Sharkman_Avatar border
TS
Sharkman_
Berbagi pengalaman belajar ilmu Laduni
Disini kita berbagi pengalaman dalam mempelajari ilmu laduni..

Mari kita buka...dengan
Bismillah....
Dengan nama Allah yang menciptakan dan menguasai semua ilmu. Segala puji bagi Allah yang telah mengajarkan dan memberi ilmu kepada semua hambanya...Jika Allah berkehendak hambaNya berilmu maka pasti berilmu dan sebaliknya.

Menurut Wikipedia :
Laduni adalah ilmu yang berasal dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Ilmu laduni dalam pengertian umum ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, ilmu yang didapat tanpa melalui tahapan belajar (wahbiy). Kedua, ilmu yang didapat melalui usaha belajar (kasbiy).

Sesungguhnya kita bisa dan mempunyai ilmu karena Allah semata, sekalipun kita belajar giat, jika Allah berkehendak tidak bisa maka pasti tidak bisa, dan sebaliknya. Jika Allah berkehendak kita tau tanpa diajari orang lain maka itu pasti bisa.

Pengalaman I
Dulu saya tidak tau ilmu hikmah, setelah sholat hajat tuk bisa, ada bisikan dalam hati "Ajari orang lain ilmu agama, maka Allah akan mengajarimu, sekalipun apa yang diajarkan itu sedikit sekali". Setelah mengajari orang lain ternyata malamnya pikiran saya jalan sendiri dan dapat pemahaman lebih lanjut apa yang telah saya ajarkan, sepertinya pemahaman saya meloncat lebih tinggi.
Pengalaman saya jika kita ajarkan orang lain karena bersyukur kepadaNya maka ilmu kita tersebut ditambah secara otomatis (jika siang diajarkan pada orang lain, maka malamnya ditambah, tidak pernah lebih dari 24 jam ilmu kita ditambah, dan tanpa diajarkan orang lain, paham sendiri)

Kata teman saya yang memperhatikan kondisi saya saat terjadi pemahaman tersebut, kondisi saya sedang duduk dan menunduk seperti sedang mendengarkan sesuatu, memang setiap terjadi hal tersebut, saya tidak bisa tidur hingga beberapa jam, karena hati sedang mendengarkan, saya tidak bisa lihat tapi bisa mendengarkan melalui hati apa yang sedang dijelaskan.

Pengalaman II
Ternyata tidak hanya ilmu agama/hikmah yang bisa diperoleh secara laduni.
Ilmu komputer juga bisa, dulu saya bukan programmer. Tetapi saya pingin menguasai ilmu pemprograman, maka saya testing apakah teknik diatas bisa digunakan tuk ilmu pemprograman. Saya tau sedikit tentang 1 prosedur pemakaian windows API tuk mengubah shape window. Maka saya ajarkan itu dengan seseorang entah siapa namanya yang kebetulan ketemu di warnet, setelah selesai dan keluar, ternyata sekat2 ketidakpahaman saya hilang sendirinya., seperti membuang kelilipan dimata, yang awalnya sulit tiba2 menjadi gampang sekali.

Catatan
Setelah sekian lama ternyata sekalipun baru niat mengajarkan orang lain krn bersyukur kepada Allah, proses pemahaman tersebut tetap terjadi tetapi cuman sedikit. Dan jika sholat wajibnya bolong2 proses pemahaman itu jarang terjadi.

Demikian pengalaman dan cara saya meningkatkan pemahaman terhadap suatu ilmu.

-------------------
Myblog : http://ilmunaga.blogspot.com/
Diubah oleh Sharkman_ 19-01-2014 02:10
0
21.8K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan