Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cupekthonkAvatar border
TS
cupekthonk
SLLover Never die
Helloo  Gan/Sis semua,Salam kenal dari Ane. Ini adalah thread pertama Ane selama jadi member di kaskus. Dan baru kali ini bikin thread dalam rangka mengikuti lomba review mobil kesayangan yang di selenggarakan oleh Garasi.id. 

Kali ini Ane ingin membahas soal kendaraan roda empat kesayangan Ane. Bukan mobil mahal sich,yang punya fitur segudang. Tapi paling tidak type mobil Ane pernah nge trend,di pakai dalam salah satu film Warkop DKI (Ane lupa judul nya,saat itu Om Kasino yang mengendarai mobil ini) dan juga para pejabat-pejabat pemerintah di jaman nya. Jaman dulu kala maksud nya.emoticon-MaluBanyak yang akan saya share soal mobil ini,pengetahuan serta tips and trick yang mungkin bisa juga Gan/Sis praktekan di mobil-mobil kalian. 

Monggoo.emoticon-Jempol

SLLover Never die

Mobil Ane adalah Sedan Mitsubishi Lancer SL keluaran tahun 1982.

(lebih tua dari umur Ane)emoticon-Ngakak

SLLover Never die

Menurut sejarah yang ane dapat dari internet. Mobil Mitsubishi Lancer SL ini masuk di indonesia tahun 1981-1984 untuk menyaingi dominasi Corolla DX. Dibandingkan dengan Corolla DX. Mobil ini lebih besar kapasitas mesin nya,jadi lebih bertenaga. Gigi persneling nya sudah 5 percepatan,beda dengan Corolla DX yang masih 4 percepatan. Stir nya sudah di lengkapi Tilt Steering yang bisa di setel naik turun,serta ada interval wiper yang bisa di gunakan saat hujan tidak terlalu deras.

Awal jumpa mobil ini,dulu adalah milik Adik Ane. Dia dapat dari saudara  istri nya,yang mau dijual karena sudah ganti yang baru. Tetapi karena sayang mobil nya masih enak dan jarang rewel,ditawarin lah ke saudara-saudara yang mau gantian ngerawat. Waktu itu Ane masih pacaran sama Bini,dan baru persiapan menikah. Jadi nya masih sering pinjem kalau buat bolak-balik Jogja-Wonosari untuk mengurus surat-surat nikah. Pas acara nikah Ane,mobil ini Ane jadiin mobil pengantin. Karena model nya sedan,cocok banget buat mobil pengantin dan tentu nya menghemat biaya. 
SLLover Never die
        Beberapa bulan berselang,Adik Ane mau ganti mobil dengan yang lebih besar dan muat lebih banyak anggota keluarga. Saat itu pas Ane ada rejeki,pas butuh juga buat jaga-jaga transportasi istri yang mau melahirkan. Akhir nya ane beli mobil ini.

Body dan exterior

SLLover Never die
Tampilan luar mobil ini dari awal dapat memang sudah seperti ini,seperti nya pemilik-pemilik awal mobil ini tidak terlalu banyak melakukan perubahan-perubahan. Bentuk nya memang lebih mengkotak-kotak,maka nya kalau di luar negeri sering di sebut dengan Lancer Boxtype. Panjang body kira-kira 4230mm dan lebar kira-kira 1620mm,mobil ini cukup gedhe jika di banding kan dengan city car jaman sekarang. Untuk Cat,seperti nya pernah di cat ulang sesuai warna asli nya dan dilakukan restorasi di beberapa bagian. Maklum saja untuk mobil yang sudah berusia 36 tahun,karat-karat  pasti sudah mulai menyerang. Pas Ane dapat nich mobil,kondisi cat luar nya masih lumayan mulus dan tidak penyok-penyok. Cuma baret-baret sedikit di beberapa bagian yang tidak begitu kelihatan. Jadi tidak malu-maluin kalau dibawa kondangan. Maka nya Ane tetap pertahankan gaya Retro nya. (Mobil2 keluaran tahun 80'an termasuk dalam mobil Retro,belum mobil kuno) .
        Wiper yang sudah tidak layak pakai,kalau cari asli nya agak susah. Soal nya pengait lengan wiper nya berbeda dengan wiper-wiper jaman sekarang. Bisa diganti memakai lengan wiper mobil Colt T120ss,dan baru bisa memakai wiper-wiper jaman sekarang. Pas beli wiper dulu Ane kena virus dari penjual nya,beli yang frameless. Tampilannya lebih bagus sich,cuma lama-lama seperti hilang kesan Retro nya. Mungkin jika nanti saat nya beli wiper baru lagi,ane ganti ke yang model biasa biar lebih kelihatan Retro. Untuk fungsi interval wiper,sudah tidak berfungsi. Saya pikir karena relay nya tetapi relay ini susah cari nya,saya cari di toko-toko onderdil tidak ada yang punya. Bermodal nekad,Ane bongkar relay nya. Dalam nya cuma rangkaian elektronik kecil. Ane coba ganti semua elko atau kondensator nya (biasa nya komponen ini yang sering bocor karena usia) dan cek kembali jalur-jalur rangkaiannya (mungkin ada yang putus). Akhir nya nich relay berfungsi kembali. Interval wiper jalan lagi normal,sangat berguna jika hujan cuma gerimis. Dan jika dipakai buat semprot washer,wiper akan otomatis menyapu kaca. Tetapi trik bongkar relay ini teryata tidak bisa jika sudah pernah di rubah-rubah sistem wiper nya. Terbukti ada beberapa relay punya teman,saya bongkar dan perbaiki kemudian pasang di mobil saya bisa bekerja normal. Tetapi jika di pasang di mobil mereka,relay tetap tidak bekerja.
        Lampu-lampu luar Ane ganti dengan type LED,biar tidak boros tegangan dari aki. Mulai dari lampu sein,stop lamp, lampu mundur dan tambah lampu DRL saja di depan. Ane kasih relay biar kalau lampu utama menyala,lampu DRL akan mati. 
        Sedikit tips untuk pemilihan lampu stop lamp,pilih lah lampu LED yang berwarna merah. Karena mika lampu belakang kan warna merah,jika memakai lampu warna putih atau warna lain tampilannya saat menyala akan kelihatan jelek. Misal lampu LED warna putih,saat menyala jadi nya merah ke putihan (lebih ke pink). Akan tetapi jika lampu LED warna merah,nyala nya akan semakin merah jadi lebih bagus dan lebih kelihatan. Untuk lampu sein dan lampu mundur tetap gunakan warna lampu sesuai warna mika nya,biar tampilan nyala nya tidak berubah.

Mesin

SLLover Never die
Mitsubishi Lancer SL  ini memakai mesin type 4G33 dengan kapasitas 1400cc,5 percepatan,berpenggerak roda belakang. Sama dengan mesin yang di gunakan untuk mobil niaga Mitsubishi L300 bensin. Itu lho,mobil niaga yang sudah terkenal bandel. Jadi walau pun sudah termasuk mobil tua,tetapi sparepart-sparepart nya masih mudah di cari di toko-toko onderdil dan tergolong mudah untuk perawatan nya. (Jujur saja ane jarang servis ke bengkel,cuma teratur ganti oli,perawatan sendiri dan isi bensin saja. ) emoticon-Malu
        Untuk versi luar negeri nya,type mesin mobil ini ada yang berbeda-beda. Bahkan ada juga yang sudah dilengkapi dengan turbo dan di gunakan untuk mobil-mobil rally pada masa nya. Tetapi yang masuk ke indonesia adalah type mesin yang paling standar. Tenaga nya juga lumayan besar,khas mobil Mitsubishi L300 yang biasa buat mobil niaga. Walau bawa beban bawaan yang cukup berat tetapi masih galak dan bandel di jalan. Konsumsi bensin jika dibandingkan dengan mobil-mobil jaman sekarang jelas lebih boros. Akan tetapi untuk mobil yang masih memakai karburator,masih tergolong standar. 1 liter bensin bisa untuk 10-11 km pemakaian dalam kota dan bisa sampai 12-13 km untuk pemakaian luar kota.
        Kelemahan mesin mobil Ane,dia masih menggunakan Platina. Jadi nya harus sering di cek setelan Platina nya. Dulu saya juga belum bisa sama sekali stel platina,tapi dari belajar di internet dengan trial and error,akhir nya bisa juga. Saat baca-baca di internet ketemu artikel soal TCI (Transistor Control Ignition) buat penganti sistem Platina. Bermodal pengetahuan elektronika dari pelajaran sewaktu di SMP. Ane pelajari rangkaian nya dan coba bikin,akhir nya sukses terpasang di mobil Ane. Setelah pasang TCI,tarikan lebih responsif dan setelan platina juga jarang minta di rubah-rubah lagi.

Kaki-kaki

Mobil ane dari awal dapat sudah di ceper in. Tampilannya sich lebih bagus,cuma yang belakang kalau pas full penumpang dan lewat jalan yang agak berlubang dalam sering mentok per nya. Seperti nya pemilik lama asal potong per saja sewaktu ceper in nich mobil. Stir nya juga belum memakai power steering,jadi masih agak berat untuk memutarnya. Tetapi ada beberapa mobil seri ini yang sudah di pasang kan power steering. Untuk pengereman depan sudah memakai cakram,tetapi yang belakang belum. Velg asli nya memakai Ring 13,tetapi dinaikan ke Ring 14 inchi sama pemilik sebelumnya.

Interior dan lampu-lampu

SLLover Never die

Kabin mobil ini cukup lapang,maksimal bisa buat 5 orang dewasa. Tambah anak kecil juga bisa sich,tapi harus di pangku gan. emoticon-MaluPosisi duduk nya khas mobil sedan,bisa selonjoran kata orang. Panel dashboard sudah dilengkapi dengan 2 buah laci,1 besar 1 kecil,Asbak, Audio,AC dan setelan blower . Speedometer ada jam analog,odometer,tachometer,indikator bensin dan suhu mesin. Karena mobil lama,belum ada power window dan masih manual pakai tangan buat naik turunin kaca pintu nya. Saat pindah ke tangan Ane,sedikit-sedikit ane rubah penampilan nya biar lebih kelihatan fresh, bersih dan nyaman. Tetapi masih ane pertahankan bentuk-bentuk asli nya.. 

SLLover Never die
Biar kelihatan lebih modern. Lampu-lampu kabin,speedometer dan panel-panel dashboard yang asli nya masih memakai type bohlam Ane ganti memakai LED. Lampu speedometer Ane bikin memakai LED strip yang Ane rangkai di dalam,biar nyala nya merata di semua sisi speedometer. Ane buat Dual mode. Jadi saat kontak ON, speedometer akan menyala biru (Ane bikin tidak terlalu terang,agar tidak membuat mata cepat lelah tetapi bisa mempermudah melihat panel-panel speedometer saat siang hari) dan akan menyala full dengan background lampu putih saat lampu senja atau lampu utama dinyalakan (biar tampilan speedometer sama dengan mobil-mobil masa kini). Terus Ane tambah lampu di bagian konsol tuas persneling,Ane bikin bisa menyala dua warna karena Ane sering lupa lepas rem tangan saat mau jalan. Lampu Ane bikin menyala merah jika handle rem tangan masih tertarik,dan akan berubah menyala biru jika handle rem tangan di lepas.
SLLover Never die
        Perubahan selanjut nya soal interior. Kursi-kursi dan dashboard waktu Ane dapat nich mobil sudah seperti sekarang. Sayang stir asli nya sudah di ganti, dan agak susah cari stir original nya. Karpet dasar yang asli nya masih model bulu-bulu,Ane ganti dengan bahan vinil biar mudah untuk di bersihkan (model bulu-bulu biasa nya debu-debu,pasir atau kotoran kecil sangat sulit di bersihkan dan bikin udara atau suasana kabin pengap). Saat bongkar karpet bawah,saya flintkote ulang lantai nya untuk mencegah karat dan pasang peredam sekalian. Setelah memakai bahan vinil,suasana dan udara di kabin jadi lebih bersih serta mudah dalam perawatan nya. 
Bagian doortrim,awal saya dapat sudah tidak original seperti nya dan kayu triplek nya sudah lapuk. Ane coba bikin doortrim dari triplek baru,ngikutin ukuran dan model tripek lama. Serta Ane ganti pelapis nya dengan bahan yang baru. Dengan warna sama seperti asli nya dulu,biar kelihatan fresh,bersih dan rapi. 
SLLover Never die
        Saat pengerjaan doortrim sekalian Ane flintkote ulang pintu dalam nya,pasang peredam suara,central lock dan alarm biar lebih mudah saat mau buka tutup kunci pintu. (Ndak repot harus pencet satu-satu.) Untuk alarm nya Ane bikin bisa dual mode. Mode biasa,pencet  tombol Locksemua kunci pintu akan terkunci dan pencet tombol open semua kunci pintu akan terbuka. Satu lagi mode aman Ane sebut nya,saat pencet tombol Lock semua kunci pintu akan terkunci. Tetapi jika pencet tombol Open,hanya pintu pengemudi saja yang terbuka kunci nya. Semua pintu penumpang akan tetap terkunci,sangat berguna jika cuma berkendara sendirian. Saat Ane mau masuk mobil lewat pintu pengemudi,tidak akan ada orang yang bisa nyelonong masuk lewat pintu penumpang. Dan Ane baru bisa buka semua kunci pintu penumpang dari tombol di dalam. Cara membuat mode ini dengan memasang saklar yang sudah di kasih Dioda penyearah untuk mem by pass jalur kabel central lock yang ke arah semua kunci pintu penumpang. 
SLLover Never die
Kunci bagasi pun saya bikin bisa langsung di buka lewat tombol di remote alarm,atau bisa juga dengan menekan satu tombol yang sudah Ane buat kan di dashboard.  Biar kalau masuk Mall-Mall yang ada pemeriksaan bagasi,tidak repot-repot buka pintu secara manual. Iseng-iseng pasang lampu bagasi sekalian,biar kalau malam-malam mau masukin barang ke bagasi tidak repot cari senter. Ane bikin kan switch otomatis dari bekas kartu perdana yang di kasih saklar. Jadi nya lampu akan otomatis menyala saat bagasi di buka dan mati saat bagasi di tutup.

        Saat pasang alarm dan central lock ini muncul ide buat kasih lampu-lampu di handle pintu luar seperti mobil keluaran terbaru dan sekalian di kolong-kolong dashboard sama di bawah kursi depan,biar penumpang belakang bisa lebih enak pas in kaki nya saat masuk mobil. Lampu handle pintu luar terhubung dengan central lock,jadi jika kunci ter Lock semua lampu handle mati. Tetapi jika kunci pintu terbuka,semua lampu handle menyala. Sangat berguna buat cek pintu sudah terkunci atau belum,tinggal lihat lampu di handle pintu saja. Kalau menyala berarti pintu belum terkunci,kalau sudah mati berarti pintu sudah terkunci. 
(Lebih kece kan kalau pas di parkiran)emoticon-Cool
SLLover Never die
Untuk lampu kolong Ane bikin individual tiap pintu,jadi jika satu pintu terbuka hanya lampu di posisi kolong itu saja yg akan menyala,lampu kolong lain nya akan tetap padam. Tetapi Ane kasih saklar jika mau semua menyala,untuk memudahkan jika mau ambil barang yang terjatuh di kolong.
SLLover Never die
Saat pemasangan modul alarm,kabel antena di modul alarm yang asli nya pendek. Ane bikin panjang sampai naik di dalam pilar depan,dan di dalam remote alarm nya di tambah kabel melingkar yang di solder di pemancar remote. Hasilnya jarak kerja remote jadi semakin jauh,sampai 150m lebih. 

Intertainment.

SLLover Never die
Ini penting biar tidak boring dan bikin ngantuk di jalan,apalagi saat perjalanan jauh. Untuk audio,yang asli nya cuma 2 speaker di belakang Ane tambah 2 speaker di pintu depan,2 tweeter di dasboard dan 1 Subwoofer kolong yang Ane taruh di bawah kursi penumpang sama kapasitor bank di samping nya. Untuk headunit,Ane pakai yang murahan saja. Pioneer FH-5000MP, Ane pilih ini karena harga nya murah meriah (Ane dapat second harga Rp400.000) tetapi punya semua fitur yang Ane ingin kan. Walau belum ada USB akan tetapi sudah ada Aux in dan yang paling istimewa sudah built in procesor untuk fitur TA (Time Alignment),yaitu fitur time delay untuk memperlambat sinyal audio yang di keluarkan oleh masing-masing speaker agar suara dapat sampai di waktu yang sama oleh pendengar nya di dalam mobil. Karena jarak antara semua speaker dan pengemudi atau penumpang berbeda-beda dan Asimetris. Misal buat pengemudi,jarak speaker kanan akan lebih dekat dari pada speaker kiri. Hasil nya suara akan terdengar lebih keras/lebih cepat suara dari speaker kanan. Tetapi dengan fitur ini,suara bisa di setel agar bisa sampai ke telinga pengemudi di waktu yang bersamaan. Hasil nya asal suara bisa terasa seperti tepat di depan pengemudi. Posisi nya pun bisa di sesuaikan,misal pengemudi saja yang ingin dapat suara lebih bagus,penumpang depan saja,dua orang di bagian depan saja atau bahkan di semua posisi. Serta ada setelan untuk jenis mobil yang kita gunakan seperti sedan,van atau yang lain. Untuk pemutar musik Ane pakai handphone android yang sudah ane ndak pakai. Bisa buat peta navigasi, memutar musik atau video,juga bisa streaming spotify atau Youtube. Untuk koneksi ke headunit via Aux in sudah Ane kasih bluethoot,biar tampilan lebih bersih dan tidak ribet kabel di mana-mana. 

SLLover Never die
Untuk keamanan setelah Ane banyak melakukan perubahan dan penambahan kabel-kabel,terakhir Ane pasang Cut Off. Itu lho fitur keamanan yang biasa di pasang pada mobil-mobil balap,fungsi nya untuk mematikan mesin dan semua kelisrikan jika terjadi kecelakaan atau saat darurat agar tidak terjadi konsleting listrik yang bisa menimbulkan kebakaran. Pemasangan nya Ane tambahkan sekalian voltmeter,untuk memantau besar tegangan dari Aki. Dan teryata Cut Off berguna juga buat menjaga tegangan Aki biar tidak tersedot saat mobil tidak di jalan kan atau tidak sempat di panas kan setiap hari nya. Karena Cut off akan memutus arus utama dari aki saat mobil tidak di pakai. Semenjak Ane pasang Cut Off,tegangan aki masih bisa kuat buat menyalakan mobil walau sudah 2 minggu tidak di panaskan. Kekurangan nya,semua settingan audio harus di setting ulang setiap Cut Off di nyalakan. Jadi saat memanaskan mobil jika akan di pakai,sekalian utak-utik audio dulu.

 Komunitas

Saat browsing di internet teryata banyak juga komunitas mobil Lancer SL ini di indonesia dan kebetulan di kota Ane Jogjakarta juga ada. Akhir nya Ane ikut bergabung dengan komunitas Jogja Lancer SL Club yang biasa di singkat JSC. 
SLLover Never dieBanyak sekali pengalaman dan keseruan yang Ane dapat di komunitas ini. Pengetahuan soal mobil dan modifikasi,keakraban dan suasana kekeluargaan yang begitu erat.  Karena ternyata tidak cuma pemilik-pemilik mobil nya saja,tetapi istri-istri serta anak-anak mereka juga ikut kumpul bersama saat kopdar atau acara ulang tahun club. Membuat suasana semakin meriah.
SLLover Never die

Kesimpulan

Dari harga nya yang murah meriah kisaran 15 juta- 35 juta (tergantung kondisi nya) soalnya yang sudah di restorasi total atau malahan yang masih semua orisinil,harga nya bisa sangat mahal. Mesin nya yang bandel,perawatan nya yang sangat mudah,sparepart yang masih cukup melimpah dan mudah di cari di toko-toko onderdil. Kabin yang lapang,bagasi nya juga lumayan besar. Model nya sedan, jadi enak posisi duduk nya. Over all,mobil ini cocok banget buat Ane. Mungkin mobil-mobil Retro seperti ini di lihat nya udah tidak terlihat keren bagi sebagian orang. Tetapi bagi Ane,style Retro dan langka jumlah nya yang menjadi kebanggaan tersendiri. Walau termasuk mobil lama dan sudah berumur 36 tahun tetapi dengan sedikit modifikasi,tambahan accesories dan perawatan biaya ringan,mobil ini tetap bisa di kendarakan dengan aman dan nyaman serta tetap kelihatan lebih modern. Mungkin next project saya ingin tampilannya lebih Retro lagi. Pasang Duck Tail di belakang,ganti pelek yang lebih kece dan kental Retro nya,ganti  spion dengan model tanduk dan pasang CDI buat pengapian nya. Semoga saja mobil ini masih bisa tahan sampai Ane tua nanti. Karena banyak sekali kenangan dengan mobil ini dari mulai Ane pacaran sama bini sampai sekarang anak Ane mau berumur 4 tahun mobil ini tidak pernah mengecewakan. Salam Lancer SL Never Die.
SLLover Never die

NB: Semua modifikasi lampu-lampu,audio,alarm dan interior Ane kerjakan sendiri dengan belajar dari internet. Biar dengan biaya minimal,dapat hasil yang maksimal. Jadi tetap semangat ya Gaess.. Tidak ada ilmu yang tidak bisa dipelajari.


Foto: Dokumentasi pribadi dan JSC.
Spesial thanks for Jogja Lancer SL Club
Diubah oleh cupekthonk 13-11-2018 15:36
4
1.5K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan