJB bisa serame dulu. Cuma gimana, Kaskus FJB gak sigap menghadapi perubahan. Kalah cepet sama 2 ecommorce sebelah. Padahal gue yakin mereka pernah jadi Kaskuser juga dan belajar dari Kaskus FJB.

Gak sigap gimana?

Official Rekber lahir terlambat. Nunggu ada kasus (yang diduga) penggelapan dana dengan jumlah wow. Udah gitu Kaskus sendiri kurang transparan. Endingnya gimana? Ada yang tau gak? Atau jangan-jangan Kaskus sendiri gak tau gimana endingnya karena bener-bener cuci tangan?

Gue sih realistis, gak perlu FJB bisa serame dulu, minimal bisa jadi tempat untuk naikin brand awareness lah. Secara lapak di FJB Kaskus cukup googleable.

Selain FJB, gue berharap Kaskus gak menutup mata pada mati surinya regional di mana kantor Kaskus berada, Regional Jakarta. Tiap gue nanya, jawabannya seolah menghindar, angkat tangan, dan menunggu dari kaskuser. Bikin acara ngobrol bareng kek, cari solusinya. Atau kalau mau extreem ditakeover sementara sampai nemu penerusnya.

Nunggu dari kaskuser ya susah. Kaskuser lama udah pada keluarga, ada yang udah punya anak. Jangan ngeliat mimin yang masih single sampai sekarang cmiiw. Membernya mah udah beranak pinak. Berharap dari kaskuser milenial? Susah. Mereka ngaskus selingan (mungkin) sekedar cari b*kep atau sejenisnya.

Keterbatasan dana, waktu, SDM yang bikin kaskuser yang pengen regional mau bangkit geraknya terbatas. Udah berapa lama RL sekarang bikin thread ngundurin diri, sepertinya pihak Kaskus gak meresponnya dengan seharusnya. Ya gitu deh sekarang, hidup segan mati apalagi.

emoticon-Ultah


Mungkin itu saja. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan tulisan ini. Gak ada maksud mendiskreditkan pihak manapun. Semata hanya beropini saja. Belum tentu opini gue ini benar juga. Last but not least, HAPPY BIRTHDAY KASKUS emoticon-Toast

Quote:
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan AtkaHasena memberi reputasi
Diubah oleh eghy
Halaman 1 dari 2
nitip jemuran min
udah dikasih rate ya emoticon-Rate 5 Star
Ninggalin jejak dulu aja gan, arahnya nanti ketemu
Buka kaskus seminggu sekali, itu pun pas gw kerja shift malam... Pas udah bosen banget bingung gak ada lagi yang dibuka...
Ne kebetulan aja gw buka pas sore suntuk gini

Gw dulu ngaskus, buat cari info di lonje, ada kabar viral, keluarlah berbagai macam komen kaskuser... ArilLuna dulu dapatnya juga di sini emoticon-Malu (S): Sekarang di sosmed udah ada semua info, kaskus kdang telat keluarnya

Emang bener, kaskuser udah beranak pinak, gak sempet lagi buka-buka trit
Diubah oleh renaldazwari
ane udah 15 tahun ngaskus juga bingung mau dibawa kemana.... setelah vakum 3 taonan ternyata banyak yg berubah
Numpang coret-coret di pejwan ya gan, dan
Terima Kasih atas kontribusinya untuk Kaskus selama ini.

emoticon-terimakasih
mau bubar
Kesan nya seperti ultah yang terakhir bre
wiiww... keren tuh kk KasTube emoticon-Matabelo
terakhir kejayaannya kaskus ya 2013 lah bre
paling skrg nangkring di bp aja
mejeng ditrit ini , ngaskus baru kemarin sore aja tapi ya gitu arahnya gak jelas emoticon-Stick Out Tongue
Syedihhhh, kaya lagi diujung tanduk ini forum.
Kaskus udah gak kayak 5-7 tahun yang lalu emoticon-Berduka (S)
Walau arah tujuan kaskus udah terombang ambing ngga karuan sekarang, ane udah terlanjur suka sama ni forum. Ane bukan berasal dari generasi old.kaskus, tapi pertama ane main (masih jadi orang labil dan sok ngegas gaje emoticon-Hammer2 ), tepatnya tahun 2013 sampai 2015 ane merasa kaskus ini forum spesial nya orang Indonesia. Semua topik tentang apa aja ada di sini. Sistem reputasi merupakan sebuah achievement. Cendol merupakan bentuk apresiasi yg ngga sembarang orang bisa ngasih, begitu juga bata. ISO merupakan pencapaian yang sangat membanggakan, sampai2 ada yang rela bikin thread cuman karna udah ISO. See? Itulah salah satu sistem yang bikin warga kaskus makin betah ngaskus. Bandingin dengan rework sistem dan design nya yang sekarang, serasa hambar.
Quote:



Pertama dari gua, rate 5 dulu plus cendol basi yang emang udah gak ada gregetnya sama sekali. Najis! Cendol Kaskus itu nyaris gak ada nilai prestisiusnya lagi..... Sama aja kek Pertamax atau gembok di pejuhwan.

Kedua, gua apresiasi penuh TS EGHY ini sebagai salah satu Kaskuser yang juga punya dedikasi tinggi buat Kaskus. Eventnya juga selalu sukses.


Soal teknis Kaskus, baik itu UI, fitur atau apalah namanya gua gak bisa ngomong banyak. Karena gua emang gak punya kompetensi. Tapi intinya gua setuju sama TS yang baik hatinya ini. emoticon-thumbsup


Ketiga sepertinya Kaskus mau jadi Fesbuk..... Ngoahahaa emoticon-Busa


Ke-empat kapan gua bisa dapet kaos KASKUS gratisan? Kalo perlu gua beli dah berapa harganya? 19 tahun ngaskus + 15 jam ngaskus sehari selama 4 tahun. Tapi gua gak punya 1 pun kaos Kaskus. emoticon-fuck

Ada yang mau berbaik hati ngasih gua kaos Kaskus official? emoticon-Leh Uga
Quote:


makasih om udah mampir. makasih juga utk apresiasinya emoticon-Salaman
anyway kemaren kan menang coc music dapet kok merchandise salah satunya kaos Kaskus. ditunggu aja ya emoticon-Big Grin

ps.
kaos item Kaskus gue masih ada stock yang belum dipake. next gue kirim ya____

emoticon-Toast
nice trit gan emoticon-Rate 5 Star iya nih moga event2 macam donor darah serentak gak menghilang. ni ane mau ikutan lagi kok gak tau jadwalnya. emoticon-linux2
Bisnis gan. Semua harus berubah, harus ber inovasi. Supaya tetep survive.. Ga kalah ama kompetitor.

Sekarang ini kan memang semua member sosmed seolah mengejar reputasi untuk menunjukan eksistensi, mungkin karena itu cendol-bata ga terbatas.. Supaya ada keseimbangan sama toko sebelah.

Masalah cendol-bata.. Sasaran nya juga kan pasti berubah, kalo dulu ya itu-itu aja. Istilahnya memang untuk loyal customer.. untuk para sesepuh. Nah kalo sekarang kan sasaran nya buat para nubitol, biar semangat.

Dan yang paling penting adalah semua ini terkait target "sales" kaskus harus tercapai supaya grafik profit/lost nya bagus bentuknya.
Quote:


seumur" ngethread baru kali ini dikomeng co.admin emoticon-Malu (S)
makasih juga om atas segala support dan fast responsnya selama ini. sampe kadang ga bisa bedain mana yg wewenang si om mana yg bukan. secara sama yg lain kadang gada dapet feedback yg diharapkan

emoticon-terimakasih
profile-picture
uriero memberi reputasi
Quote:


xtube mau dikemanain goon? emoticon-Shutup
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di