- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
KNKT: Pesawat Lion Air JT-610 Hantam Laut dengan Kecepatan Tinggi
TS
smedev.id
KNKT: Pesawat Lion Air JT-610 Hantam Laut dengan Kecepatan Tinggi
Quote:

tirto.id - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengungkapkan bukti yang menunjukkan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 menghantam permukaan laut dengan kecepatan tinggi.
Menurut dia, hal itu ditunjukkan oleh bentuk serpihan pesawat yang ditemukan di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, pada hari pertama usai pesawat itu mengalami kecelakaan.
“Serpihan ini menandakan, ketika pesawat menyentuh air dengan kecepatan cukup tinggi. Maka serpihan yang ada tersebar dan bentuknya kecil-kecil,” ujar Soerjanto di Jakarta, pada Senin (5/11/2018).
Selain itu, kata Soerjanto, energi yang dilepaskan sangat besar ketika pesawat itu menghantam perairan. Serpihan badan pesawat tersebar dalam jarak 250 meter x 250 meter yang menandakan sebagai titik impact.
Soerjanto menambahkan, sebelum menghantam perairan, pesawat masih utuh. Badan pesawat pecah setelah berbenturan dengan permukaan air laut.
“Pesawat tidak pecah [meledak] di udara. Jika pecah di udara, maka bentuk serpihan akan besar dan lebar,” ujar dia.
Pada Minggu kemarin, KNKT sudah berhasil mengunduh isi memori dari flight data recorder (FDR). Hasilnya, tim KNKT menemukan kotak hitam itu mencatat 69 jam penerbangan Lion Air JT-610 dalam 19 kali perjalanan.
FDR berisi data soal kecepatan pesawat, ketinggian pesawat, putaran temperatur, posisi kendali penerbangan (flight control) dan bidang-bidang kemudi di pesawat.
Saat ini, Soerjanto mengatakan KNKT terus berupaya mencari kotak hitam kedua, yaitu cockpit voice recorder (CVR) yang merekam suara percakapan di dalam kokpit dan pembicaraan awak kabin. Jika CVR masih sulit ditemukan, menurut Soerjanto, jajarannya akan memaksimalkan investigasi dengan bekal data FDR.
"Jika belum ditemukan CVR, dengan data yang ada, kami akan berusaha semaksimal mungkin menemukan penyebabnya," ucap Soerjanto.
Berdasarkan data yang diperoleh dari FDR tersebut, rekaman berakhir pada 28 Oktober 2018 pukul 23.31 UTC (Universal Time Coordinated). Dengan kata lain, kontak terakhir kali berlangsung pada 29 Oktober 2018 pukul 6.31 WIB.
https://tirto.id/knkt-pesawat-lion-a...m=Notification
Quote:
KNKT Sebut Mesin Pesawat Lion Air Sempat Menyala Dalam Air
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat tidak meledak di udara. Bahkan mesin pesawat juga disebut sempat menyala di dalam air.
Kata dia, pesawat tersebut meledak setelah menyentuh perairan di Pantai Pakis, Karawang, Jawa Barat.Soerjanto meyakini hal ini setelah melihat serpihan-serpihan pesawat yang tersebar di radius tidak lebih dari 500 meter.
"Laporan yang kita wawancara tugboat, mereka lihat ada sesuatu yang masuk ke dalam air, setelah itu tugboat lepas tongkang, ada serpihan-serpihan pada radius tidak lebih dari 500 meter, ini tandakan bahwa pesawat alami pecah ketika bersentuhan dengan air, impact dengan air," ujar Soerjanto saat menjelaskan proses evakuasi di hadapan ratusan keluarga korban, di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11).
Soerjanto juga menyebut mesin pesawat sempat menyala di dalam air dengan posisi pesawat masih dalam keadaan utuh sesaat setelah jatuh ke dalam perairan Karawang.
Hal itu ditandai dengan temuan salah satu mesin oleh tim pencarian dan evakuasi pesawat yang terbang dari Jakarta menuju Pangkalpinang pada Senin 29 Oktober 2018 pekan lalu.
Menurut Soerjanto, mesin pesawat juga sedang dalam kecepatan tinggi saat terjun dari udara menuju perairan. Akibatnya, saat sudah berada di dalam air, mesin pesawat sempat masih dalam keadaan hidup.
"Mesin ini menyentuh air dalam keadaan hidup ditandai dengan hilangnya turbin dan kompresor impact, dalam air mesin hidup dengan kecepatan tinggi," kata Soerjanto.
"Pesawat sentuh air dalam keadaan utuh. Mesin sentuh air dalam keadaan hidup, ditandai dengan turbin dan kompresor, mesin dalam keadaan hidup, putaran tinggi. Dari mesin tidak ada masalah," ujarnya.
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...yala-dalam-air
Mudah2an ..
CVR juga dapat ditemukan
Semakin banyak korban yang ditemukan
Penyebab kecelakaan juga bisa disimpulkan
Jika ada dugaan kelalaian, segera ditindak dan dipidana ..
Semoga ..
Diubah oleh smedev.id 05-11-2018 17:26
0
3.4K
Kutip
26
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan