eghyAvatar border
TS
eghy
Kesan 19 Tahun Kaskus: Sorry, Min, Ni Arahnya Mau Kemana Ya?

Silakan klik banner untuk ikut event Kaskus Kreator edisi 19 Tahun Kaskus


#2019MasihNgaskus


emoticon-Ultah


Forum tercinta kita Kaskus udah 19 tahun nih. Sebagai generasi lama gue menjadi satu dari sekian Kaskuser lain yang masih bertahan sekaligus menjadi saksi perubahan-perubahan yang terjadi. Dari Kaskus dan FJB yang super rame di mana cendol dan pertamax masih menjadi primadona, di jaman sundul lapak masih menjadi sebuah ritual, sampe sekarang FJB udah kayak kuburan, cendol dan pertamax udah jadi receh, dan nyundul lapak? Mungkin tahun lalu kali hal itu dilakukan.

Tapi seperti tulisan gue di atas, 2019 gue tetap akan masih ngaskus. Selama Kaskus masih ada mungkin gue akan tetep ngaskus. Meski gue sendiri masih meraba-raba, ni Kaskus arahnya mau kemana sih? Sebab, ada beberapa program yang menghilang meski sebenarnya cukup sukses. Mungkin karena costly atau pertimbangan lain gue gak tau deh.

Dan berikut point-point yang jadi perhatian gue.

emoticon-Ultah


Mau Jadi Socmed Nih?




Gak seperti biasanya yang ganti template/theme setahun belum tentu sekali, tahun ini Kaskus sering banget update template/theme. Makin ke sini makin mirip socmed. Misal twitter. Gak salah sih. Mungkin cara Kaskus untuk menggaet new member dari kalangan milenial aka kids jaman now. Gue sebegai generasi old pun berusaha membiasakan diri.

Tapi menurut gue design terbaru Kaskus ada yang gak enak, di antaranya adalah link about me yang menghilang. Jadi larinya ke page profile utama. Masalahnya di page profile, tampilan badge nya gak seenak kalau di page about me. Walhasil gue jadi ketik manual deh kalau mau buka versi about me.

Satu lagi, Last Visitor dan Visitor Message menghilang juga ya? Apa pindah tempat aja? emoticon-Bingung

Di design yang baru tampilan all postnya juga oke sih. Gak okenya adalah, gak bisa nyendolin/batain dari sana. Pas gue klik bata/cendol tetep aja larinya ke postingan tsb. Kalau bisa nyendol dari profile tanpa harus buka postingannya, untuk orang yang sering bagi-bagi cendol/bata kek gua (karena belum mampu bagi-bagi Kaspay emoticon-Malu) jadi lebih gampang deh.

Di tampilan all thread juga gak bisa who posted. Untuk bisa ngecek siapa yang paling banyak kejang. Apa gue yang gak tau aja ya posisinya sekarang?

Oh ya, Podcast? Ada yang pernah dengerin? Ada yang dengerin gak sih itu? Apa cuma bikin berat koneksi doang? emoticon-Big Grin

emoticon-Ultah


Progam yang Menghilang




Seperti yang gue sebut di atas, ada beberapa program keren yang sayangnya udah gak diadain lagi. Contohnya Kaskus Cendolin. Setelah 3 kali diadain (2015, 2016, 2017), kok di 2018 menghilang? Apa karena terlalu costly nih? Padahal bisa dikatakan itu adalah satu-satunya event regional yang ada badgenya hehe. Maksud gue, itu event di bulan puasa yang usefull banget, bikin kita para Kaskuser bisa silaturahmi, kenapa malah ditiadakan ya? emoticon-Berduka (S)

Selain itu masih ada beberapa program -yang even iklannya selalu ada di video profile Kaskus tapi kelanjutannya gak jelas- salah satunya adalah: Kamis Komunitas aka Kamkom. Apa Kaskus kehabisan komunitas untuk direview apa terlalu costly? Entahlah. Nanya officer juga belum tentu tau jawabannya. Petinggi Kaskus yang tau banget ini mah.

Kopdar Kreator juga apa kabarnya ya? Sebagai Kreator banyak hal yang pengen gue sampaikan yang kayaknya gak akan ditanggepin kalau cuma nanya di Kreator Lounge. Tapi 2 kali diadakan yang gue gak bisa dateng karena belum daftar sebagai Kaskus Kreator, gue nunggu-nunggu yang ketiga, eh belum ada lagi kejelasan kapan akan diadakan lagi.

Live Ngaskus juga discontinue. Berganti dengan Kaskus TV. Tapi masih pake platform yang sama yakni channel youtube. Cmiiw. Menurut gue, daripada ngembangin Kaskus Groups, Kaskus Chat yang hidup segan mati apalagi, mending juga Kaskus bikin platform video let's say Kastube. Imho ya.

emoticon-Ultah


Progam Keren yang (Semoga Tidak Ikutan) Menghilang


Biar balance nih, ada juga beberapa program keren yang semoga gak menghilang di masa yang akan datang. Di antaranya adalah Donor Darah Serentak. Mungkin Donor Darah Serentak ini adalah pengganti dari Kaskus Cendolin. Atau Kaskus Cendolin akan bermutasi menjadi Kaskus Batain di masa yang akan datang? Who knows emoticon-Big Grin

Selain Donor Darah Serentak, yang semoga gak menghilang di masa yang akan datang adalah Movie Night Out (MNO) aka Nobar Kaskus yang biasanya diadakan di Kuningan City. Karena selain jadi ajang silaturahmi antar Kaskuser dan Officer, gue juga bisa ngajak bini gue nobar gratisan. Dapet badge pula emoticon-Malu (S)



Program yang lainnya Kaskus Kreator, Kaskus The Lounge (KTL - kalau ngobrol mending jangan disingkat deh nyebutnya), Meet The Expert, dll. Meski gue pribadi jarang ikutan kalau gak ada badgenya emoticon-Malu

emoticon-Ultah


My Wishes untuk Kaskus


Kalau boleh muluk-muluk sih, gue berharap FJB bisa serame dulu. Cuma gimana, Kaskus FJB gak sigap menghadapi perubahan. Kalah cepet sama 2 ecommorce sebelah. Padahal gue yakin mereka pernah jadi Kaskuser juga dan belajar dari Kaskus FJB.

Gak sigap gimana?

Official Rekber lahir terlambat. Nunggu ada kasus (yang diduga) penggelapan dana dengan jumlah wow. Udah gitu Kaskus sendiri kurang transparan. Endingnya gimana? Ada yang tau gak? Atau jangan-jangan Kaskus sendiri gak tau gimana endingnya karena bener-bener cuci tangan?

Gue sih realistis, gak perlu FJB bisa serame dulu, minimal bisa jadi tempat untuk naikin brand awareness lah. Secara lapak di FJB Kaskus cukup googleable.

Selain FJB, gue berharap Kaskus gak menutup mata pada mati surinya regional di mana kantor Kaskus berada, Regional Jakarta. Tiap gue nanya, jawabannya seolah menghindar, angkat tangan, dan menunggu dari kaskuser. Bikin acara ngobrol bareng kek, cari solusinya. Atau kalau mau extreem ditakeover sementara sampai nemu penerusnya.

Nunggu dari kaskuser ya susah. Kaskuser lama udah pada keluarga, ada yang udah punya anak. Jangan ngeliat mimin yang masih single sampai sekarang cmiiw. Membernya mah udah beranak pinak. Berharap dari kaskuser milenial? Susah. Mereka ngaskus selingan (mungkin) sekedar cari b*kep atau sejenisnya.

Keterbatasan dana, waktu, SDM yang bikin kaskuser yang pengen regional mau bangkit geraknya terbatas. Udah berapa lama RL sekarang bikin thread ngundurin diri, sepertinya pihak Kaskus gak meresponnya dengan seharusnya. Ya gitu deh sekarang, hidup segan mati apalagi.

emoticon-Ultah


Mungkin itu saja. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan tulisan ini. Gak ada maksud mendiskreditkan pihak manapun. Semata hanya beropini saja. Belum tentu opini gue ini benar juga. Last but not least, HAPPY BIRTHDAY KASKUS emoticon-Toast

Quote:
Diubah oleh eghy 13-11-2018 08:11
AtkaHasena
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan AtkaHasena memberi reputasi
9
2.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan