tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Sabar, Lagi dan Lagi
Hidup dan ujian, dua hal yang selalu berdampingan yang seringkali kita sadari keberadaannya. Hidup kita memang tak pernah lepas dari setiap permasalahan di setiap waktunya dan terkadang datang begitu saja tanpa kita sadari. Seberapa kita mencoba untuk menghindar pastinya masalah kan selalu ada dalam perjalanan hidup sepanjang usia kita. Yang harus kita lakukan adalah untuk bisa bersikap bijak dan mencari solusi yang tepat atas setiap permasalahan yang ada dalam hidup kita.

Credit : konsultasisyariah.com

Sabar merupakan salah satu cara dalam menghadapi setiap permasalahan hidup yang seringkali menguji dan menguras emosi. Saat hidup tak sesuai apa yang diharapkan tentunya sikap sabar menjadi jawaban sikap yang harus diambil. Menghadapi setiap problema hidup ini memang harus sabar, hingga tak jarang kata sabar menjadi nasihat yang disampaikan oleh banyak orang kepada setiap orang yang sedang dirundung duka dan masalah.

Saat problema dan kesusahan menerpa, sabar menjadi solusinya, tentunya solusi tersebut bukan hanya sekedar menerima apa yang terjadi saat itu, akan tetapi mencari upaya untuk menemukan jalan keluar dari setiap problema dan kesusahan yang ada, dengan sabar tentunya kita bisa lebih dewasa dan lebih bijak dalam menghadapi setiap masalah sehingga tidak mudah panik, mudah mengeluh, marah-marah, tidak membuat keputusan yang keliru dan juga menimbulkan masalah baru.

Sabar bisa diterapkan dalam banyak hal seperti sabar dalam penantian jodoh, bicara tentang jodoh memang setiap orang sangat mendambakannya namun dalam perjalanan menggapainya memang tidaklah mudah dan perlu kesabaran dalam menggapainya. Bersabar dalam menanti jodoh bisa diwujudkan dengan berbagai cara mulai dari mencari jodoh yang tepat, tidak mudah tergoda dan iri dengan mereka yang sudah menemukan jodoh, dan juga memperbaiki diri sendiri.

Dalam mengejar mimpi juga perlu kesabaran, karena dalam setiap upaya untuk mewujudkan setiap mimpi juga perlu kesabaran dalam menghadapi ujian dan rintangan-rintangan yang ada. Terkadang kesabaran yang ekstra pun diperlukan dalam menghadapi ujian yang bertubi-tubi yang bisa saja membuat mental lemah dan jatuh hingga menyerah untuk mengejar mimpi.

Credit : arinamabruroh.com

Ada yang mengatakan bahwa sabar itu ada batasnya, benarkah demikian? Nyatanya itu kembali ke setiap orang masing-masing yang menjalaninya, batasan-batasan manusia sendirilah yang membuat sabar itu memiliki batas. Semakin orang bisa bersabar tentunya semakin kuat kesabarannya dan  begitu juga sebaliknya. Sabar merupakan  sifat baik yang bisa dimiliki oleh setiap orang entah itu tua maupun muda dan sudah selayaknya dimiliki oleh setiap insan termasuk pula para pejabat pemerintahan.

Kedudukan merupakan amanah yang harus ditunaikan, amanat rakyat yang diberikan padanya haruslah dijalankan dengan benar dan mampu melawan berbagai godaan. Dalam kenyataannya memang banyak para politisi dan pejabat yang tidak sabaran dan akhirnya menghancurkan karir politiknya sendiri seperti korupsi demi memperkaya diri, terlibat skandal dan hal-hal lainnya.

Sudah semestinya kita memiliki sifat sabar dalam diri agar kita senantiasa kuat dan tegar dalam menghadapi setiap problema kehidupan. Agan dan Sista ingin menambahkan? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
3
7.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan