Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Sadar Enggak Gan, Kita Kayak Dipaksa Beli Pertamax Turbo
Sadar Enggak Gan, Kita Kayak Dipaksa Beli Pertamax Turbo



Agan-agan, Nubi punya pikiran yang rada menggajal nih. Sekadar mau ngasih info, penerangan, atau sedikit menggugah kali ya, soal regulasi Euro IV yang sudah berlaku di seluruh Indonesia, per 1 Oktober 2018, kemaren.

Buat yang belum tau aja tapinya, kalau yang udah tau bisa kita diskusi di kolom komentar aja ya gan.emoticon-Shakehand2

Tau kah gan, kalau ternyata bahan bakar minyak (BBM) yang dijual sama Pertamina, baru Pertamax Turbo yang memenuhi standar emisi Euro IV. Sementara,  Pertalite, Pertamax, apalagi Premium mah jangan harap gan, masih buat mobil Euro II.

Pertamina katanya kalau ane baca di kompas.com, bilang baru tahun 2021 gan semua jenis BBM-nya bisa sesuai standar emisi Euro IV. Alesannya sih karena baru satu kilang minyak yang memproduksi, yaktu di Balongan, kilang lainnya kenapa gak bisa ya gan? Mungkin ada yang bisa jelasin?



Nah, ini yang bikin ganjel, Gan. emoticon-Bingungemoticon-Wagelaseh

Kalau kondisinya kaya gini, mau gak mau, agan yang baru beli mobil lansiran Oktober 2018, kudu beli Pertamax Turbo. Satu-satunya pilihan agar performa mesin hingga emisi gas buangnya sesuai dengan yang ditetapkan sama pemerintah gan.

Tapi yang bener aja, ini pemaksaan namanya. Boncos juga gan kalau beli Pertamax Turbo yang harganya paling mahal, kalau gak salah sekarang ini Rp 12.250 per liternya gan. Dikaliin deh sama kapasitas tangki BBM mobil agan-agan.emoticon-Wagelaseh



Efeknya kalau gak pakai BBM jenis itu jangka waktu panjang bisa menimbulkan kerak gan di ruang bakar, belum lagi jangka pendeknya performa mesin menjadi tidak optimal. Ini terjadi karena semua mobil yang dipasarkan setelan Oktober 2018, sudah punya spek standar Euro IV. Nah Loh...emoticon-Sorry

Kalau mau andelin Shell atau Total sih, bisa, tapi mungkin buat warga Jakarta dan sekitarnya aja, jadi ada alternatif. Tapi, buat yang di daerah? emoticon-Om Telolet Om!

Waduh, gimana nih gan kalau gini ceritanya, pemaksaaan ini sih namanya. Gimana kalau menurut para suhu di sini, mari kita bahas sama-sama yuk gan


(Dimulai dari Nol ya Gan.... emoticon-Winkemoticon-Winkemoticon-Wink)


Salam Cendol,

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

1
3.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan