annisaputrieAvatar border
TS
annisaputrie
Habib Rizieq Bantah Dubes RI Soal Jaminan dan Pasukan Khusus Diplomat
Habib Rizieq Bantah Dubes RI Soal Jaminan dan Pasukan Khusus Diplomat
Jumat 09 November 2018, 20:27 WIB


Foto: Habib Rizieq Syihab. (Agung Pambudhy-detikcom)

Jakarta - Habib Rizieq Syihab mengatakan dia dilepas oleh kepolisian Arab Saudi terkait pemasangan bendera tanpa jaminan. Rizieq menyampaikan dalam kejadian ini dia adalah korban.

"Jadi sekali lagi, saya dilepas oleh kepolisian Saudi karena memang saya sebagai korban, jadi saya dilepas tanpa jaminan apapun, sekali lagi tanpa jaminan apapun, jadi kalau ada yang mengatakan dengan jaminan ini, jaminan itu, itu semua bohong, dan itu semua adalah berita palsu," kata Rizieq saat live video di Youtube, Jumat (9/11/2018).

Baca juga: Habib Rizieq Dilepas Polisi-Intelijen Saudi dengan Jaminan


Rizieq juga mengingatkan untuk jangan lagi bercerita soal adanya pasukan khusus diplomatik. Dia meminta kejadian ini tidak didramatisir.

"Begitu juga saya ingatkan kepada mereka jangan lagi bercerita adanya pasukan khusus diplomatik, yang disiapkan dengan metode seperti ini, sistem seperti itu, jangan didramatisirlah. Kita bicara yang normal saja, yang wajar saja," ujarnya. 

Rizieq menyampaikan pihak KJRI mengirim utusan untuk mendampinginya terkait kejadian ini. Rizieq mengucapkan terima kasih atas itu.

"Selain itu tentunya dalam kesempatan ini saya atas nama pribadi maupun atas nama keluarga semua mengucapkan terima kasih kepada KJRI dalam hal ini bapak Konjen yang telah mengutus secara resmi seorang utusannya untuk melakukan pendampingan kekonsuleran," katanya.

Baca juga: Habib Rizieq ke Kapitra: Anda Bukan Lagi Pengacara Saya!

Namun, Rizieq juga mengingatkan kepada KBRI yang ada di Riyadh supaya tidak membuat kronologis atau pernyataan-pernyataan yang terlalu didramatisir. Sebab, menurutnya, pernyataan resmi yang keluar dari KBRI banyak yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

"Saya berterima kasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh KJRI di Jeddah, tetapi saya minta KBRI yang ada di Riyadh jangan terlalu berlebihan di dalam memberikan keterangan persnya. Jadi jangan melakukan pencitraan yang tidak perlu. Sekali lagi jangan melakukan pencitraan yang tidak perlu karena akan mengantarkan kepada fitnah yang akan merugikan kita sendiri semua," ujarnya.

Sebelumnya, Rizieq sempat diperiksa dan ditahan selama 28 jam oleh tim intelijen dan polisi Arab Saudi. Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyatakan Habib Rizieq dikeluarkan dari tahanan dengan jaminan.

"Pada 6 November 2018 pukul 20.00 waktu Saudi, dengan didampingi oleh staf KJRI, MRS dikeluarkan dari tahanan kepolisian Mekah dengan jaminan," ujar Maftuh dalam keterangan tertulis, Rabu (7/11). 

https://news.detik.com/berita/d-4295...husus-diplomat

Habib Rizieq: 
Penyebaran Foto Saya Ditanyai Aparat Bikin Saudi Marah
Jumat 09 November 2018, 20:15 WIB


Foto: Habib Rizieq Syihab (Yulida/detikcom)

Jakarta - Habib Rizieq Syihab buka suara atas insiden terpasangnya bendera mirip milik ISIS di depan rumahnya di Arab Saudi dan penyebaran fotonya saat ditanyai seorang perwira polisi setempat. Habib Rizieq menyebut penyebaran foto itu membuat marah pihak Saudi, bukan hal lain.

"Nah yang membuat pemerintah Saudi atau aparat kepolisian itu marah, kecewa karena ada penyebarluasan foto secara masif di negara kita Indonesia, yaitu di mana ada seorang perwira dari kepolisian sedang menanyai saya di tengah jalan, dan itu menjadi viral," ujar Habib Rizieq saat live video via YouTube, Jumat (9/11/2018).

Baca juga: Dubes RI: Saya Tak Pernah Diskriminatif Layani WNI di Saudi

Habib Rizieq menyebut benda yang terpajang di tembok rumahnya ialah poster. Menurut dia, pemasangan poster di rumah-rumah tinggal di Arab Saudi memang tidak diperbolehkan Arab Saudi.

"Karena poster apa pun, saya berikan catatan, poster apa pun tidak boleh dipasang di rumah-rumah tinggal di Saudi Arabia. Itu peraturan negara. Bukan hanya itu, andaikata saya cinta bendera merah putih, kemudian bendera merah putih saya tempel di dinding tembok rumah saya, rumah pribadi, itu tidak boleh," sebut Habib Rizieq.

Karena merasa difitnah, Habib Rizieq melaporkan terkait insiden itu ke pihak keamanan Arab Saudi.

https://news.detik.com/berita/d-4295...in-saudi-marah

Rilis soal Rizieq Shihab Disebut Hoax, Dubes: Itu Benar dari Saya

Kamis, 8 November 2018 20:51 WIB


Duta Besar RI, Agus Maftuh Abegebriel, kedua dari kiri, melakukan pemeriksaan terhadap armada bus yang akan membawa Jamaah Haji Indonesia ke Hotel Madinah. Sumber: KBRI Riyadh, Arab Saudi

TEMPO.CO, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengkonfirmasi kebenaran rilis tertulis tentang Rizieq Shihab yang sempat ditangkap otoritas keamanan Arab Saudi. Penegasan soal ini dilakukan Agus setelah beberapa pihak menyebut keterangan tersebut hoax karena sejumlah kejanggalan.

Baca: Cerita Repotnya Dubes RI untuk Saudi saat Rizieq Shihab Ditangkap
"Rilis tersebut benar dari saya, Agus Maftuh 

Abegebriel, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Arab Saudi dan Wakil Tetap RI di Organisasi Kerjasama Islam (OKI)," ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Kamis, 8 November 2018.

Pada Rabu, 7 November 2018, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh mengeluarkan keterangan tertulis berisi 10 poin tentang penangkapan Rizieq Shihab di Arab Saudi. Imam besar FPI itu sebelumnya dikabarkan telah diperiksa dan ditahan oleh kepolisian Arab terkait pemasangan bendera hitam yang mengarah pada ciri-ciri gerakan ekstremis. Dari foto yang beredar, bendera tersebut terpasang di dinding belakang kediaman Rizieq di Arab.

Simak juga: Rizieq Shihab dari Berangkat Umrah sampai Terbelit Kasus Bendera Hitam


Keterangan tertulis yang dikeluarkan KBRI ini dinilai sebagian kalangan sebagai surat hoax. Beberapa pihak menuding surat itu hoax dari beberapa ciri-ciri. Pertama, kop surat bertuliskan duta besar, namun seharusnya kedutaan besar. Kedua, yakni stempel berlambang garuda yang tertutup tanda tangan. Ketiga, penyingkatan nama yang tidak konsisten dengan menggunakan MRS dan HRS, serta salah ketik dalam surat.


Agus mengatakan KBRI Riyadh merilis surat keterangan ini dalam dokumen PDF dan dokumen Microsoft Word. Menurut dia, keterangan yang beredar di media sosial itu merupakan hasil scan dari dokumen PDF. "Rilis asli tersebut dalam bentuk PDF langsung dan bukan hasil scan. Edisi JPEG, JPG atau BMP yang beredar adalah hasil convert dari kreatifitas netizen," katanya.


Baca: 10 Poin Keterangan Dubes RI Soal Penangkapan Rizieq Shihab


Menurut Agus, tanda tangan yang dipermasalahkan itu juga merupakan tanda tangan aslinya. Dia menjelaskan tanda tangan ini dibuat dengan perangkat Stylus Digitizer bawaan laptop Microsoft Surface Pro-4. "Microsoft Surface ini memungkinkan saya untuk membubuhkan tanda tangan langsung di layar komputer dengan dukungan warna yang sudah ada di software," ucapnya.


Agus juga menjelaskan tak ada masalah dalam kop surat yang bertuliskan Duta Besar Republik Indonesia. Dia menuturkan ada tiga jenis kop surat resmi yang biasa digunakan kedutaan besar, yakni bersi Indonesia, Inggris, dan Arab. "Kop seperti ini juga pernah saya gunakan untuk rilis ketika Al Habib Mohammad Rizieq Shihab saat diberitakan terkena pencekalan dan terkait posisi visanya," tuturnya.

Dalam rilis keterangan penangkapan Rizieq, Agus menuturkan KBRI Riyadh berpegang pada objektivitas. Sebagai duta besar, dia mengatakan tak pernah membedakan setiap Warga Negara Indonesia yang berada di Arab Saudi. "Dalam melayani para ekspatriat Indonesia di Arab Saudi, saya sebagai pelayan WNI tidak pernah melakukan diskriminasi dan mempermasalahkan partai atau mazhab apapun," katanya.

https://nasional.tempo.co/read/1144478/rilis-soal-rizieq-shihab-disebut-hoax-dubes-itu-benar-dari-saya/full&view=ok


----------------------------

Jadi kalo begitu, siapa yang sebenarnya pihak yang menyebar HOAX?

emoticon-No Hope
1
3.9K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan