darrenkiranaAvatar border
TS
darrenkirana
Mainan Tradisional Jepang yang Digemari Diseluruh Dunia #kendamaindonesia



Welcome To My Thread!

emoticon-Ultah

Halo agan sista sekalian, kali ini gw mau ngenalin mainan baru gw nih. Mainan ini adalah mainan tradisional dari negeri sakura yang sudah digemari orang-orang dari berbagai belahan dunia. Mainan apakah itu?

emoticon-Bingung

Kendama (けん玉)
Yak nama mainan ini adalah kendama. Nama kendama sendiri diambil dari kata ken(剣) yang merupakan tubuh utamanya dan kata tama(玉) yang merupakan bola dengan lubang di bawahnya.
Spoiler for Tradisional:

Spoiler for Modern:

Bahan yang digunakana pun pada umumnya adalah kayu, tetapi seiring berkembang nya jaman, tama (玉)nya pun divariasikan dengan berbagai jenis cat dan motif. Tujuan nya pun agar lebih memudahkan pemain untuk melakukan trik yang lebih bervariasi dan menambahkan ke estetikan dari mainan itu sendiri.
Spoiler for Bagian-Bagian Kendama:

Ada empat bagian utama dari kendama yaitu small cup, big cup, base cup dan ball (bola). Biasanya trik-trik dilakukan dengan melemparkan tama (玉)ke salah satu dari tiga cup yang disebutkan tadi. Tetapi seiring orang-orang mahir memainkan nya, trik-trik nya pun akan lebih bervariasi dan tidak sebatas di ketiga cup itu tadi.

Nah sebelum kita masuk ke trik-triknya, ada baiknya untuk belajar cara memegang nya terlebih dahulu. Ada empat cara paling umum untuk memegang kendama.
Quote:

Pemilihan cara memegang nya pun tergantung dari trick yang akan kita lakukan. Nah untuk yang baru belajar, trik paling pertama untuk pemula adalah Moshikame, urutan nya adalah (big cup – base cup) secara berulang-ulang semampu kita.
Spoiler for How to Moshikame:

Biasa nya di Jepang anak-anak melakukan trik moshikame sambil menyanyikan lagu “Usagi to Kame” atau kalau versi inggris nya “The Hare and The Tortoise”. Berikut ini versi inggris nya.
Spoiler for The Hare and The Tortoise:

Selain moshikame pun masih ada berbagai jenis trik pemula lain nya, antara lain:
Quote:

Nih kalo yang udah pro
emoticon-Matabelo
Spoiler for KUSA Team Edit September:

Selain itu, kalau di dunia skate ada yang namanya ‘Game of Skate’, di dunia kendama kita pun memiliki ‘Game of Ken’. Cara main nya adalah dengan melakukan satu trik, jika lawan tidak bisa mengikutinya, ia pun mendapatkan huruf ‘K’, dan seterusnya secara bergiliran. Siapa pun yang mendapatkan huruf ‘KEN’ terlebih dahulu, ia lah yang kalah.
Spoiler for Game of Ken:

Permainan kendama ini juga sudah banyak kompetisinya loh, baik di Jepang sendiri ataupun di negara barat. Berikut ini tiga kompetisi yang paling bergengsi:
Quote:

Di Indonesia ane masih kurang paham penyebaran kendama seperti apa, tapi jika dilihat di Instagram dengan hashtag #kendamaindonesia , pemain kendama nya pun tidak sedikit loh! Dan skill nya pun gak kalah sama orang-orang luar.
Spoiler for #kendamaindonesia:

Nah sekian dulu dari ane, semoga setelah membaca thread ini makin banyak orang Indonesia yang berminat dengan kendama dan komunitas kendama Indonesia pun makin berkemban. Siapa tahu orang Indonesia bisa menang di salah satu kejuaraan di atasemoticon-Big Grin. Salam kendama gansis, sampai jumpa di thread ane selanjutnya!

emoticon-Cipok

Terima kasih sudah membaca!
See you in my next thread!

Quote:

Diubah oleh darrenkirana 01-11-2018 07:24
1
7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan