Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dovindadiazAvatar border
TS
dovindadiaz
Megawati Ajak Negara Asia Dorong Perdamaian Korea Utara-Korea Selatan
Megawati Ajak Negara Asia Dorong Perdamaian Korea Utara-Korea Selatan







Koran Sulindo – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengajak negara-negara di Asia untuk bersama-sama mendorong proses perdamaian Korea Selatan dan Korea Utara di Semenanjung Korea. Megawati menyebut bahwa Semenanjung Korea ini sebagai “the peninsula of the sovereignty of Asian nation” atau semenanjung kedaulatan negara-negara Asia.


Hal itu disampaikan oleh Megawati ketika menjadi pembicara dalam forum internasional The KOR-ASIA Forum 2018 yang digelar di Seoul, Korea Selatan, Rabu (7/11)

Megawati menuturkan dirinya sampai meneteskan airmata ketika pada 27 April lalu, pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara sepakat menandatangani Deklarasi Panmunjon untuk Perdamaian, Kemakmuran dan Persatuan Semenanjung Korea. Baginya, sejarah baru sudah dituliskan, bukan hanya bagi kedua Korea, tapi bagi bangsa-bangsa di Asia.

“Bagi saya, Semenanjung Korea adalah semenanjung kedaulatan bangsa Asia,” kata Megawati dalam rilis media.

Setelah perdamaian di Semenanjung Korea tercapai, tugas berikutnya untuk Asia adalah terus menerus mengawal dan mengisi perdamaian. Dan itu dilakukan tanpa membatasi diri pada hal-hal yang terjadi semata-mata di benua Asia. Ini berdasarkan sebuah kesadaran, bahwa saat ini semua negara di dunia bergantung satu sama lain.

“Tak ada lagi negara dan bangsa dapat mengucilkan diri dari bangsa-bangsa lain. Urusan dan masalah dunia adalah juga urusan dan masalah Asia. Masa depan Asia bergantung pada pemecahan masalah internasional yang multidimensi,” papar Megawati.

Karenanya, perdamaian di Semenanjung Korea sebaiknya memang menjadi simbol persatuan bagi bangsa-bangsa Asia. Yang bersatu karena sikap bersama untuk secara aktif terlibat dalam memberikan sumbangan positif bagi perjalanan umat manusia, ujar Megawati.

“Tugas kita selanjutnya untuk tetap menggalang persatuan, 












BACA SELENGKAPNYA : https://koransulindo.com/megawati-aj...korea-selatan/
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan